.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, December 20, 2010

DuA RatUS RuPiaH

Rabu pagi, 8 Desember 2010. Cuaca cerah. Back to Kasongan setelah libur panjang dari hari Minggu sampe Selasa, uhhh....senengnya libur panjang. Tapi harus pagi-pagi nih balik ke Kasongan, mumpung pagi dan masih sepi, soalnya paling males kalo siang baru berangkat, udah panas, di jalan rame pula. Bangun jam 4.30 aku langsung mandi, dan bersiap-siap. Sip. Tinggal sarapan dan berangkat aja nih pikirku.

Tapi pagi cerahku mulai rusak begitu adekku tercinta, si Ruri dah ngomel-ngomel gak jelas gara-gara dia flu dan ternyata Vicks Inhaler di rumah dah abis, padahal dia mau ulangan, stres dia kalo flu ngerjain soal gitu.

Ruri ngomel karena Vicksnya kagak ada. Mamah ngomel karena Ruri ngomel, kenapa juga baru ribut nyari sekarang, gak dari kemaren-kemaren. Padahal mamah lagi sibuk ngurus warungnya. Sebenarnya aku pengen juga ikutan ngomel juga, biar seru, hahahahaha. Tapi kupikir-pikir buat apa juga juga, kan aku wanita penuh pesona yang bijak, gkgkgkgkgkgk. Tergoda sih ikutan ngomel. Tahan diri Meg...... Tarik nafas dalam-dalam. Pengen sih pura-pura gak tau dan langsung berangkat aja ke Kasongan, biarkan aja mamah dan Ruri ngomel-ngomel berdua, tapi...

Akhirnya, aku bilang gini,” Ya udah mah, ntar aku ngantar Ruri ke sekolah, trus nanti aku cari Vicksnya di apotek 24 jam K-24 (baru buka nih di Palangka), nanti aku antar lagi ke sekolahnya.”

Sebelum berangkat aku mengecek lagi barang-barang yang mau kubawa, udah disiapin sih dari kemaren, tapi cek lagi ah, daripada ada yang ketinggalan. Entah kenapa, mataku tertuju ke tas kecil yang kupake selama jalan-jalan di Palangka Raya. Aku buka dan aku melihat 2 recehan seratus rupiah. Rupanya ada uang kembalian sebanyak (ato SEDIKIT lebih tepatnya) DUA RATUS RUPIAH. Tanpa pikir-pikir langsung aku masukkan uang itu ke kantong baju dinasku. Oneng juga kalo dipikir sekarang, uang segitu buat apa coba? Ya kan????? Tapi ya sudahlah.....waktu itu aku gak mikir-mikir lagi.



Aku dan Ruri sarapan trus aku antar Ruri dan aku langsung ke K-24. Aku membeli Vicks untuk Ruri dan beberapa barang lain. Pas dihitung ternyata jumlah yang harus aku bayarkan sebesar Rp. 17.200,- (Tujuh Belas Ribu Dua Ratus Rupiah), aku cari uangku di dompet HP, ada 2 lembar uang 50 ribu-an, 1 lembar 10 ribuan, 1 lembar 5 ribuan, 1 lembar 2 ribuan. Haduh!!! Masa harus mecah duit 50 ribuanku? Males banget kan? Tapi tiba-tiba...CLING!!! Aku teringat uang receh 200 ku di kantong. Aku rogoh sakuku, then..........still there, 2 coins...... Hahahahaha, thank’s GOD...... Aku gak perlu mecah uang 50 ribuanku!Senangnyaaaaa.......

Gak nyangka waktu itu aku bisa senang buanget karena uang DUA RATUS RUPIAH...!!! Hahahahaha, aku senang banget pagi itu. Makasih TUHAN buat 2 koin yang Kau berikan pagi ini ^^V Sangat berguna lo...hehehehehehe.


Kasongan, 8 Desember 2010
-Mega Menulis-

JanGAN

Sore hari. Hujan. Dingin banget. Aku sedang duduk di depan TV rame-rame dengan orang rumah nonton serial Korel di TV tau-tau ada SMS masuk. Dari Mba Win. Aku buka SMSnya dan isinya benar-benar ’dalem’. Isinya gini:

Jangan katakan ”aku cinta padamu” bila kau tidak benar-benar peduli.
Jangan bicarakan soal perasaan bila itu tidak benar-benar ada.
Jangan kau sentuh hidup seseorang bila kau berniat mematahkan hati.
Jangan menatap ke dalam mata bila apa yang kau kerjakan cuma berbohong.
Hal terkejam yang bisa dilakukan seseorang yaitu membuat seseorang jatuh cinta,
padahal kau tidak berniat sama sekali menangkapnya saat ia terjatuh.

Dalam banget kan?!! Makasih ya mba Win... Ini akan membuatku berhati-hati dengan sikapku. Bahaya banget kalo aku gak hati-hati dengan sikapku dan membuat orang jatuh cinta padaku padahal aku gak berniat menangkapnya, hahahahaha....

 Gaya banget kamu Meg! Emang kamu baru kejatuhan cinta darimana kok jadi sok-sok an gitu??
Gkgkgkgkgk. Yeeee...... Sapa tau gitu loh......

 Hahahahahaha. GR kuadrat kamu Meg! Emang ada? ^^’
Ada lah...... tapi orangnya gak mau ngaku aja....tapi percaya lah.....aku tau. LOH??!!!! ^^V Stresssssssss.............

Ok deh. Cukup sekian. Cuma share gak penting aja. Semoga share gak penting ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya….. Gkgkgkgkgkgkgk…….
 Halah…Ngada-ngada aja kamu Meg. Bilang aja kalo kamu pengen nyimpan SMS bagus dari Mba Win di internet, biar gak ilang gitu aja, coz inbox HPmu penuh.

Errr...Iya juga sih. Hus, kok jadi buka-buka kartu gini to? Hahahahahahaha..... Yah...begitulah........ ^^V



Kasongan, 1 Desember 2010
-Mega Menulis-

MeMBaCa iTu InDah

MEMBACA ITU INDAH
GUNAKAN WAKTU 1 JAM UNTUK MEMBACA SETIAP HARINYA.

Kalo kamu melakukan perjalanan dari Palangka menuju Kasongan, sekitar 4 ato 5 km sebelum sampai di pusat kota, lihatlah sebelah kiri jalan dan kamu akan menemukan sebuah papan putih yang lumayan besar dengan tulisan seperti di atas. Tulisan itu dipasang tepat sebelum belokan menuju sebuah sekolah, SMP Negeri 5 Kasongan. Yah, tujuannya jelas lah ya....Tentunya untuk menimbulkan minat baca dan menumbuhkan budaya membaca di kalangan pelajar, khususnya yang bersekolah di sekitar situ.

Kupikir MEMBACA bukanlah kegiatan yang asing buat kita semua, secara, mana ada sih anak sekolahan yang gak membaca, hehehehehe.... Kegiatan wajib tuh!! Paling gak baca buku teks lah.... Iya kan? Dan thank’s GOD, aku yakin rata-rata kita udah pernah lah ya mengenyam pendidikan di sekolah.

Tapi kalo kita ditanya, apakah kita hobi membaca? Hmm.... Menurut LSI-Lembaga Survei Inggitku (bhs. Banjar- inggitku=punyaku) yang hasil surveinya seringkali ngawur dan tidak dapat dipertanggungjawabkan, emang jarang sih yang ngaku hobinya adalah membaca. Gak tau napa, kebetulan aja kali nanyanya ke orang yang gak suka membaca kali yeeee......^^’ Salah satu respondenku yang bahkan sebelum aku tanya pun dah ngaku gak hobi membaca adalah Stefani Made Ayu alias Fani. Ow, bahkan dia menyatakan hal yang ekstrim dan lebay banget, dia bilang, ”I DON’T READ MEG!!” Bote banget kamu Fan, mana ada orang gak mbaca dapat ijasah S2 bahkan bisa jadi dosen!!! BOONG PANGKAT N tuh....

Sebagai orang yang hobi membaca, aku termasuk heran ngeliat orang yang gak suka membaca. Mungkin sama aja herannya sama orang yang hobi olahraga trus ngeliat aku yang amat teramat sangat benci DO SPORTING !!! Hahahahaha, sama aja Meg.....!!! Emang semua orang harus suka membaca? Ngga kan??

Iya sih....Hehehehehe...... Tapi membaca membuatku melihat hal-hal indah (emang baca apa kamu Meg?Gkgkgkgkgkgk). Aku melihat hal-hal yang gak dilihat orang lain lewat apa yang kubaca. Bener deh kata orang (gak tau sapa) kalo buku tu jendela dunia. Aku yang berada di dalam RSSSSSS (Rumah Sangat Sederhana Sempit Sekali Sedikit Semen) ini, begitu membaca bisa berkeliling dunia lewat apa yang aku baca. Bahkan, bukan hanya keliling dunia lo, keluar dari dunia malahan... Hahahahaha.......

Membaca buku membuatku mengetahui hal-hal yang sebelumnya gak kuketahui, membuatku tersenyum dan gak jarang menangis, menantangku untuk berpikir, belajar tentang banyak hal, menghiburku, membuatku tertidur (hahahahaha), membuatku berimajinasi, mengenal lebih dalam akan sesuatu (entah orang, tempat, ato apapun) dan gak jarang mengubahku.

Hmmm.....Just wanna say........

I LOVE READING VERY MUCH.......!!!! (^.^)/

Kasongan, 7 Desember 2010
-Mega Menulis-

Narnia

Kemaren habis nonton ma Ria di 21 sekuelnya Narnia, The Chronicles of Narnia:The Voyage of The Dawn Treader, keren euy…..banyak kutipan bagus dari tokoh-tokohnya di situ. I learn so much. Dan menonton film itu benar-benar mengingatkanku pada banyak bagian di Alkitab.

 Hahahaha, nyari-nyari aja kamu Meg. Itu ma bisa-bisanya kamu aja, masa nonton film fantasi gitu kok bisa dimirip-miripin ma isi Alkitab? Yang bener aja Megggg......

Beneran kok! Banyak banget adegan yang menegur dan menguatkanku. Aku suka banget kalo pas lagi nonton film kayak kemaren tau-tau dapat pelajaran, cieee.... Jadi gak sekedar dapat hiburan aja, tapi dapat ’sesuatu’. Rasanya gak rugi waktu dan uang. Paling kesel kalo dah nonton tapi gak dapat apa-apa, mana kalo nontonnya bayar pula. Huffttt.....Nyesal deh! Mending duitnya buat apa gitu, gkgkgkgkgk.....

 Dasar kamu Meg! Perhitungan banget jadi orang! ^^’

Btw, sekuel film Narnia yang pertama The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch and The Wardrobe juga ingatin aku sama isi Alkitab lho, terutama bagian Sang Singa Aslan mengorbankan dirinya untuk nyelamatin Peter Pevensie, trus bangkit lagi. Yaelah.....itu kan Tuhan Yesus banget....!!! Mantap! Jenius banget sih CS Lewis ni, bisa-bisanya dia buat novel anak-anak yang isinya karya penyelamatan Aslan yang nyata-nyata analogi dari karya penyelamatan Yesus buat kita manusia, cool.....!!! I Love It.....

Tapi bagian itu doang si dari sekuel pertama yang berkesan sangat, err....tentunya selain pemandangan yang keren banget di film itu. Kalo habis ngeliat sekuel ketiga bareng Ria kemaren dan dapat kutipan-kutipan keren gitu, jadi pengen nonton ulang sekuel pertamanya dan lebih memperhatikan, pengen coba mencari lagi kutipan-kutipannya, jangan-jangan tar dapat lagi, karena kalo kita nyari pasti kita akan melihat apa yang kita cari kan? Hehehehehe. Dan yang jelas, jadi pengen nyari sekuel keduanya, Prince Of Caspian, soalnya kan aku blom nonton ^^’ Tar deh cari di rental, hohohoho.

Kayaknya aku dah punya acara ni buat libur, nonton film Narnia...wkwkwkwkwk..... Kapan perlu, ntar nyari DVDnya ah......, sepertinya layak juga buat dikoleksi, buat ditonton bareng keluarga. Keren juga tuh, ceritain Alkitab lewat analogi film gitu ke anak-anakku ntar, huahahahahahahaha...khayalan tingkat tinggi, anaknya sapa tadi Meg???? Gkgkgkgkgkgk.

Masuk daftar barang yang aku inginkan dan aku doakan untuk aku punya nih film, hehehehehe. Ato ada yang mau ngasih buat aku? Aku bakal terima dengan tangan terbuka dan senyuman lebar yang terindah ^.^’ Hmm.......jadi pengen juga nih punya sekuel lengkap novel ini.....

 Dasar kamu Meg! Makin panjang aja daftar keinginanmu. Cape dehhhhh.......

Ya ga papa lah...... Buat daftar dulu buat didoakan dan diliat daftarnya, ntar dengan berjalannya waktu kan tu daftar bisa nambah ato berkurang, sambil ngumpulin duit, ngeliat kebutuhan dan ngeliat-ngeliat skala prioritasku, tar kalo ada duit kan langsung beli. Ketimbang aku beli barang-barang yang gak kuinginkan dan gak kuperlukan. Ya kan? e”,)


Kasongan, 11 Desember 2010
-Mega Menulis-

PESPARAWI XIV

Di Palangka Raya,tepatnya di Gedung Tambun Bungai sedang berlangsung Pesta Paduan Suara Gerejawi XIV dari tanggal 5-11 Desember 2010, para penyanyi dari semua kabupaten dan kotamadya di Kalimantan Tengah berkumpul dan mengikuti lomba nyanyi ini. Berbagai kategori dilombakan, antara lain paduan suara anak, paduan suara wanita, paduan suara dewasa, paduan suara pemuda remaja, padauan suara dewasa, vokal grup dan vokal solo. Wah, menyenangkan bisa melihat dan mendengar nyanyian mereka. Pengen banget nonton semua kategori, tapi sayang, gak mungkin. Secara, dari pagi sampe malam lombanya, sanggup sih nontonnya, tapi emang pagi-siang gak kerja??? Hahahaha, bisa dipecat Mr. Duwel ntar diriku.

Aku sempat melihat Paduan Suara Anak tanggal 7 kemaren, soalnya mulainya dari sore sampe malam tuh,wah... suara mereka keren-keren, dengan kostum yang khas kontingennya masing-masing, apalagi ada yang pake gerakan waktu tampil. Lucu buanget lo......Hehehehehee. Sayangnya, aku harus balik ke Kasongan untuk bekerja tanggal 8, gak bisa deh nonton lagi ^^’

Eh ralat, bisa deng kalo mau, wong Kasongan-Palangka Raya Cuma 1 jam perjalanan kok kalo naek kendaraan bermotor. Tapi ngebayangin bolak-balik naek motor tu lohhhhh, malesnyaaa......capek pula! Ya sudahlah, kupikir aku harus cukup puas Cuma sempat melihat paduan suara anak doang. Fiuhhh.... Ya sudahlah, ga papa, next time lah, 3 tahun lagi, huahahahaha. Kan PESPARAWI-nya 3 tahun sekali, gak tau pula 3 tahun lagi dimana. Hmm..... kayaknya harus nyusun planning nih nyempatin nonton lagi ntah kapan, mumpung di Palangka Raya, hehehehehe.....

Kasongan, 8 Desember 2010
-Mega Menulis-

TiN CuP

TIN CUP adalah sebuah film lama yang bercerita tentang perjuangan seorang pria bernama Roy Avoy untuk memenangkan kejuaraan golf bergengsi US OPEN. Roy adalah pelatih golf amatir di kotanya, dia memiliki tempat latihan golf kecil. Dulunya dia sering memenangkan berbagai kejuaraan golf di masa mudanya, namun saat dia memutuskan terjun ke dunia professional, dia tidak berhasil lolos dari seleksi yang ada,dia tergolong pemain yang sangat emosional sehingga tidak dapat mengendalikan permainannya. Di tengah-tengah pertandingan ia sering berbuat bodoh dan mengacaukan permainannya, padahal sebenarnya dia pemain yang cukup baik. O,iya TIN CUP ni julukan yang diberikan ke Roy.

Kini, dia memutuskan untuk mengikuti US OPEN, suatu kejuaraan golf yang sangat istimewa, karena tidak hanya pemain profesional saja yang dapat mengikutinya. Setiap orang berkesempatan mengikutinya asalkan dia mendapat pengakuan dan rekomendasi dari asosiasi golf setempat. Namun ada tes yang harus diikutinya dan bila dia lulus, barulah dia akan mendapat pengakuan dari asosiasi golf tersebut.

Lalu Roy meminta bantuan sahabatnya untuk menjadi caddynya (orang yang membawa peralatan golf sepanjang permainan berlangsung), tidak kebetulan, sahabatnya seorang yang sangat mengerti permainan golf. Sahabatnya bersedia namun dengan syarat Roy mau mendengarkan sarannya dan tidak mengikuti dorongan emosinya saja. Roy pun setuju.

Aku baru tahu permainan golf ini rumit banget lho..... Bayangkan aja, tiap lapangan punya keunikan masing-masing, peraturannya yang buanyak banget, blom lagi stik golfnya ada berapa macam pula, tiap stik terbuat dari bahan yang berbeda dan digunakan pada kesempatan yang berbeda pula, tergantung kondisi lapangan. Wow…. Golf ni olah raga otak lho ternyata, hehehehehe….. Ya iyalah Meg, mana ada olah fisiknya wong yang bawa stik segede gaban gitu orang lain, yang olah raga ma caddynya, gkgkgkgkgkg.

Eniwei, lanjutin nih ceritanya. Dalam prakteknya, ternyata Roy kembali ke kebiasaan lamanya, dia menjadi emosional di tengah permainan. Sahabatnya memberikan saran dan Roy menolaknya, bahkan dia mematahkan beberapa stik golfnya. Sahabatnya marah dan memutuskan meninggalkan Roy. Sebelum pergi, sahabatnya berkata:

CUKUP SUDAH ROY! AKU AKAN PERGI! HIDUPKU TERLALU SINGKAT UNTUK MELIHATMU MEMBUANG SETIAP KESEMPATAN YANG DATANG PADAMU!

Wow, ini kata-kata yang menendangku saat itu juga. Seringkali aku mempertanyakan kesabaran TUHAN yang luar biasa melihat apa aja yang kulakukan. Kok bisa ya Dia sesabar itu. Apalagi di saat-saat aku lebih memilih mengikuti kata hatiku dibandingkan mendengar perkataanNya.

Gak kebayang deh kalo tau-tau TUHAN bilang seperti yang dikatakan sahabat Roy. Fiuhh.....Mengerikan! T_T

Yang kurasa, lewat dialog tadi TUHAN mau bilang gini:
Tenang aja Meg. HidupKU puanjang banget kok ^^V Dan AKU gak akan pernah meninggalkanMu, kamu tau kan gimana setianya AKU? Kamu juga tau kan kesabaranKU luar biasa. Tapi, come on Meg..... justru HIDUPMU di dunia ini yang terlalu singkat. Apa kamu akan menyia-nyiakan setiap kesempatan yang sudah KUberikan? Kamu gak sebodoh itu kan?

Hahahaha.....Luar biasa nih my GOD, pandai benar DIA berkata-kata. Sangat menusukku GOD..... ^^’ Oke, I see...I see..... Aku berjanji gak akan menyia-nyiakan kesabaranMU yang luar biasa itu. Help me ya GOD...... I can’t keep my promise without Your Grace.

Makasih ya TUHAN, dah berbicara lewat film ini. Kusuka caraMu menegurku, aku senang mendengar suaraMU hari ini. I love You.... *hug & kiss*

Kasongan, 26 November 2010
-Mega Menulis-

YanG TerPenTinG

Ada seorang saudaraku (ga bole sebut merek, hohohoho, kita sebut saja dia KUMBANG, gkgkgkgkg, kayak apa aja ya......^^’) beberapa hari lalu curhat kalo dia sedang naksir seseorang (mari kita sebut saja dia BUNGA) dan Si Bunga blom bisa ngejawab perasaannya. Lalu si Kumbang nanya ke aku, gimana tuh kalo gitu, apa yang harus dia lakukan, trus salah ga sih kalo dia tetap ngarepin si Bunga.

Wahai Kumbang saudaraku, disini aku akui sejujur-jujurnya, waktu itu aku juga bingung mau ngejawab apa. Serba salah si ngasi saran. Kalo aku bilang jangan berharap, nah...aku gak tau gimana Si Bunga tuh sbenarnya, bisa aja kan dia pengen ngeliat usahanya Si Kumbang lalu sikapnya gitu, jadi jawabannya blom final gitu loh..... Lagian aku kan gak tau ke depannya ntar.

Nah, kalo aku bilang trus aja berharap, aku takut kalo si Kumbang jadi ngarepin membabi buta trus tau-tau gak jadi. Hadoh..... aku gak sanggup rasanya ikut bertanggung jawab sama apa yang terjadi ma perasaan orang T_T Maklumlah, aku kan berperasaan halus, hoeekkkkk....Hahahahahaha.

GOD, aku harus jawab apa nih?

Tau-tau dengan lincahnya jari-jariku ngetik SMS gini buat si Kumbang:
Tenang aja Mbang (kependekan dari KUMBANG, hohohoho), selama kita melekat sama TUHAN, pengharapan kita ga akan mengecewakan. Jadi tetaplah berharap, gak papa kok. Bukan karena apa yang kita harapkan pasti kita dapatkan waktu kita melekat kepada-Nya. Tapi waktu kita melekat pada-Nya, kita akan dapati kalo hal lain (apa yang kita harapkan tadi) ga terlalu penting selama kita melekat padaNya. Jadi, biarpun kita gak dapat apa yang kita harapin, gak akan jadi masalah besar kok.

Seblom kukirim, kubaca lagi apa yang baru aja aku ketik. Ceileeee..... bijak banget ya aku? Gaya betul kok bisa-bisanya ngasi kata-kata gitu, padahal berapa hari lalu, aku-orang yang sama dengan yang ngetik sms kayak tadi ngomong ke saudariku Ria dan bilang kalo apa yang sedang aku harapkan sekarang tu bener-bener too good too be true. Jadi, aku memilih melindungi hatiku dengan gak terlalu ngarep.Hahahahaha.... Ironis kan? Sok-sokan ngasi nasehat ke orang lain, padahal juga butuh banget kata-kata itu buat sendiri. Cape dehhhh........

YES.... I see GOD, ini kan yang coba Kau katakan sebenarnya? Cuma Kau sampaikan lewat pergumulan temanku juga, hahahahaha....luar biasa!!! Iya GOD, aku akan terus melekat padaMu dan mengharapkan ’hal ini’ (YOU know lah apa yang aku maksud, hehehehehe). Aku gak takut kecewa lagi kok. Aku punya KAU GOD.... ^^

Akhirnya aku kirimkan SMS yang aku ketik tadi bwt si kumbang, dan gak lupa aku simpan juga di HP ku buat ingatin aku sama pelajaran yang aku dapat hari ini. Makasih ya Kumbang, kamu adalah saluran berkatNYA, hehehehe... Makasih sangat GOD, KAU beri aku kekuatan lewat cara yang unik, kumencintai caraMU mencintaiku.

O, iya... ceritanya blom selesai nih. Jadi, hari ini aku kirimkan SMS yang pernah aku kirimkan ke Si Kumbang tadi ke beberapa temanku yang lain, dan ada seorang adekku Posa membalas smsku seperti ini:
Hahaha....
Setuju
Segalanya makin ga penting kalo kita dah bareng YANG TERPENTING
Selamat pagi Kak
Japalu

Ya, selama kita bersama YANG TERPENTING, hal lain yang semula kita anggap penting, akan makin ga penting. DIA akan smakin besar dan yang lain akan semakin kecil.

Makasih Posa, dah berbagi hal yang penting pagi ini d^^b

Kasongan, 3 Desember 2010
-Mega Menulis-
blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs