Monday, July 30, 2012

Bertemu TUHAN Melalui Hobimu

“Saya tidak tahu rasanya menjadi orang yang tidak suka membaca dan saya belum meneliti secara lengkap kenapa banyak orang Indonesia yang tidak suka membaca.”

Ungkap Anggit dalam tulisannya yang berjudul Most Read Author, dan aku ngakak membaca kalimat pertama Anggit kali ini. Gimana ngga, itulah yang aku rasakan dulu saat aku tahu ada orang yang gak suka membaca. Bahkan ada seorang sahabatku yang membuat pernyataan ekstrim:
“I DON’T READ”
Hahahaha, believe it or not, yang membuat pernyataan itu telah meraih gelar masternya di bidang komunikasi *heran*
Sebagai orang yang hobi membaca. Aku tuh ya, dulu kalo tahu ada orang bilang gak sukan membaca, dalam hati langsung bilang gini dehhhh,”KOK BISA YAAAA...???”, hahahahaha, mokso ceritanya, ada-ada aja ya....mosok hobi orang mesti sama ma kita ya? Cck...cckk...cckk..... *geleng-geleng*

Sampai suatu hari, beberapa kawan mengaku heran banget waktu aku tinggal di belakang kantor dan betah di tempat terpencil itu selama beberapa bulan hanya ditemani buku-buku bacaan dan hape, no laptop, no internet, no TV. “KOK BISAAAAAA.....???”, gitu kata mereka, hahahaha. Aku aman dan tenang aja, wong ada buku kok :p

Yeaaahhhh.....aku mulai menyadari, itulah  yang dirasain teman-temanku yang tahu aku ni gak hobi olahraga, gak hobi mancing, gak hobi ngotak-ngatik komputer, gak hobi masak, ato gak hobi menari, gak hobi desain, ato hobi-hobi yang lain.

Apa yang menjadi kesenangan kita belum tentu merupakan kesenangan orang lain, gitu juga sebaliknya.

Sejujurnya, terkadang, kalo mendengar seorang kawan bercerita tentang hobinya, aku masih gak ngerti apa sih yang membuatnya begitu menikmati hal tersebut. Errrr......Apa sih enaknya mancinnggggg???? Kenapa kalo pengen ikan gak beli aja di pasar ^^V Huahahahaha, sori Gar :p

Yaaaahhh....mungkin aku gak bakal ngerti apa asiknya mancing, secara blom pernah, dan negbayangin cuman duduk-duduk nunggu ikan makan umpan, duhhhh.....Kalo pun aku mancing, kayaknya aku nunggu ikan makan umpanku sambil bawa buku buat dibaca, hahahaha.  Tapi satu hal yang ku tahu, seperti aku merasakan kesenangan dan kepuasan tersendiri saat membaca, itu juga yang dirasakan seseorang saat melakukan hobinya. Well, jadi gak terlalu heran kalo seseorang mengatakan dia gak suka membaca, hehehhehe. So what kalo hobi tiap orang beda Meg? Toh kamu juga gak senang ngotak-ngatik komputer, kamu juga gak senang mancing, gak senang juga ngedesain (angkat tangan tinggi-tinggi dah aku kalo disuruh ngdesain, nyerah...:p).

TUHAN kasih minat dan kesenangan yang beda sama setiap orang, supaya kita bisa ngeliat TUHAN dari berbagai sisi, ketemu Dia di dalam segala kesenangan kita. THAT’S TRUE...!!
Ketemu Tuhan lewat hobi kita, gimana caranya Meg?
Caranyaaaa....carilah Dia saat melakukan kegiatan yang kau sukai!
Gak percaya? FirTu sendiri lo yang bilang:
apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN. Yeremia 29:13-14 a

Kalo kita mencari TUHAN, menanyakan TUHAN saat melakukan kegiatan apapun, kita akan bertemu Dia.  Coba deh, ajak TUHAN bercakap-cakap saat melakukan hobimu, tanyakan apa aja, minta Dia mengajarkan sesuatu, Dia pasti berkenan hadir dalam hobimu. Wong FirTu juga mengatakan hal ini:
Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu. Mazmur 32:8

Gak jarang lo, sewaktu aku melakukan hobi tertentu, TUHAN ajar aku banyak hal:

Saat aku bernyanyi dengan kawan-kawanku di karokean, melihat dan mendengar kawanku menyanyi dengan indah, karena dia menyanyikannya sepenuh hati. Saat itu GOD remind me, gak hanya yang terbaik yang Dia inginkan dalam pekerjaanku, Dia ingin aku mengerjakannya SEPENUH HATI. Dengan sukacita di hatiku!


Bukan hanya melakukan terbaik dengan seluruh usaha dan kemampuanku, GOD IS SEEING MY HEART. Gimana sikap hatiku waktu aku mengerjakannya, apakah di luar aku tampak giving my best, trus jangan-jangan di hati ngedumel ato ngeluh-ngeluh gak jelas.

Seringnya, saat aku mau menonton film, aku berdoa TUHAN ajarkan sesuatu lewat film yang aku tonton. Dan benar kok, TUHAN dengar doaku, berkali-kali TUHAN pakai film yang aku tonton untuk beri aku rhema tertentu, ato tegur aku mengenai banyak hal. Menonton gak Cuma beri rekreasi buat jiwaku, tapi juga TUHAN segarkan rohku, itu SESUATU banget looo......

Suatu kali, aku yang buta masalah desain ini, coba ngatur-ngatur blogku. Yeahhhh, gak bisa desain tapi pengen banget punya blog yang manis dan bikin betah yang baca, hahahaha. Di saat aku coba padu padan warna, otak-atik warna tulisan, dll. Sampe akhirnya pusing, aihhhh....aku menyadari betapa kreatifnya TUHAN kita, serius! TUHAN ma gak punya masalah memadu madan warna, ato melukis banyak hal indah setiap harinya. Gak ada yang tampak salah ato aneh. GOD is so creative booo.....d^^b Seketika itu juga, aku memuji TUHAN karena Dia sungguh ALLAh yang super duper kreatif.....AWESOME.....

Kalo saat membaca, diajar TUHAN, waaa...gak terkatakan lagi seringnya deh. Pokok’e TUHAN tu keren, Dia mau bertemu kita dan mengajarkan banyak hal saat kita melakukan kesenangan kita. Cobain deh.....

Bahkan, dalam hobiku MAKAN pun aku bertemu Dia, saat aku makan, TUHAN ajarkan aku banyak hal. Dia ingatkan aku mengucap syukur karena boleh merasakan berbagai rasa melalui lidahku. Oh, terima kasih TUHAN, KAU berikan aku indera pengecap, jadi aku bisa menikmati sate yang enak itu, coklat yang manis itu, huaaaa..........Dan saat aku mengecap makananku, TUHAN bilang gini,”Seperti kamu mengecap enaknya makananmu.Kecaplah dan lihatlah betapa baiknya AKU Meg...”. Mengecap tu sesuatu yang nikmat kalo kita ngerasain langsung sendiri kan? Ya itu lah, TUHAN mau aku merasakan sendiri baikNya Dia dalam hidupku. Bukan dari kata orang, bukan hanya aku lihat kebaikanNya dalam hidup orang, tapi Dia bilang, aku mengecap sendiri kebaikanNya. Aku merasakan langsung kebaikanNya. Huaaaaa......Kereeeennn......

So, mari kita nikmati hobi dan kesenangan kita masing-masing. Setiap kesenangan kita yang berbeda, yang dapat membawa kita mendekat dan melihat TUHAN lewat cara-cara yang luar biasa, yang seringkali gak terpikirkan. Percayalah, TUHAN mau menemui kita, bahkan mengajar kita dengan cara yang menyenangkan, dengan kesenangan dan hobi kita, kita tinggal memintanya ^^V

Selamat bertemu TUHAN melalui kesenangan dan hobimu yaaaaa......^^V


Kasongan, 30 Juli 2012
-Mega Menulis-