.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, September 12, 2013

Semper Fi



Di episode keluarnya karakter Jethro Gibs dari NCIS, dia mengucapkan kalimat yang membuatku penasaran, karena sebelumnya seniornya yang bernama Michael Franks juga mengucapkan kalimat yang sama sebelum meninggalkan NCIS. Kalimat itu adalah:
SEMPER FI


O,iya buat yang gak tahu, aku cerita dulu ya, hehehehe.  NCIS adalah singkatan dari Naval Criminal Investigate Service, sebuah agensi federa yang bertugas menyelidiki kejahatan di kalangan marinir  Amerika. Nah, aku mengikuti tayangan serial berjudul NCIS di FOX , hohoho. Jadi, hari ini aku baru saja mendengar kalimat “SEMPER FI”, berhubung penasaran segera deh tanya Om Google, dan di Wikipedia dapat deh pencerahan, see this:
Semper Fidelis is Latin for "Always Faithful" or "Always Loyal." Well known in the United States as the motto of the United States Marine Corps (and often shortened to Semper Fi in Marine contexts), Semper Fidelis has served as a slogan for many families and entities, in many countries, dated no later than the 16th century. Within the groups below, users are listed in chronological order according to when they are believed to have adopted the motto; however, in many cases dates of adoption are not well established.

Jadi, Gibs yang sebelum jadi penyelidik di NCIS sebelumnya adalah seorang marinir/angkatan laut Amerika, dan ternyata ‘SEMPER FI’ adalah motto marinir. Marinir selalu setia, setia sama negaranya, setia sama kawan seperjuangannya. Well, jadi ingat ada juga adegan di sebuah film perang yang aku tonton, dimana para tentara itu berkata tidak akan pernah meninggalkan rekannya, rekannya yang luka sampai digendongnya di tengah peperangan. Ada juga adegan lain, prajurit yang tertangkap musuh tapi saat disiksa pun tetap tidak mau membongkar rahasia pasukannya. Motto itu gak sekedar motto, tapi bener-bener jadi pegangan mereka, mereka bertekad “SELALU SETIA”, setia pada bangsa dan negara, setia pada negaranya.

Bagaimana dengan kita yang mengaku orang Kristen, apakah ‘SEMPER FI’ juga menjadi motto kita?
Apakah kita pengikut Kristus yang setia?
Setia dalam hal apa Meg?
Macam-macam

Melayani Tuhan...
Memberikan perpuluhan...
Bersaksi...
Saat teduh...
Bekerja...
Menyimpan rahasia...
Melakukan pekerjaan...
Membaca Alkitab...
..... (tambahkan sendiri yeee.... ^^’)

Firman Tuhan berkata demikian:

"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Lukas 16:10

Dalam segala hal, even, yang kecil sekalipun, kita dituntut untuk setia. Karena bagaimana kita bisa setia dalam perkara yang besar jika yang kecil aja gak setia. Omong kosong banget kan. Kesetiaan kita teruji dalam perkara kecil. Jika dari hal yang kecil aja kita gak bisa dipercaya, siapa yang berani jamin dalam perkara besar kita dapat dipercaya.

Zaman sekarang susah banget menemukan seseorang yang setia.Saking susahnya, sampe-sampe dari seorang kenalanku (cewe nih) terucap kalo kriteria pria yang dia inginkan menjadi pasangan hidupnya hanyalah setia,”Yang penting setia”. Seolah-olah kesetiaan menjadi barang yang sangat langka saat ini.

Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? Amsal  20:6


Eh, dipikir-pikir bener juga ya, misal nih aku mendapat cerita dari seseorang adek kalo dia tertarik dengan seorang pria.  Waktu ditanyakan apa yang membuatnya tertarik, jawaban standar yang sering aku terima dari para abg adalah: “Dia baek banget kakkk...”, sama wae *sigh*
Tuh kan, STD bangetttt...
Mana ada yang langsung bilang,”Dia setia lo kak...”

Artinya, kita gak akan tahu kesetiaan seseorang dalam pengamatan sesaat. Kesetiaan adalah proses perjuangan seumur hidup, menjadi setia dalam setiap hal yang dipercayakan pada kita itu bukan perkara gampang. Mudah untuk melakukan kebaikan dan mendapat penilaian ‘baik’ dari orang lain. Tapi kesetiaan? Huaaa....gak gampang!

Yang bilang gampang siapa Meg? :p
Tapi gak gampang bukan berarti gak bisa kan?
Hohohoho. Jadi masih ada harapan untuk menjadi setia.
As long as kita melekat pada Dia yang setia, percayalah, kita dimampukan untuk setia.
Always loyal.
Always faithful.
SEMPER FI ^^

Kasongan, 10 September 2013
-Mega Menulis-



No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs