Wednesday, August 1, 2012

(Lagi) Menghapal Ayat (dan Surprise dari TUHAN) ^^V


Ayat-ayat bertemakan kasih bakal mewarnai hari-hariku selama sebulan ke depan, aku bakal memikirkan tentang kasih, menghapal ayat-ayat kasih (bukan ayat-ayat cinta,hahahaha, bergaul dengan kasih, mempraktekkan kasih, dan hidup dalam kasih. Inti ne kayak yang Dhieta bilang lah, bulan Agustus ini bakal jadi August in Love, loveeeee...melulu, hahahaha. Malahan, bacaan saat teduhku adalah pasal dimana terdayat ayat yangb aku hapalkan hari itu ^^V

Jadi, tadi pagi, setelah sate, dan menatapi (bukan meratapi :p) kartu ayat hapalanku, sambil beberapa kali komat-kamit, aku berpikir kalo ayat hapalan ini lumayan panjang juga ya.....Lihat nih:
Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Yohanes 13:34

Maklumlaaaahhh.....Lama gak menghapal kan, jadi ginian berasa panjang aja, padahal dulu ma yang lebih panjang dari ini juga hapal (sombong dikiiiiitttt aja ^^’). Eh, jadi teringat sesuatu, dulu zamannya di KAMBIUM, kami disuruh ngapalin ayat ini, salah satu ayat Jaminan Keselamatan:
dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Yohanes 10:28-29

Aje gileee, panjang amir kan?
Tapi kami hapal loooo....Ayo tepuk tangan…..!!!
*dan suara tepuk tangan membahana menggelegar ^^V
PLOK…..PLOK….PLOK…..
Believe it or not, sampai sekarang aku masih hapal looo…
Jadi, rahasianya adalah MENGULANG dan MENGULANG..yeeee…ini ma semua orang tahu lah ya. Becanda. Jadi gini caranya cupaya cepat hapal, simak baek-baek ya nakkk…:p

Tuliskan huruf awal dari tiap kata yang ada di ayat yang super panjang itu pada sebuah kertas, sehingga bakal jadi gini:
d A m h y k k m
d m p t a b s s
d s t a m m d t
B, y m m k, l b d s
d s t d m m d t B
Yohanes 10:28-29

Beberapa kali membaca ayat tersebut secara lengkap, kemudian membawa kertas berisi huruf-huruf awal yang gak jelas itu :p Ternyata sangat menolongku untuk cepat menghapal lo dulu….^^ Cobain deh…

Hari ini aku mencoba melakukannya lagi, berhubung aku dah punya kartu ayat yang aku print kemaren, di balik kartu ayat hapalanku, aku menulis huruf-huruf awal dari ayat yang aku hapalkan hari ini. Sehingga, untuk menghapalkan, aku akan melihat huruf-huruf yang nampaknya tak berarti tadi, tapi kalo lupa, baru deh tinggal balik lihat ayat lengkapnya ^^V

tampak depan

tampak belakang

O, iyaaaa…supaya gak asal menghapal, dan lebih dalam mengerti firmanNya, aku baru kepikiran, aku bakal MENDENGAR PASAL lengkap yang berisi ayat hapalanku tadi. Baru kepikiran juga sihhhh ini tadi, makanya aku juga baru donlot nih audio bible kitab Yohanes dari sini  Sebelumnya aku dah donlot beberapa kitab sih, tapi baru ini aku donlot yang Yohanes , aku mau dengarkan Yohanes 13 sepanjang hari ini ^^V Kebiasaanku beberapa minggu ini, aku suka mendengarkan firTu kalo mau tidur ato pas lagi di kantor, nah…..supaya gak mengganggu orang lain, aku pake headset ^^V Aku simpan filenya di hapeku,jadi kapan aja bisa dengar firman ^^ Biasanya sih aku pilih pasal tertentu untuk aku dengarkan berkali-kali sepanjang harinya. Kalo bulan ini sih bergantian Mazmur dan Amsal sesuai tanggal, jadi tanggal 31 dengerin Mazmur 31 ato Amsal 31 berulang-ulang, hehehe….Kebiasaan ini timbul karena, terkadang aku capek membaca, lagipula kalo membaca kan mesti fokus gak bisa disambi ngapain. Nah, kalo mendengarkan kan beda, bisa sambil kerja, sambil tiduran, sambil ngapain juga bisa ^^

Barusan aku juga ngeprint ayat hapalanku, dan aku taruh di bawah kaca meja kerjaku, hehehehe, jadiii....
Ada ayat kasih di sakuku...
Ada ayat kasih di telingaku....
Daaaann.....ada pula ayat kasih di meja kerjaku....^^V
Ada kasih dimana-mana
Huaaaaa....!!! So exciting....\(”,)/
Sungguh aku berdoa supaya apa yang aku lakukan bersama teman-temanku ini (menghapal ayat) boleh jadi sarana untuk aku deeper in love with GOD, to know Him and make Him known.

Daaaannnnn….pagi-pagi GOD gives us surprise.  Kenapa aku bilang kita?
Karena aku tahu surprise ini gak Cuma buat aku, tapi juga buat kalian semua teman-teman yang ikutan proyek  ini. Ini surprisenya, baru aja seorang kawanku, Pdt. Happy Seviana Undas mengirimkanku SMS yang bunyinya:
DISIPLIN adalah jembatan antara cita-cita dan pencapaian. (Jim Rohn)
”Itulah sebabnya kita berjerih dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepeda Allah yang hidup...” 1 Tim 4:10
Selamat beraktivitas dalam disiplin.TYM

Huaaaaa......!!!!! Keren kan? TUHAN kita memperhatikan apa yang kita kerjakan loooo....Sampai-sampai Dia beri peneguhan gitu buat kita semua. Si Happy mana tahu apa yang sedang aku ato kita kerjakan, wong dah lama kami gak kontak, dia juga gak aktif di FB, aku juga gak tahu dia baca blogku apa gak. Yang aku yakini, gak ada yang kebetulan. TUHAN pake dia kirim pesan itu buat kita semua....Aku terharu T_T Bahkan menuliskan ini pun, mataku dah berkaca-kaca, TUHAN YESUS baek bangetttt...Hari pertama kita melakukan proyek ini, dan Dia kasi semangat bilang kalo jerih payah kita ini gak bakal sia-sia. That is His promise \(”,)/

Aku SENNNNAAANNNGGGG.....!!!
Sukacitaku melimpah ^^V
Mari teman-teman, kita jalankan proyek ini dengan sukacita, karena TUHAN YESUS perhatikan kita, karena Dia disenangkan saat kita melakukan ini.
Selamat menghapal yaaaa...!!! ^^
 Tuhan Yesus memberkati.

Kasongan, 1 Agustus 2012
-Mega Menulis-