.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, July 17, 2013

Wisdom in Book Hemat dengan Kartu Kredit



Judul Buku                   : Hemat dengan Kartu Kredit
Penulis                         : Erry Kurniawati
Jenis Buku                   : Keuangan
Penerbit                      : B-First
Dibeli di                       : Gramedia di Duta Mall Banjarmasin

Resensi
“Hemat dengan Kartu Kredit” adalah buku lain mengenai keuangan yang aku baca tahun ini, karena memang aku gak pernah punya kartu kredit, aku mencoba memahami untung dan ruginya. Dan well,buku ini cukup memberikan pengetahuan yang kuperlukan. Penulisnya, Erry Kurniawati menjelaskan tentang kartu kredit menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami. Berbagai permasalahan saat memiliki kartu kredit dipaparkannya, baik berdasarkan pengalamannya sendiri maupun pengalaman kenalannya. Penggunaan kartu kredit, bisa jadi mendatangkan keuntungan bila kita cerdas dan mampu memanfaatkan fasilitas yang diberikan bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut, namun jika tidak hati-hati, kita akan mudah dililit hutang, karena pada prinsipnya, hutang ini harus kita bayar, dan jika tidak dibayar, ada bunga yang akan semakin berbunga. Di buku ini dijelaskan keuntungan dan kerugian menggunakan kartu kredit. Dan jika kita bisa memaksimalkan penggunaannya, memiliki kartu kredit tidak semengrikan yang kita bayangkan sebelumnya.


Hikmat
Sejujurnya, aku gak pernah punya keinginan untuk punya kartu kredit, karena punya pendapat pribadi kalau kartu kredit adalah kartu berhutang :p Namun, setelah berkenalan dengan prinsip “Tidak membenci sesuatu yang gak aku pahami”. Aku mencoba memahami kartu kredit ini, dan aku baru tahu, ada berbagai keuntungan yang bisa kita dapatkan bila memiliki kartu kredit, misalnya, jika kita memakai untuk modal usaha, maka bunga yang dibebankan tentunya akan dapat kita bayar dengan hasil dari usaha yang dilakukan. Demikian pula, aku juga baru tahu kalau dengan kartu kredit kita bisa melakukan pengambilan tunai (ndeso banget ya aku?hahahaha). Emang tetap dikenai bunga sih ^^ Belum lagi, bank penerbit menawarkan berbagai hadiah untuk poin yang kita kumpulkan untuk setiap gesekan yang kita lakukan :p Tak jarang pula, jika bank penerbit bekerja sama dengan restoran atau toko tertentu, maka kita akan emndapatkan diskon jika menggesek di sana. AKU BARU TAHU....Hahahahaha....

Aplikasi
Pada akhirnya, menggunakan kartu kredit atau tidak menurutku adalah pilihan masing-masing orang. Dan selama kita memiliki informasi yang cukup mengenai konsekuensi pilihan kita, gak masalah, kan kita sendiri yang akan menanggungnya. Secara pribadi, saat ini aku memilih tidak memiliki kartu kredit ini. Aku belum membutuhkannya kok, buat apa punya kalo Cuma buat gaya-gayaan :p No lah...!!

Sempat juga sih tergoda yang bagian bisa pinjam tunai atau belanja untuk modal usaha tadi, tapi dipikir-pikir, ngga dulu deh...nampaknya masih lebih murah bunga gadai emas. Gubrakkksss :p O,iya bagian dapat hadiah kalo poin terkumpul banyak dan makan hemat kalo dengan kartu kredit di restoran yang bekerja sama dengan bank penerbit itu juga sempat menggodaku, hahaha. Dan kupikir-pikir lagi, itu sih bukan hemat namanya, secara, kita yang awalnya gak mau belanja ato gak mau makan di restoran itu jadi terpancing menggesek karena kata DISKON. Hemat apanya, wong kalo gak ada tu kartu pasti kita gak belanja ato makan disitu kan?

Jadi, aplikasi dari membaca buku ini adalah, saat ini saya memang meneguhkan diri untuk gak punya kartu kredit, hahahaha ^^V

Kasongan, 17 Juli 2013
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs