.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, February 19, 2011

The Power of FOCUS




Gak tau nih, hari ni tertarik banget dengan sebuah kata, dan kata itu adalah, jreng.....jreng...... FOKUS.
It’s a simple word, tapi artinya apa sih?
Aku googling n liat di http://pusatbahasa.depdiknas.go.id/kbbi/index.php, ternyata :
fo·kus n 1 Fis titik atau daerah kecil tempat berkas cahaya mengumpul atau menyebar setelah berkas cahaya itu menimpa sebuah cermin atau lensa, berkas cahaya yg datang berada dl keadaan paralel dng sumbu cermin atau lensa itu; titik api: tempatkan objek itu dl -- kalau menginginkan hasil pemotretan yg bagus; 2 pusat: -- perhatian dunia internasional tertuju ke kejuaraan sepak bola dunia di Prancis; 3 Ling a unsur yg menonjolkan suatu bagian kalimat sehingga perhatian pendengar (pembaca) tertarik pd bagian itu; b ciri predikat verbal yg menentukan hubungan semantis predikat verbal itu dng subjek, biasanya ditandai oleh afiks verbal; 

Hmm.....Got the point? Kalo mau gampangnya, FOKUS tu sodara kembarnya sebuah kata lain, yakni PUSAT.
  • Halah-halah, gitu aja pake googling Meg, hahahaha!
  • Ya ga papa to, biar puas, gkgkgkgkgkg.
Eniwei, ngebaca arti “FOKUS” dalam Fisika tadi, aku jadi ingat sebuah benda yang namanya LUP/KACA PEMBESAR dan (again...) aku googling dan nemu sesuatu yang menarik di Wikipedia.Check this out:
Dalam penggunaan sehari-hari jarak titik fokus dari sebuah lup dapat ditentukan dengan percobaan sederhana cahaya dapat dikumpulkan di satu titik yang berjarak tertentu dari lensa lup. Apabila cahaya mencapai tingkat energi yang tinggi maka kertas, serpih kayu, atau lainnya dapat terbakar ketika diletakkan di bawah lup tersebut. Dalam hal ini cahaya dikumpulkan di sebuah titik yang disebut titik fokus atau titik api yang sifatnya maya atau semu bukan nyata atau di belakang lensa tersebut. (Wikipedia)

Ingat banget kan, zaman sekolahan dulu pernah ada percobaan ngebakar kertas pake lup. Sapa yang pernah nyoba angkat tangan!! Hahahaha. Eit, ada yang blom pernah nyoba ya, kasian deh lu.... ^^V Seneng banget dulu kalo berhasil ngebakar kertas pake kaca pembesar tu, terkagum-kagum deh ngeliat kaca bisa ngebakar kertas, hahahahaha, lom tau cara kerjanya sih. Asal dah bisa ngebakar kertas ngerasa paling hebat dah, soalnya ada yang gak bisa juga lho waktu itu, hehehehehe (kamu termasuk yang mana Meg, yang bisa apa gak? ^^’).

Pas SMP, baru ngeh kalo tu kaca pembesar bisa ngebakar kertas kalo jarak kaca pembesar sama kertas mencapai jarak tertentu, dan difokuskan ke satu titik, n voila.....TERBAKAR dah tu kertas, hahahahaha.

Hmm...
ternyata kalo fokus n memusatkan pada satu titik, BISA MEMBAKAR ya.....
KEREEENNNNNNNNNNN..................

Sama halnya dengan hidup ini, cieee...hidup....Ngeri ya omonganku, gkgkgkgkgkgkgkgk

Iye, sama.....
Saat kita fokus pada satu titik, alias pada satu tujuan maka kita akan mampu membakar kertas, loh?!!! Hehehehe, maksudnya bakal ada sesuatu yang terjadi, ada akibat yang ditimbulkan dari KEFOKUSAN (yaelah, bahasa apa ini Meg!!!) kita ^^V

Kalo liat di kehidupan kita, mungkin Cuma sedikit dari kita yang bisa ‘membakar sebuah kertas’. Harusnya kita seperti kaca pembesar yang fokus di satu titik, fokus pada tujuan kalo kata AB ^^V. Masalahnya, kalo kita keseringan berganti fokus dan gak punya tujuan yang jelas, makin sedikit dampak kita dalam hidup orang lain. Blom sempat berdampak, eh, karena perhatian kita teralihkan ke hal lain, gak ada deh dampak yang sempat dihasilkan.

Aku ngaku deh, aku juga susah untuk fokus, hehehehe, perhatianku suangat gampang teralihkan. Sebabnya, karena aku SERAKAH.Gkgkgkgkgkgkgk. Iya, serius, pengen dapatin banyak hal, trus mlakukan semua aktivitas, yah....... gak ada yang jadi dah. 
Aku harus bner-bner blajar untuk fokus. 
Dan itu gak gampang, hiksss......

Belajar dari kaca pembesar yang mengumpulkan cahaya ke satu titik hingga dapat membakar kertas tadi, 

aku perlu mengumpulkan dan mengarahkan energiku ke hal yang jadi tujuanku 
(cieeee, bijak sekali kamu nak....hahahahahaha).

I believe, saat kita fokus pada apa yang jadi tujuan kita, ada sesuatu yang terjadi, akan ada dampak yang muncul. Karena kalo kita dah komit sama apa yang jadi tujuan kita, susah untuk perhatian kita teralihkan pada hal yang lain. Semua yang kita kerjakan adalah demi mencapai tujuan itu tadi. We know our purpose, so we live in it.

Jadi, tetapkan, apa yang jadi tujuan kita

What is your purpose? Find it.

Then, when u find your purpose.....

Pastikan kalo segala USAHA DAN ENERGIMU dikerahkan untuk   mencapai tujuan itu.

Kita hanya bisa membawa dampak kalo kita mampu untuk fokus ^^V

So, yuk FOKUS PADA TUJUAN kita!!!


Palangkaraya, 19 Februari 2011
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs