.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, May 30, 2013

Sabar Ya.....



Patar pernah bilang gini:
“Sabar adalah jalan keluar bagi orang yang tidak punya jalan keluar.”

Waktu itu kalo gak salah kami lagi ngomongin tentang pergumulan kami mendapat pekerjaan, ato menanggung apa yang harus kami tanggung. Aku lupa persisnya keadaan apa yang kami alami. Tapi inti ne adalah SABAR menjadi satu-satunya yang bisa kita lakukan. Pokoke dah, gak bisa ngapa-ngapain deh, makanya sabar aja.

Sering banget kan kita dengar ucapan,”SABAR AJAAA....” diucapkan seseorang untuk menghibur ato menenangkan seseorang yang dalam pergumulannya. Karena gak tahu lagi harus bilang apa. Karena gak ngerti lagi harus ngasih saran apa. Karena  belum pernah mengalami pergumulan yang sama, ujung-ujungnya jadi bilang, “SABAR YAAA....bla bla bla bla (ini ditambahkan sesuai kreativitas masing-masing ^^V)”.

Penggunaan kalimat “SABAR YA....” ini bisa digunakan dalam berbagai situasi dan diucapkan kepada siapa aja yang sedang mengalami berbagai hal, sebagaimana berikut:
-Saat seseorang menanti-nantikan pertemuan dengan orang lain
-Saat kehilangan orang yang dikasihi
-Saat mengantri di loket
-Saat mengalami permasalahan yang berat
-Saat gak punya uang
-Saat bos di kantor menyebalkan
-.....(ada yang mau menambahkan?:p)

Semua orang bisa tuh nampaknya terlihat sabar. Gimana lagi kalo gak bisa ngapa-ngapain, ya udah sabar aja, berdiam sampai keadaan berubah. Benarkah sabar yang demikian?
Aku penasaran dan mencoba mencari definisi sabar, dan kudapati di sini 
adjective
1. 1 tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati); tabah: ia menerima nasibnya dng --; hidup ini dihadapinya dng --; 2 tenang; tidak tergesa-gesa; tidak terburu nafsu: segala usahanya dijalankannya dng --;
ber·sa·bar v bersikap tenang (tt pikiran, perasaan): hendaknya kita - dl menghadapi cobaan hidup;
me·nya·bar·kan v menenangkan perasaan (pikiran dsb); menenteramkan hati: sebaiknya kita - kedua orang yg sedang bertengkar itu;
ter·sa·bar a paling tenang (tidak mudah putus asa, marah, jengkel, dsb): ia termasuk gadis - di antara teman-temannya sekelas;
mem·per·sa·bar v menjadikan lebih sabar (tabah, tenang);
pe·nya·bar n orang yg bersikap tenang (tidak terburu nafsu dan tidak lekas marah): seorang - biasanya tidak cepat marah krn persoalan kecil;
ke·sa·bar·an n
ketenangan hati dl menghadapi cobaan; sifat tenang (sabar): ia pun akan kehilangan -nya apabila diperlakukan tidak adil dan melampaui batas
source: kbbi3


Definisi kesabaran yang paling mengena buatku:
ketenangan hati dl menghadapi cobaan

Sabar bukan hanya tentang bagaimana kita tahan menghadapi suatu keadaan sih buatku, karena kan bisa aja tuh kita emang gak bisa ngapa-ngapain, lalu bertahan, dan menanti keadaan berubah TAPIIII....kita punya hati yang mengeluh, merengek, menangis dan masih grasak-grusuk. Belum lagi kalo ternyata sikap kita dalam menanti perubahan terjadi mulai menyebalkan. Apakah ini bisa disebut sabar?

Kupikir benar, semua dimulai dari hati. Sikap bisa tuh berubah-rubah sesuai keadaan (macam bunglon aja), karena sikap kita seringkali adalah respon dari apa yang terjadi di sekeliling kita. Tapi kalo hati kita beneran tenang, apapun yang terjadi di sekeliling kita, gak akan banyak mengubah sikap kita. Karena bener kok, hati yang tenang sanggup menanggung apapun. Pantes aja ya di Alkitab dibilang untuk menjaga hati dengan segala kewaspadaan (Amsal 4:23), ckckckckck.

O, iya, dalam studi kata sabar dalam SABDA , kudapati hal-hal ini, bagus banget nih buat bible study tentang sabar dan kesabaran ^^

Sabar, Kesabaran [pedoman]

1. Allah adalah sumber - .Rom 15:5
2. Kristus, contoh - .Yes 53:7; Kis 8:32; Mat 27:14
3. Diwajibkan.Tit 2:2; 2Pet 1:6
4. Biarlah - memperoleh buah yang matang.Yak 1:4
5. Ujian menghasilkan - kepada orang-orang kudus.Rom 5:3; Yak 1:3
6. Menimbulkan:
6.1 Tahan uji.Rom 5:4
6.2 Berpengharapan.Rom 15:4
7. Menderita dengan - karena berbuat baik adalah hal yang memperkenan Allah.1Pet 2:20
8. Dilatih dalam:
8.1 Perlombaan yang diwajibkan bagi kita.Ibr 12:1
8.2 Mengeluarkan buah.Luk 8:15
8.3 Berbuat baik.Rom 2:7; Gal 6:9
8.4 Menantikan Allah.Mazm 37:7; 40:2
8.5 Menantikan Kristus.1Kor 1:7; 2Tes 3:5
8.6 Menantikan pengharapan di dalam Injil.Rom 8:25; Gal 5:5
8.7 Menantikan pertolongan Allah.Rat 3:26
8.8 Memikul kuk.Rat 3:27
8.9 Kesesakan.Luk 21:19; Rom 12:12
9. Perlu untuk mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.Ibr 6:12; 10:36
10. - terhadap semua orang.1Tes 5:14
11. Orang yang mempunyai kekuasaan harus - .Mat 18:26; Kis 26:3
12. Pelayan-pelayan Tuhan harus berusaha dalam - .1Tim 6:11
13. Pelayan-pelayan Tuhan diperkenan karena - .2Kor 6:4
14. Harus disertai dengan:
14.1 Kesalehan.2Pet 1:6
14.3 Penguasaan diri.2Pet 1:6
14.4 Kesabaran.Kol 1:11
14.5 Sukacita.Kol 1:12
15. Orang-orang kudus dikuatkan untuk ber - .Kol 1:11
16. Dipuji.Pengkh 7:8; Wahy 2:2,3
17. Dilukiskan dalam.Yak 5:7
18. Contoh-contoh orang yang - :
18.1 Abraham.Ibr 6:15
18.2 Ayub.Ayub 1:21; Yak 5:11
18.3 Para nabi.Yak 5:10
18.4 Paulus.2Tim 3:10
18.5 Simeon.Luk 2:25
18.6 Yohanes.Wahy 1:9

Akhir kata, sabar yaaa....^^V

Kasongan, 30 Mei 2013
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs