.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, September 1, 2011

Karunia Motivasi

Baru buka blogku dan ngeliat daftar postingan terakhir blog teman-temanku, tertarik sama postingannya Echa di sini , ternyata eh ternyata, dia ada bahas tentang karunia rohani juga.

Sedikit tentang karunia rohani

Btw soal karunia rohani firman Tuhan bilang jangan lalai untuk dipergunakan, dan sebelum dipergunakan belajarlah untuk tahu dahulu. Aku sih belajar melalui proses dan tertanam disuatu tempat. Konfirmasi buatku datang dalam doa, melalui firman Tuhan dan saudara-saudara seiman.

1 Tim 4:14 (ITB) 
Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua. Secara sederhana kita perlu tahu untuk kita dapat mempergunakannya membangun tubuh kristus, dan juga untuk panggilan hidup kita. Karunia tidak selalu digunakan dalam gereja tapi juga dapat digunakan didunia kerja.

Karunia rohani itu ada banyak, jenisnya juga hehe
1. Karunia jawatan (Rasul, Nabi, Penginjil, Pengajar dan Gembala)
2. Karunia motivasi (Roma 12:6-8)
3. Karunia manifestasi (1 Kor 12: 8-10)
Kalau dijelaskan pasti butuh tiga postingan yang berbeda hohohoho…coba aja ikut test karunia rohani, khusus buat karunia motivasi. Aku sudah coba dari bertahun-tahun lalu, aku rekomendasikan diblog pelayananku waktu itu. Pertama kali coba score paling tinggi diProphecy (profetik) maklum waktu itu masih ditim doa. Dengan beriring waktu berubah Teaching (Mengajar) yang dominant, intinya selalu diantara teaching, pasturing dan prophecy. Aku pernah ambil test lain dan hasilnya sama tapi ditest itu tempat teratas ada yang namanya Discernment , karunia yang ini rada “serius” dan belum dikonfirmasi hehe

Baru seminggu yang lalu aku tau kalo karunia jawatanku adalah gembala, dan sempat juga aku postingkan di sini 

Nah, tau-tau minggu ini aku dapat kesempatan untuk tau karunia motivasiku, lewat link yang dikasi Echa di sini

 I did the test and the result is.....

alphaomega pulcherima rambang
(Please print these pages for a permanent record of your analysis.)
Share the Spiritual Gifts Analysis with others: Bookmark and Share
Spiritual Gifts



Strength 



Evangelism
11
Prophecy
12
Teaching
11
Exhortation
16
Pastor/Shepherd
19
Showing Mercy
18
Serving
4
Giving
7
Administration
14
About Your Spiritual Gifts

Dan ini penjelasan mengenai 2 karunia motivasiku yang dominan :

Karunia dominan anda adalah pendeta/gembala, menunjukkan belas kasihan

PENDETA/PENGGEMBALAAN
Hasil inventaris karunia rohani Anda menunjukkan bahwa nomor satu karunia dominan adalah PASTORING/PENGGEMBALAAN! Kata Yunani "poimen" berarti pendeta. Dalam daftar karunia-karunia rohani Paulus dalam Efesus 4:11, istilah ini diterjemahkan "pendeta." Meskipun kata "poimen" diterjemahkan pendeta hanya satu kali dalam Alkitab, ia digunakan enam belas kali tambahan. Enam belas tersisa yang semua diterjemahkan "gembala." Oleh karena itu, kita benar-benar membahas karunia penggembalaan, BUKAN posisi pendeta. Meskipun seorang pendeta yang baik harus memiliki karunia penggembalaan, setiap orang yang memiliki karunia penggembalaan tidak dipanggil untuk menjadi pendeta. Karunia ini dapat digunakan di banyak posisi di sebuah gereja.

Sebagai seorang gembala berbakat, Anda memiliki kapasitas diberikan Roh- dan keinginan untuk melayani Tuhan dengan mengawasi, pelatihan, dan peduli untuk kebutuhan kelompok Kristen. Anda biasanya sangat sabar, berpusat pada orang, dan bersedia untuk menghabiskan waktu dalam doa untuk orang lain. Anda cenderung "Jack dari semua dan Master of ONE," berarti Anda biasanya dominan di salah satu karunia berbicara (Penginjil, nabi, guru, pemberi nasehat) juga. Sering otoritatif, lebih menjadi pemimpin daripada pengikut, tenang, dan sensitif. Kepribadian anda yang menyenangkan menarik orang kepada anda.

Anda memiliki beban untuk melihat orang lain belajar dan tumbuh dan melindungi mereka yang di bawah perawatan Anda. Anda ingin menampilkan seluruh Firman Tuhan dan tidak suka untuk menyajikan materi yang sama lebih dari sekali. Anda bersedia untuk belajar apa yang diperlukan untuk memberi makan kelompok Anda dan lebih berorientasi pada hubungan daripada tugas. Anda adalah pembuat damai dan diplomat - sangat toleran terhadap kelemahan orang. Anda cenderung untuk mengingat nama orang dan wajah. Anda lebih peduli dengan melakukan bagi orang lain daripada yang orang lain lakukan untuk Anda. Anda setia dan cenderung menjadi workaholic. Anda dapat menjadi orang dengan banyak tujuan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang ada.

Orang dengan karunia penggembalaan menjadi guru sekolah Minggu dan pemimpin kelompok terbaik karena keinginan mereka melampaui hanya mengajar atau memimpin, tetapi juga untuk menggembalakan dan melayani kebutuhan sehari-hari siswa mereka. Posisi guru sekolah Minggu atau pemimpin kelompok adalah perluasan dari pelayanan pastoral di gereja. Kelompok-kelompok ini harus menggiring dalam skala kecil sama dengan pendeta gembala jemaat secara keseluruhan dalam skala besar.

Belajarlah untuk melibatkan orang lain, jangan mencoba untuk melakukan semuanya sendiri. Bekerja bersama untuk membuat orang bertanggung jawab. Jangan terlalu protektif terhadap "dombamu" Karena daerah-daerah berpotensi yang lemah, orang lain mungkin berpikir itu adalah tugas Anda untuk melakukan semua pekerjaan, mereka juga sangat bergantung pada Anda. Anda mungkin diharapkan akan tersedia sepanjang waktu, tahu semua jawaban, dan berada pada setiap fungsi. Pelajari kapan untuk mengatakan tidak.

Waspadalah serangan Setan terhadap karunia Anda. Ia akan menyebabkan anda putus asa ketika mendapat beban berat, dan kebanggaan karena "domba" Anda memandang Anda. Anda dapat mengembangkan masalah keluarga karena terlalu sedikit waktu dan perhatian. Anda dapat menjadi egois ketika "domba" makan di padang rumput lainnya.

BAGAIMANA MENGGUNAKAN KARUNIA ANDA? 
Karunia ini sangat membantu dalam banyak daerah. Anda dapat melayani sebagai guru Sekolah Minggu, pemimpin kelompok kecil, pendeta atau asisten pembantu, pemimpin pelayanan khusus (seperti pemuda, anak-anak, pria, dll),memperlengkapi pekerja  atau sebagai pengurus rumah singgah atau pemimpin relawan. Anda dapat mempertimbangkan melayani sebagai pemimpin asrama di perguruan tinggi, panti asuhan, rumah anak-anak, dll. Pasukan Pramuka akan sangat menghargai bantuan Anda sebagai pemimpin.

MENUNJUKKAN KEMURAHAN! 
Kata Yunani "ellco" berarti merasa simpati pada orang lain. Sebagai pancuran rahmat-Anda memiliki Roh yang diberikan kapasitas dan keinginan untuk melayani Allah dengan mengidentifikasi dengan menghibur mereka yang dalam kesulitan. Anda memahami dan memberikan rasa nyaman pada orang lain. Anda masuk ke dalam kesedihan atau kebahagiaan orang lain dan memiliki kemampuan untuk menunjukkan empati yang merasa DENGAN orang lain, bukan hanya untuk orang lain.

Sebagai pancuran rahmat-Anda bersedia untuk menangani dan melayani orang-orang yang memiliki kebutuhan yang kebanyakan orang merasa sangat tidak nyaman bekerja dengannya. Anda tampaknya mengatakan hal yang tepat pada waktu yang tepat.Anda berbicara lembut dengan cinta.Menyakitkan bagi Anda untuk menegur seseorang, Anda tidak suka mengutuk. Orang suka Anda karena semua cinta yang Anda berikan kepada mereka. Anda merasa mudah untuk mengekspresikan diri dan keluar dengan kepribadian yang rendah hati dan tidak ofensif. Anda mudah diajak bicara, responsif terhadap orang, pendengar yang baik, pembawa damai, dan menyenangkan. Anda cenderung untuk membuat keputusan berdasarkan perasaan lebih dari fakta dan suka berpikir tentang hal-hal lain untuk sementara waktu sebelum membuat keputusan.

Dalam keterbebanan Anda untuk menghibur orang lain, hati Anda keluar untuk orang miskin, tua, sakit, miskin, dan sebagainya. Anda cenderung menarik orang-orang yang terluka atau bersukacita karena Anda mengidentifikasikan diri anda dengan mereka. Berhati-hatilah untuk tidak membiarkan orang lain menggunakan Anda. Cobalah untuk tidak membenci orang lain yang tidak memahami Anda. Menahan diri dari menjadi penggosip ketika Anda berada di sekitar pancuran rahmat-lain. Jangan biarkan keadaan Anda mengendalikan Anda. Karena kemampuan supranatural Anda untuk menunjukkan belas kasihan, yang lain menuduh Anda mencari perhatian orang-orang, menjadi orang yg lembek dan berkompromi. Mereka mungkin berpikir Anda terlalu emosional.

Pancuran rahmat menjadikan anda konselor yang sangat baik. Namun, jika tidak terlatih, Anda mungkin menghancurkan diri sendiri karena kecenderungan Anda untuk membawa pulang masalah orang dengan Anda. Empati Anda dapat menjadi merugikan tanpa pelatihan pribadi tentang bagaimana untuk menghadapinya.

BAGAIMANA MENGGUNAKAN KARUNIA ANDA? Karunia Anda digunakan terbaik di saat-saat kesedihan dan pada saat sukacita besar. Ini cocok dengan karunia pelayanan seperti diakon, pekerja muda atau kunjungan rumah sakit. Dengan kursus konseling, Anda bisa menjadi seorang konselor yang baik. Anda dapat berfungsi sebagai rumah sakit, panti jompo; koordinator pemakaman dan penyedia simpati dan dukungan, atau pekerja pusat kemiskinan. Anda akan melakukannya dengan baik penyambut dan pekerja pusat menyambut atau orang perhotelan. Anda mungkin ingin bekerja dalam pelayanan telepon. Anda akan membuat orang merasa diterima di tim kunjungan pendatang baru. Lainnya area pelayanan yang sesuai termasuk misi, anggota komite, bantuan cuti, dan pembantu korespondensi. Anda akan bekerja baik dengan orang tua dan dengan orang-orang yang memiliki mental dan cacat fisik, perawat, dan dengan pelayanan khusus untuk migran, atau pelecehan anak-anak dan perempuan.



Palangkaraya, 1 September 2011
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs