.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, March 17, 2011

5 W, 1 H

Dahulu kala, aku lupa sapa yang ngajarin, hehehehe, yang jelas di diaryku(yang isinya macam-macam tu),  aku baru ingat kalo dulu aku menyelidiki FirTu dengan metode 5 W,1 H. Tau kan kepanjangannya?
5 W & 1 H:
WHAT (apa)
WHO (siapa)
WHERE (dimana)
WHEN (kapan)
WHY (mengapa)
HOW (bagaimana)

Sambil baca FirTu (seblomnya doa dulu yeee... ^^) aku bertanya-tanya hal-hal yang berhubungan dengan 5 W&1 H itu:
FirTu ini bicara tentang siapa?
Apa sih yang disampein TUHAN lewat bacaan ini?
Apa sih yang terjadi di situ?
Kapan nih kejadiannya?
Dimana terjadinya?
Knapa sih bisa terjadi kayak gitu? Apa tujuannya?
Bagaimana caranya?

Contohnya gini : (ini Sateku 2007)
Matius 4:1-11 (Pencobaan di Padang Gurun)
  • Sapa nih tokoh dari bacaan ini?
Tuhan Yesus dan iblis
  • Apa yang terjadi dengan mereka?
Iblis ‘mengingatkan’ siapa Yesus dan menyuruh Yesus menggunakan kuasa-Nya untuk memenuhi apa yang Dia perlukan, iblis mau Yesus meragukan kuasa ALLAH dengan menyuruh Yesus mencobai ALLAH, iblis  mau menggoda Yesus dengan kekuasaan. Tapi Yesus tidak mau, Dia melawan, dan akhirnya iblis pergi dengan kekalahan b^^d
  • Apa yang kamu pelajari dari Yesus?
Buanyak buanget, hehehehe, ternyata Yesus tu :
1.       Manusia juga, tuh bisa laper (ayat 2), hehehhehe
2.       Nglakuin disiplin rohani -> berpuasa
3.       Mengetahui dan hapal hukum Taurat  (ayat 4,7, 10) -> Penting lo ngapalin FirTu tu ternyata, jadi kita tau kbenaran dan gak gampang dibodohi iblis, kita jadi punya senjata buat ngadepin pencobaan yang datang.
4.       Pelaku FirTu  -> Jauh lebih penting dari ngapalin ialah ngelakuin FirTu
5.       Sangat mempercayai Allah Bapa-Nya, sehingga ngerasa NO NEED LAH mencobai BAPA-Nya. Dia terlalu mempercayai BAPA-Nya ^^ -> Hayuuu  Meg, belajar mempercayai BAPA sepenuhnya
6.       Melawan iblis si singa yang mengaum-aum dengan perisai iman n pedang Roh (FirTu)
7.       Tau bagaimana harus memberi jawab ->Kebayang ga kalo Yesus hapal Taurat tapi Dia ngasi ayat yang salah ato gak nyambung ma  yang diomongin iblis, mungkin iblis gak pergi-pergi ya, tapi sungguh hikmat-Nya gak terselami, praise GOD....
  • Kapan Yesus dicobai?
Waktu Dia lemah (fisiknya), habis puasa 40 hari 40 malam gitu lohh....Salutttt, bahkan waktu Yesus lemah fisikNya, Dia tetap mampu nge-kick iblis. Fisik boleh lemah, tapi Roh-Nya tetap kuat. Bolehlah puasa ngasi makan tubuh, tapi jangan pernah puasa ngasi makan rohmu Meg, ntar kalo roh lemah, habislah kamu kalo diserang musuh.
  • Dimana kejadiannya?
Di Padang gurun
Padang gurun tu pastinya sepi buanget, jarang-jarang lah ya orang nongkrong ato seliweran disitu, kupikir gak kebetulan Yesus dibawa oleh Roh kesitu (ayat 1). Di saat gak ada orang yang bisa menolong, di saat Yesus hanya seorang diri, apakah bisa Dia mempertahankan karakter dan integritasnya sebagai Anak Allah. Apakah Dia akan tetap setia waktu cobaan datang? Fiuhhh..... TERBUKTI. Dia lolos ujian, gimana dengan kamu Meg? Waktu kamu sendiri, apakah kamu tetap berlaku sebagai anak Allah?
  • Apa yang kamu ketahui tentang iblis?
Errrr...gak penting banget makhluk yang satu ni, tapi perlu juga tau tentang musuh supaya kita bisa ngelawan dia :p
Iblis tu :
1.       Pinter menggoda -> dia akan nawarin kita dengan hal-hal yang kelihatannya baik. Pinter banget dia mengemas racun jadi makanan yang kayaknya enak, makanya kamu harus jadi ahli makanan Meg, biar gak asal nelan racun. Lohhh??!!! Hahahaha
2.       PENDUSTA -> dari zaman dahulu kala sampe zaman kapan aja, omongan iblis gak bisa dipercaya, dia eyangnya para pendusta. Apapun yang kita dengar, cek dengan FirTu, itu aja yang BENAR. Jangan percaya apapun yang bertentangan dengan FirTu Meg, IT MUST A LIE!!
3.       Tau FirTu -> Ya iya lah tau, dia hidup dari zaman apa, tapi bedanya ma Yesus, iblis bukan pelaku FirTu. Iblis tau FirTu dan menggunakannya untuk kejahatan, untuk menjatuhkan, dia menambah mengurang FirTu untuk kepentingannya. Meg, jangan tau FirTu tapi gak nglakuin, bahkan menyalahgunakannya, ntar kau jadi kawannya iblis kalo gitu.

Hehehehehe, itulah secuil dari penerapan 5 W, 1 H ku zaman dodol. Moga bisa jadi berkat. Amin...

Kasongan, 17 Maret 2011
-Mega Menulis-


No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs