.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, August 31, 2012

Sweet JOY in September ^^



Haaaiii...!!!
Masi ingat proyek menghapal ayat yang aku lakukan bareng Dhieta dan beberapa kawan lain di bulan Agustus kemaren? ^^ Kali ini, aku harus melakukan pengakuan kalo aku gak hapal semua ayat Kasih yang harus dihapalin bulan Agustus ini. Ada yang masih aku ingat dengan persis, ada yang 50-50 (alias separo-separo), ada pula yang perlu ask the audience ^^’ Sempat ngerasa payah, karena gak ingat semuanya, tapi kembali semangat mengingat Firman Tuhan mengerjakan sesuatu dalam diriku. Benar seperti yang dituliskan di sini:



Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 2 Timotius 3:16


Saturday, August 25, 2012

Aku Pilih Duit Aja Ya Tuhannn... *wink-wink*


Seandainya saat ini Tuhan bertanya kepadamu dan harus kamu jawab secara cepat sebuah pertanyaan sebagai berikut, kira-kira apa jawabmu:

Nak, kamu pilih berkat jasmani atau berkat rohani?

Well, kalo aku pribadi, jujur nih ya,dengan cepat aku akan menjawab,aku memilih berkat jasmani alias DUIT alias MONEY aka UANG, hahahaha. Serius ^^V Gara-garanya beberapa hari yang lalu aku dan mamahku bersih-bersih di rumah baruku, sekalian bertanam ria beberapa jenis tanaman (kata mamahku biar nampak tanda-tanda kehidupan :p). Saat selesai, kami beristirahat dan tidur di lantai rumahku, memandangi sekeliling isinya yang kosong melompong, belum ada perabotan sama sekali,maklumlahhh...belum punya uang untuk mengisinya. Dan aku berpikir, seandainya aku punya banyak uang, tentunya dalam sekejap rumahku akan berisi berbagai barang macam gorden, tempat tidur, sofa, kulkas, lemari pakaian, rak piring, dll.

So, YES...I need MONEY.
I want MONEY.
Jadiii...seandainya Tuhan bertanya padaku pertanyaan seperti tadi, aku akan jawab aku memilih berkat jasmani. Terserah lah kalo dibilang mata duitan. Tapi aku merasa itu yang aku perlukan. Aku lebih memilih berkat jasmani (yah, gak mesti uang sih, kalo Tuhan berikan aku kulkas ato tempat tidur ato apa ajalah yang bisa untuk mengisi rumahku, pastilah aku terima dengan sukacita berkatNya itu, hehehe).

Aku tahu, berkat rohani juaaaauuuhhhh.....lebih penting. Aku mengalami sendiri kok kalo diajar Tuhan, dididikNya, diberi hikmat untuk mengerti firmanNya,diberi pengertian akan banyak hal oleh Tuhan tuh SESUATU banget. ASLI. Sukacita tuh melimpah buanget saat menyadari Tuhan ajarkan aku lewat apa yang aku alami. Dididik Tuhan tu sakit-sakit-enak, awalnya seringkali menyakitkan dan gak enak, tapi endingnya nikmaaattt banget d^^b Berkat rohani yang diberikanNya, ujung-ujungnya adalah aku makin mengenal Tuhan. Mengalami Tuhan sendiri, dan bukan dari kata orang, itu WOWWW...!!!

Nah, aku yang telah mengalami bunyak berkat rohani dari Tuhan,tetapi masih saja lebih memilih berkat jasmani, bukankah itu lucu?Konyol kan?? *sigh*
Jadi, aku akan sedikit membela diri dan berkata:” Tuhan...ini saatnya berkat jasmani Kau curahkan, mosok yang rohani melulu, mosok aku diajarrr meluluuu, kapan dapat duitnya Tuhan? Biar seimbanglah Tuhaaaannn...” *ngerayu*

Tapi saat aku mulai merayu-rayu Tuhan kayak tadi, aku diingatkan sebuah ayat:
Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan. Amsal 1:7

Wakssss...!!!
Aku ngerasa Tuhan bilang kalo aku ni bodoh.
Kebayang gak sih, Tuhan dah semangat nih mau mengajar aku nih, trus aku bilang, “Gak usahlah Tuhan ajar aku sekarang, aku milih duit aja...”
Dimana ya pikiranku, kok bisa kayak gitu, padahal dah ada pula diperingati kayak gini:
Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN , dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya. Amsal 3:11

Saat aku lebih memilih berkat jasmani dibanding rohani.
Saat aku menolak didikanNya, dan lebih memilih duit.
Tuhan bilang kalo aku ni ORANG BODOH.
Duh...!!!
Terkadang aku melihat orang lain yang diberkati Tuhan luar bias melimpah dengan duit, dan aku mikir, giliranku kapan yaaa... Dia cuek-cuek aja sama Tuhan tapi kok hidupnya enak sih *mulai deh ngiri*. Kok Tuhan baek banget sih sama mereka?

Eh, saat aku protes gitu, aku jadi ingat ayat-ayat yang bilang Tuhan tu emang baik sama semua orang:
...sebab Ia (Tuhan) baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang yang jahat. Lukas 6:35
Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Matius 5:45
Tuhan emang baek yaaa....? Ke semua orang, bahkan sama orang jahat! Sama orang yang gak benar pun Dia buaeeekkkkk buangeettt. Gak ada tuh yang namanya Dia gelapkan sinar matahari untuk orang jahat, ato Dia Cuma kasih pekerjaan sama orang baik, or Dia Cuma kasih duit sama anakNya ^^V Tuhan gak gitu. Jadi, besar kecilnya duit yang diberikanNya bukanlah ukuran yang membedakan mana anakNya dan mana yang bukan.

Yang membedakan seseorang anakNya atau bukan adalah:
Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan , dan janganlah putus asa  apabila engkau diperingatkan-Nya; karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak." Ibrani 12:5

Tuhan menyesah orang yang diakuiNya sebagai anak.

me·nye·sah v 1 memukul dng barang yg melenting; menyembat
Menurut cerita tambiku (bahasa dayak, tambi=nenek) zaman dulu, kalo anak-anaknya gak menurut, atau gak mau diajarnya, dia akan menyiapkan rotan untuk menakut-nakuti mereka, dannn...memukul mereka kalau mereka gak bisa diajar! ^^’

Jadi, wajar aja lah ya kalo Tuhan maunya ngajar aku ato mendidikku dalam banyak hal, wong aku anakNya kok. Kalo bukan anakNya, Dia gak akan demikian keras mendidikku, tapi bagi anak-anakNya, bedaaa...Bukan berarti Dia gak mau berikan berkat jasmani. Tapi bagiNya, lebih penting didikan bagi anak-anakNya dibanding hal lain.

Papah mamahku aja dulu bilang gini,”Belajar yang benar nak, mamah papah ni gak bisa ngasih kamu harta, tapi Cuma bisa sekolahin kamu supaya pintar.” Dan, setelah aku ingat-ingat lagi sampai sekarang, apa saja materi yang diberikan papah mamahku memang gak ada yang bertahan lama, sepedaku dulu hilang dicuri maling, buku-bukuku zaman sekolah dulu entah kemana, mainanku dulu sudah rusak, apapun yang berupa materi atau kelihatan gak bertahan selamanya. Tetapi pendidikan yang mereka berikan melalui sekolahku, nasehat-nasehat mereka, kebiasaan-kebiasaan baik yang ditanamkan sejak kecil,kasih sayang mereka, teguran mereka, apa saja yang diberikan mereka-yang gak kelihatan itu, bertahan sampai kini.

Jika ternyata demikian penting dan berharganya didikan orang tuaku dibandingkan materi yang diberikannya. Bukankah apa yang mau diajarkan Tuhan padaku juga lebih berharga dibanding berkat jasmani dariNya.
Sebab mereka (ayah kita di dunia)  mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya. Ibrani 12:10

Tuhan, walaupun sekarang aku butuh duit, aku mau belajar mencintai didikanMu dibandingkan duit, hehehe...^^V

Kasongan, 25 Agustus 2012
-Mega Menulis-


Friday, August 24, 2012

Irene Riandra Angelina



Tanggal 11 Agustus 2012 kemaren adalah hari bersejarah bagi dua sahabatku, pasangan suami istri, Ria dan Dodo. Putri pertama mereka lahir. Yeaaayyy...!!!\(“,)/ Selamat lah Ndu...Selamat lah Do...! And welcome to the world Irene Riandra Angelina.  Nih liat foto si cantik Irene yang dikirim Ria untukku.


Sayangnya, baru pada hari berikutnya aku bisa menjenguk Irene.
Hai ponakanku Irene, apa kabaaarrr...???
Akhirnya tante Mega menggendongmu, hohoho....^^V Senangnyaaa...
Jadi  ingat, waktu mamahmu hamil gede, dia membawa kamu naek turun PALMA, buat nonton di 21 bareng tante Mega dan Tante Ria, gak terhitung berapa kali kamu nonton bareng kami selama mamahmu hamil kamu. Luar biasaaa...mamahmu emang wanita yang tangguh d^^b Saluuuttt...Tau gak sih, hahkan seminggu sebelum melahirkanmu kami nonton bareng film berjudul Mirror Mirror. Cerita tentang Snow White gitu, tapi agak beda dengan cerita klasik, Snow White di sini berani dan kuat. Well, detail ceritanya tanya mamahmu ya...^^
Kamu juga ikut merayakan ulang tahun mamahmu bareng Tante Mega, Tante Fani dan Tante Ruri looo, tapi kamu masih di dalam perut mamahmu , hehehe....


Kata mamahmu, ntar kalo ada kamu, kita bakal jalan-jalan berempat, kamu-mamahmu-Tante Mega-Tante Fani. Huaaa, gak sabar deh nungguin kamu bisa jalan, lari-lari, ngoceh, aihhh... *so exciting* Nanti tante Mega sama Tante Fani ajarin berenang deh, jangan kayak mamahmu ya, gak bisa berenang, gkgkgkgk ^^’

Tante  Mega tadi googling cari arti nama “IRENE”, dan di sini  tante temukan seseorang bernama Irene menjelaskan arti namanya, ternyata nama IRENE aslinya berasal dari bahasa Gerika – Yunani. Dan nama keren ini memiliki arti Damai. Wowww...nama yang indah yaaa. Ini doa dan harapan papah mamahmu lo sayang...

Dan tante teringat ayat ini:

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Matius 5:9

Yes, you are! Kamu pembawa damai nak, kamu adalah anak Allah.
Kamu Putri Allah yang sangat dikasihiNya, kamu Putri Raja Semesta.
Berbangga dan bersukacitalah sayanggg....^^

Irene ntar pasti jadi anak yang pintar kayak mamah dan papah, hormati mereka ya Ren, karena itu yang indah di dalam Tuhan. Mereka sayang banget lo samamu. Dan jadilah penurut ALLAH ya. Tante Mega berdoa supaya Irene punyai hati yang lembut dan mau diajar Tuhan, jadi Tuhan bisa mengajarkanmu banyak hal luar biasa nanti. Seperti Samuel yang peka mendengar Tuhan memanggilnya di masa kecilnya, tante percaya, kamu juga demikian.

Terakhir, dan yang paling penting, Tuhan Yesus suayaaaannnggg buanget sama kamu Irene Riandra Angelina. Jangan pernah lupakan ini yaaa....\(“,)/

Kasongan, 24 Agustus 2012
-Mega Menulis-

1 Korintus 13:5



Peringatan:Postingan ini panjang looo.... ^^
Menghapal dan merenungkan FirTu tentang kasih pada bulan ini, setiap hari aku diajak membandingkan diriku dengan apa yang Tuhan harapkan dalam FirTu. Seperti aku dihadapkan pada model yang sempurna-model KASIH, yang Tuhan inginkan aku menjadi. Dan semakin dipandang,diamati KASIH ini, lalu memeriksa diri, semakin menyadari kalau aku masih jauh dari apa yang Tuhan inginkan.

Thursday, August 23, 2012

Hadiahsku di Bulan Agustus dan Award Pertamaku ^_____^



Bulan Agustus ini menyenangkan buatku, sungguh...!Hehehehe, ada liburan yang puanjuaannnggggg buanget, aihhh...Jadi pengen liburan lagi ^^V Nanggung banget euy, 2 hari-Kamis dan Jumat ini ngantor, trus libur lagi. Coba libur juga yaaa :p Manusia kagak ada puasnya *sigh*

Eniwei, di tanggal 1 Agustus kemaren aja, aku dah memulai bulan Agustus dengan senyuman lebaaarrr. Gara-garanya,

Friday, August 17, 2012

Naikkan Doamu



Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, 1 Tim 2:1


Doa Permohonan?
Guampuaaanggggg....! Gak cuma tiap hari seseorang bisa memohon, tiap saat seseorang memerlukan/menginginkan  sesuatu sudah PASTI memohon sama Tuhan. Kan sesuai kata FirTu. Mintalah, carilah, ketoklah... ^^V  Masalahnya sering kali ketiga hal ini dipraktekkan salah dalam kehidupan sehari-hari.

Thursday, August 16, 2012

Tenang Meg, Tutup Mulutmu!!




Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya  dan merenungkannya. Lukas 2:19

Menyimpan suatu perkara di dalam hati bukanlah hal yang mudah buatku. I really need to talk now. Pengen banget berbagi ‘hal ini’, hiks.....T_T Menahan diri. Menutup mulut. Itu gak mudah. Sudah aku bicarakan habis dengan Tuhan, tetapi saat aku ingin bercerita ke orang lain, Dia ingin aku menahan diri, dan diingatkan teladan Maria. Simpan Meg. Keep it for you. Aihhh.....

Kenapa sih Tuhan, aku gak boleh bercerit a tentang ‘ini’?

Wednesday, August 15, 2012

Uhhh, I Love To Read Comments \(",)/



Siapa sih fesbuker yang tidak suka membaca komentar orang lain di statusnya? Kalo aku suka sih.... Demikian pula as a blogger, aku suka banget kalo tulisan yang aku buat diberi komen oleh pembaca blogku \(“,)/ Apalagi kalo komennya panjang-panjang, huaaaa.....betah deh ai bacanya ^^

Senang banget mengetahui

Tuesday, August 14, 2012

Mengapa Banyak Sekali Postinganmu Bulan Ini Meg?



Hmmm......

Ini Rahasia Yaaaa.......



Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat  ini.Ulangan 29:29

Friday, August 10, 2012

Rambutku Oh Rambutku.....T_T


Pagi-pagi aku dah googling nih nyari gimana caranya ngurangin masalah kerontokan rambut. Hayo ketawaaaa....!! Iya nih, rambutku kok rontok gitu ya? Hiks. Emang sih, gak nampak banget, bukan yang rontok banget sampe bikin rambutku tipis...pisss.....Masi nampak tebal pun rambutku :p Tapi kalo tiap nyisir trus ad aja rambutku yang rontok, apa gak seram tuh? Bisa habis nih lama-lama rambutku? Pengen cari tahu, kenapa sih sebabnya.Well, rambutku ini keritingnya yang kecil-kecil kayak kribo gitu, sometimes, aku pengen punya rambut yang lurus aja deh, gak repot kan ngurusnya. Tapi berhubung aku juga gak suka smoothing or bonding yo wes, pasrah sempurna aja berambut gini, hehehehe. Cumaaaaaa....Kenapa ya akhir-akhir ini rambutku rontok? Aihhhh.....Udah keriting trus ntar tipis, piye dunk? T_T Akhirnya aku googling dah *sigh*

Thursday, August 9, 2012

Ingin Berhenti Menghapal Ayat (Tapi Gak Jadi)



Huaaaaa.......
Kepalaku penuh dengan ayat-ayat cinta...!!!
Dan aku kagak hapal semuanya, hiks T_T
Masi ingat gak proyekku menghapal ayat bulan ini? Kalo blom liat di sini  ya....

Terima Kasih Sudah Membawaku ke Sini Tuhan

Tadi malam entah kenapa jadi pengen baca-baca tulisanku yang lama di blogku, hehehehe. Terkadang memang aku melakukan ini, karena tujuanku menulis memang untuk merekam jejak-jejak kesetiaan TUHAN di hidupku, melihat apa yang telah diperbuatNya dalam hidupku, kalo Tuhan izinkan apa yang kutulis bisa jadi berkat buat orang lain, dan Tuhan dimuliakan, itu bonus yang luar biasa. Hidupku jadi lebih hidup karena boleh mengalami kebaikan Tuhan dan membagikannya buat orang lain.

Aku Gak Iri Lo Yaaa....(Wong Aku Ikut Senang ^^V)

Aku mau membuat pengakuan, kemaren mendengar kawanku Ogar ikut pelantikan, awalnya aku biasa aja. Bukaaaannn....!! Aku gak iri ya, kan aku gak menginginkan apa yang dimilikinya. Cuma sempat berucap gini sama Tuhan,”Kapan ya giliranku Tuhan?”, udah gitu doang, hehehehe. Aku tahu aku belum siap untuk menerima seperti yang Ogar terima, masih banyak yang harus dipelajari, jadiiiii....ya sudah. Gak ada rasa iri ^^ Tahu benar lah aku, kerja kerasnya Ogar, apa aja yang sudah dia buat, kalo orang lain bilang dia beruntung, oh nooo....He’s working hard buat pencapaiannya itu, dia merintis apa yang didapatnya ini, emang dia mengerti apa yang akan dia hadapi nanti, tantangan apa yang menunggunya, dia siap, dan Tuhan tahu dia siap, makanya Tuhan memberkati dia dengan berkat ini. Aku gak iri.

TAPIIIIIII......

Wednesday, August 8, 2012

Jangan Mau Direndahkan Ma Men.....!!!!



Hari ini, kami seruangan pergi makan siang merayakan ulang tahun bos kami, dan tiba-tiba ada berita bahagia, yeaayyyy.....!!! Kawan seruanganku Manogar Simanullang menerima undangan pelantikan pejabat esselon untuk besok. I’m happy for you Gar. Congrats yaaaa... .\(“,)/ Keren. Keren. Keren. Baru beberapa tahun jadi PNS dah dilantik jadi pejabat tu sesuatu banget loooo....I’m proud with you. You deserve to get this bro.... *biar ditraktir :p*

Dan KaSiku sempat mengatakan sesuatu

Aku Bersyukur Dicurhatin Melulu...\(",)/






Thanksgiving Thursday

(This post is writing to Thanksgiving Thursday, a program made to remind us to continuosly count our blessings. Come and join us, or just simply come and read stories from other people. Click http://thanksgiving-thursday.blogspot.com/)


Don’t feel bad if people remember you only when they need you. Feel privileged that you are like a candle that comes to their mind when there is darkness.

Tuesday, August 7, 2012

Oleh-Oleh Berdinas ke Tumbang Samba



Kemaren hari, aku dinas ke Kecamatan Katingan Tengah yang beribu kota di Tumbang Samba, dalam rangka pendataan aset industri. Jadi ceritanya kan beberapa kali Dinasku melakukan pengadaan berbagai barang yang kemudian dipinjam pakaikan ke masyarakat yang berniat melakukan usaha. So, kami ngecek, tuh alat bner-bner dipake gak, kalo gak dipake bakalan ditarik dan dialihkan ke yang mau bner-bner make.

Kami berangkat ke Tumbang Samba

RM Siantan-Palangkaraya



Hari minggu yang lalu, aku dan adek-adekku makan bareng di RM Siantan Palangkaraya, buat ngerayain ultahnya si Ruri (adek bungsuku) yang ke-19. Well, postingan ini sebenare adalah laporan pertamaku tentang kuliner di Palangkaraya, hahahahaha. Berawal dari idenya Ruri yang suka bingung kalo dah mau jalan cari makan, dia minta aku membuat postingan tentang tempat makan di Palangkaraya. Sebagai referensi kami aja kalo mau jalan lagi cari makan next time. Maklumlah, mana ingat kami rasa makanan yang kami makan :p Berhubung aku sayang adek, muncullah postingan ini, hahahahha. O, iya..ini RM.Siantan di jalan yang arah ke Jembatan Kahayan yaaa....yang jualan macam-macam makanan. Bukan yang RM Siantan jualan mie ayam dan bakso doang ya, ini bedaaaa....^^

Oke, ini dia makanan yang kami makan kemaren:

Ingin Makin Mengenal TUHAN



Spongebob: "Apa yang biasanya kamu lakukan saat aku pergi?"
Patrick: "Menunggu kamu kembali."
(Statusnya Posa beberapa jam yang lalu)
Dan gak lama, kami komen-komenan gini:

Ekspresi Chef Juna dan TUHAN



Eh, suka nonton Master Chef gak sih? Itu looo....acara adu masak di RCTI itu, yang ditayangin tiap Sabtu dan Minggu sore ^^ Sebagai penyuka makanan alias pemakan segala, hehehehe, tiap ada kesempatan aku pasti nonton acara ini. Asik banget ngeliat masakan-masakan kreasi para peserta Master Chef ini *ngilerrrr...* Nahhhhh,dalam episode Master Chef di hari Minggu kemaren, tepatnya tanggal 5 Agustus 2012, aku terpana (cieee...) menatap ekspresi juri si Chef Juna yang ganteng saat mencicipi masakan salah seorang peserta. OKE, aku mengaku,

Sunday, August 5, 2012

Suara Resepsionis dan Suara Tuhan

Sewaktu aku mengetahui Kezia mempunyai nomor  hp dengan provider yang sama denganku, aku langsung menelponnya,hahahahaha, mumpung murah gitu loh ^^V Soale, pengen banget aku ngucapin terima kasih sama adekku ini karena telah mengirimkan buku buatku dulu, well..sebenarnya pulak, aku penasaran ingin mendengar suaranya Kezia. Hampir setahun kenal para blogger di dunia maya tapi baru pernah ketemu sama Dhieta, yang lain blom, hehehehe, pengen banget ketemu teman-teman bloggerku yang luar biasa, tapi apa daya blom kesampaian, ya sudah lah  paling gak dengar suaranya pun tak apa.

Saturday, August 4, 2012

Kamu Mengasihi Belum Sampai Memberikan Anakmu kan Meggggg...???!!!!



# Day 4
Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. 1 Yohanes 4 : 11


Tau gak sih, seharian ini ngapalin ayat di atas, aku tertarik pada satu kata.
Coba tebak yang mana?

Mengasihi Seperti Allah Mengasihi

# Day 3

Kita mengasihi karena Allah terlebih dahulu mengasihi kita. 1 Yoh 4:19

Dan aku tersenyum lebar melihat ayat hapalanku di atas.... ^____________^
Gimana kagak tersenyum,  tu ayat singkat, kan jadinya gampang ngehapalnya dibandingkan hari-hari sebelumnya, huahahahhaha ^^V
Soale, 2 hari kemaren agak-agak berat dibandingkan hari ini,simak deh....

Thursday, August 2, 2012

Mengasihi Orang Lain dan Menghormati TUHAN


# DAY 1
Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Yohanes 13:35

# DAY 2
Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barang siapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya. 1 Yohanes 4:21

Jadi, kedua  ayat tersebut jadi ayat hapalanku selama 2 hari ini. Dan saat komat-kamit kayak mbah dukun sedang baca mantera buat ngapalin kedua ayat itu. Aku menemukan kalo dua ayat tersebut nampaknya intine sama.
Perhatikan kedua ayat tersebut.
Ada Allah...
Ada perintahNya TUHAN
Dan perintahNya adalah supaya SALING MENGASIHI
That’s all....

Ya, understood Lord.
Aku diperintahkan mengasihi kan? ^^V Pinteerrrrr....
Itu ma semua orang tahu Meg, tapi prakteknya piye? Sudahkah kamu melakukan hal mengasihi ini? Gak gampang lo, apalagi saat berulang mendengar(yeahhhh, aku tipe yang NGOMONG kalo ngapal) kalimat ini:
“sama seperti Aku telah mengasihi kamu....”

WHATTTT?
MENGASIHI SEPERTI TUHAN MENGASIHI?
Susye amaaaatttttt.......!Buatku mengasihi seperti yang TUHAN lakukan tu berarti BERKORBAN! Kalo gak berkorban, berarti blom kayak Tuhan dunkkkk.....
Menyadari ini, aku jadi ngeluh,”StandarNya Tuhan ni kok mesti setinggi ini sih, hikssss.....”

Aku diperintahkan TUHAN untuk mengasihi orang lain SAMA SEPERTI DIA MENGASIHIKU. Dan jujur aja, ini agak  (ato SANGAT) sulit, apalagi kalo diminta mengasihi orang-orang yang bikin BETE, haiissss, aku harus berjuang keras. Senyum aja kadang susahhhhh, apalagi BERKORBAN!!!!Bahhhh...!!

Dan ini PERINTAH booooo.....
Bahkan kalo mau kita perhatikan lagi, di dua ayat tersebut ada kata HARUS.
HARUS=WAJIB
Alias.....KAGAK ADA ALASAN buat menghindar ato mengabaikan perintah ini.
Gak peduli sesamamu ini menjengkelkan, ato melukaimu, ato menyebalkan, ato nyuekin kamu, kamu HARUS MENGASIHI dia.
Seandainya saja tu ayat bilang:
AKU memberikan SARAN...
Ato...AKU memberikan NASEHAT...
Ato AKU mengusulkan...
Ato AKU menganjurkan....
Gak gitu kaaaannnnn????? Nyata-nyata dibilang kalo ini PERINTAH!
Jadi ingat anjuran dokter kalo kita berobat, minum obat yang diberikannya, or jangan makan ini itu ya, istirahat ya, dll. Mana ada dokter memerintahkan kita,sapa diaaaaa??? ^^ Kembali ke kita masing-masing kan? Kalo mau cepat sehat, ikutilah anjuran dokter tuh, kalo gak ya mongggooooo.....
Yang memberikan PERINTAH adalah  TUHAN kita, Raja kita, Pemilik Hidup kita, Penyelamat kita, Pencipta kita boooo....bukan sekedar dokter or manusia!

Seringkali aku tawar menawar saat TUHAN minta aku mengasihi seseorang (apalagi seseorang yang menyakitiku).Gilo yaaaa....!!!
Betapa beraninya kamu Meg!
Emang TUHAN mengasihiku, Dia adalah sahabatku, kekasihku, sekaligus BAPAku yang baik...

TAPIII.....Bagaimana  bisa aku lupa kalo Dia adalah RAJAku?
Di kerajaan manapun, mana ada seseorang yang tawar-menawar saat Rajanya memerintahkannya melakukan sesuatu.
Kagak usah jauh-jauh, kalo bosku di kantor menyuruhku melakukan sesuatu, mana berani aku tawar-menawar, lah iniiiiii...sama TUHAN kok tawar-menawar, pake bilang nati segala, ato gak usaaahhhh???Beraninyaaaaa....!!! *sigh*
Bagaimana mungkin pula aku melupakan kalo TUHAN adalah penciptaku? Jika Dia murka, dengan firmanNya pun Dia bisa meniadakan aku.
Dan....Dia adalah TUHANku, yang layak mendapatkan hormat dari segala ciptaanNya.
Rupanya selama ini aku TIDAK MENGHORMATI Tuhan, melupakan SIAPA Dia sebenarnya.

Saat aku mengabaikan perintahNya, ato tawar-menawar denganNya, aku sedang TIDAK MENGHORMATI Tuhan. Duhhh....Sedihhh....T_T
“Tapi kan TUHAN juga BAPAmu Meg, walopun Dia Raja dan TUHANmu, Dia juga BAPAmu loooo, gak perlu sesedih itu donggggg....”
Dannn.....saat sisi lain diriku mencoba menghiburku seperti itu, lagi-lagi aku diingatkan sesuatu,”Orang  tua mana di dunia ini yang gak berhak mendapatkan hormat dari anak-anakNya?Bahkan jika itu ‘hanya’ karena Allah memerintahkan demikian?” .
Jadi mikir lagi, perintah ke-5 Tuhan yang bilang “Homatilah ayah dan ibumu...”, itu dalem banget loooo....Saat ini seperti TUHAN berbisik gini:
“Jika ayah ibumu yang tidak sempurna di dunia ini demikian sangat kau hormati, bukankah terlebih lagi kamu harus menghormati AKU, BAPAmu yang sempurna dan TUHANmu, Rajamu, Meg?”
*tertunduk*

Seperti orang tua manapun di dunia akan merasa gak dihormati ato gak dianggap saat kita mengabaikan perintah dan laranganNya, seperti itulah yang dirasakan TUHAN.

Aku sering berulang kali mengingatkan diri sendiri sewaktu menolak mengasihi orang-orang tertentu gini,”Katanya mau mengasihi Megggg, jangan ditekuk dunk mukamu.....”. Inilah susahnya punya wajah yang ekspresif, kesel, senang, semua kelihatan jelas T_T Benar-benarlah aku butuh pertolongan Tuhan, untuk mengasihi mereka yang nampaknya sulit dikasihi ini. Kalo dibilang musuh ma ngga sihhh, gak berasa punya musuh kok aku. Tapi dunno why, ada tipe-tipe orang yang aku males buat dekat-dekat, berasa gak nyaman, dan susah rasanya mengasihi dia. Alias do love buat dia. Susaaaaahhhhh.....

Dan sekarang, saat aku menolak mengasihi ato sulit mengasihi seseorang, aku diingatkan gini:
“Ayo Meg, kasihi dia, hormatilah TUHAN....”
Karena menaati perintahNya berarti menghormatiNya.
Mengasihi orang lain berarti kita sedang menghormati TUHAN.
Tidak mengasihi berarti....well, you know lahhh....*sigh* ^^’

TUHAN, aku mau menghormatiMu dengan mengasihi orang lain, gak peduli gimanapun perasaanku pada orang lain, gak peduli apapun yang dilakukannya, aku mau belajar mengasihinya, sama seperti Kau telah mengasihiku dan dia. Ajari aku Tuhan, mampukan aku mengasihinya dengan kasihMu, karena kalo dengan kasihku, aku gak mampu. Bahkan saat aku gak mau mengasihinya, paksa aku Tuhan, ingatkan aku ya Tuhan, karena aku mau memilih tetap menghormatiMu, karena Kau dihormati saat aku taat pada perintahMu. Aku menghormatimu ya TUHAN. Amin


Kasongan, 2 Agustus 2012
-Mega Menulis-


Wednesday, August 1, 2012

(Lagi) Menghapal Ayat (dan Surprise dari TUHAN) ^^V


Ayat-ayat bertemakan kasih bakal mewarnai hari-hariku selama sebulan ke depan, aku bakal memikirkan tentang kasih, menghapal ayat-ayat kasih (bukan ayat-ayat cinta,hahahaha, bergaul dengan kasih, mempraktekkan kasih, dan hidup dalam kasih. Inti ne kayak yang Dhieta bilang lah, bulan Agustus ini bakal jadi August in Love, loveeeee...melulu, hahahaha. Malahan, bacaan saat teduhku adalah pasal dimana terdayat ayat yangb aku hapalkan hari itu ^^V

Jadi, tadi pagi, setelah sate, dan menatapi (bukan meratapi :p) kartu ayat hapalanku, sambil beberapa kali komat-kamit, aku berpikir kalo ayat hapalan ini lumayan panjang juga ya.....Lihat nih:
blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs