.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, January 4, 2014

Review Resolusiku di Tahun 2013

Di awal tahun 2013 kemaren aku membuat resolusi untuk tahun itu. Dan kali ini aku mau mereviewnya. Malu banget sebenarnya bikin review gini. Secara,banyak yang gatot alias gagal total. Tapi gak papa lah,hitung-hitung pembelajaran. Jadi kalo bikin resolusi jangan kebanyakan,huahahaha. Gak deng, ini bukan masalah sedikit banyaknya. Ini tentang berdisiplin terhadap komitmen yang dibuat sendiri. Dan aku gak disiplin. Pelajaran juga buatku,untuk melakukan review gak cuma setelah setahun berlalu. Tapi seperti laporan yang triwulan,mungkin aku perlu buat reviewnya tiap triwulan ato kapan perlu sebulan sekali,untuk menjaga jangan sampai kebablasan melewatkan banyak hal.

Oke,ini reviewku :
1.Hubungan Pribadi
dengan Tuhan
- Saat teduh setiap pagi pukul 05.30-06.00 WIB
Saat teduhku gak setiap hari. Kalo dah dinas dan kecapean,fiuhhh...lewat memang. Parah. O,iya...waktunya di pagi hari pun nampaknya harus direvisi tahun ini. Aku mengusahakan bangun jam 4.30 sekarang.Karena kudapati emang terlalu mepet dengan jam ngantor yang jam 7 dah harus apel pagi.
- Baca Alkitab full setahun setiap malam minimal 6 pasal menuliskan jurnal, dan mempostingkannya di blog setiap hari Kamis.
Pembacaan terhenti di Mazmur. Super parahhhhh....Dan untuk ngeposting jurnal pembacaan Alkitab di blog jelas-jelas gak jalan.
- Menjalankan proyek menghapal ayat setiap hari berdasarkan tema
tertentu tiap bulannya
Menghapal ini blas gak jalan karena aku blom juga membuat daftar ayat hapalanku yang berdasarkan tema tertentu. Aku mau mencoba tahun ini per minggu aja! Yang ini berarti aku harus segera buat daftar ayatnya. Segera setelah memposting tulisan ini,aku mau mencari ayat-ayat untuk aku hapalkan.
- Membuat jadwal doa syafaat dan didoakan setelah Saat Teduh dan malam setelah pembacaan Alkitab
Ini masih berlangsung, tapi ya ujung-ujungnya gak pake jadwal. Biasanya sih kemaren malah berdoanya sebelum tidur.
- Berpuasa setiap hari Senin
Aku kadang berpuasa,kadang ngga. Tentu saja banyak nggaknya #sigh.
2. Hubungan dengan Keluarga
- Pulang ke rumah mamah di Palangkaraya minimal sebulan 2x (sejak ada rumah di Kasongan,
terkadang males pulang)
DONE
- Jalan-jalan berdua dengan adikku Ruri min.sebulan sekali
(makan, nonton, nganterin kemana, dll)
DONE
- Menelepon adikku yang cowo, eyang, tambi, mamah, dan keluarga lain paling gak seminggu
sekali (seminggu sekali daftarin talkmania khusus buat keluarga, bukan Cuma buat teman)
Nelepon tambi yang jarang aku lakukan,penyebabnya karena ternyata pendengaran tambi agak terganggu.Jadi bingung deh kalo nelepon. Dah berasa tereak-tereak di sini. Eh...tambinya malah bilang gak dengar melulu.
3. Kehidupan Rumah Tangga
- Memasak sendiri untuk di rumah dan tidak membeli makanan jadi di luar lebih dari 3x dalam seminggu
DONE
- Membuat dapur untuk rumahku
DONE
- Spesial mengurus kebun tiap hari Rabu dan Jumat
Ini kebun dah parah gara-gara kemaren bikin dapur,banyak material yang ditumpuk di situ,dan dapurku ternyata makan tempat yang bagian dari kebunku. Jadi sekarang malah aku gak punya kebun mini lagi. Paling tinggal beberapa pot dan tanaman.
4. Kehidupan Pribadi
- Berolahraga rutin, jalan kaki/lari minimal seminggu 3x (Selasa,
Kamis, Sabtu)
GAK ADAAAAA....hahahaha. Aku dah tepar kalo pulang kantor. Nampaknya harus diganti nih olahraga outdoor jadi indoor, entah sit up ato BL di rumah :p
- Membaca minimal 2 buku baru tiap bulan (gak mesti beli, nyewa di rental atau pinjam pun jadi)
DONE. Tahun kemaren yang gak niat beli buku,malah Tuhan kasi kesempatan beli beberapa buku.
- Menambah vocabulary dan SENGAJA dihapalkan 2 kata/hari
Kagak jalaaaannnn....!!!!
5. Kehidupan Pelayanan
- Pelayanan SMS renungan harian (sempat terhenti beberapa waktu
yang lalu, tapi aku mau memulainya lagi)
Hapeku rusak,malahan banyak nomor teman yang hilang,jadi gak bisa sms lagi. Nampaknya pelayanan ini stop deh.
- Aktif sebagai admin di
LittleFlocks http://
www.facebook.com/
groups/LittleFlocks/
members/, LF ini salah satu grup di FB yang dibentuk temanku sebagai wadah share untuk saling
meningkatkan pengetahuan dan
menguatkan iman.
Gak jalan juga.
- Menyediakan sehari dalam sebulan khusus untuk kontak dan
menghubungi adek-adek KTBku yang nun jauh di mato, khusus tanya-tanya kehidupan mereka, dan berdoa bareng dengan
mereka.
Jujur. Aku lupa kalo keep contact dengan adek-adek KTBku termasuk resolusiku di tahun 2013 kemaren #sigh
- Aktif menulis di blogku pribadi,mempostingkannya minimal 3x dalam seminggu dan menulis 1
artikel di setiap edisi baru
Majalah Pearl
DONE
6. Keuangan
- Disiplin perpuluhan
DONE.Aku suka memberi dengan keteraturan. Dan memang salah satu cara aku lebih berdisiplin dalam hal ini adalah dengan share komitmenku ke orang lain,karena ia dapat mengingatkanku akan komitmenku. Heyyyy....ini nampaknya salah satu cara menjaga komitmenku. Aku perlu sharing ke seseorang yang cukup mengasihiku untuk mengingatkan dan menegurku sewaktu aku mulai melupakan komitmenku.
- Menyelesaikan semua hutang tahun ini (kredit motor, karpet, panci,huahahaha, dll dah).
Tahun 2013 adalah tahun bebas hutang (selain kredit rumah ^^V).
DONE. Yes. Aku gak punya kreditan lain tahun ini selain kreditan rumah,hohohoho.
- Tidak lagi membeli barang konsumsi dengan cara kredit, kalo ingin beli barang, menabung,
jangan memaksakan diri beli yang gak sesuai kemampuan. Kalaupun
membeli kredit, hanya yang bernilai investasi (emas, tanah)
DONE.
- Menggunakan minimal 20 % uang yang didapat dari perjalanan dinas untuk menabung di tabungan yang tidak ber- ATM atau membeli emas.
DONE.
- Mempunyai penghasilan di luar gaji (berjualan pulsa, pakaian,kue, dll).
DONE
Mereview resolusi yang kubuat tahun kemaren, aku menemukan resolusiku yang berkaitan dengan disiplin rohani yang banyak kulalaikan.  Sedangkan yang lain,masih mendinglah. Apalagi yang berkaitan dengan hal keuangan, padahal kalo secara logika,kalo dihitung-hitung berkat keuangan yang aku dapat di tahun 2012 dan tahun 2013 tuh beda banget, hal ini aku lihat dari jumlah perjalanan dinas yang aku dapat,hahahaha. Tapi, tahun 2013 aku dapati berkat Tuhan cukup,bahkan berlimpah. Yang aku kira,kalo aku bakal puasa beli buku pun, ternyata aku diberiNya berkat untuk membeli buku. Yang gak pernah aku pikir dan rencanakan untuk berlibur ke Bali pun,ternyata Tuhan berikan, dengan biaya minim pulak. Yang bikin amaze lagi, Tuhan berikan aku dapur di tahun 2013, salah satu dari 10 things before 30ku,padahal kalo di awal tahun aku disuruh mikir darimana uangnya aku gak tahu looo....
Pantas saja ya Tuhan Yesus bilang:
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.Matius 6:33
Membuat resolusi dan mendapati dalam banyak hal aku gagal cukup membuatku jera. Ngapain bikin resolusi lagi kalo aku gagal,gitu pikirku, hehehe. Tapi bagian diriku yang lain gak terima. Resolusi yang aku buat baek kok, kalo itu gak terlaksana,berarti aku harus belajar. Apa yang membuatnya gak terlaksana? Kalo itu masih dalam kendaliku, dalam artian, kelalaian dan kemalasanku yang membuatnya gak terlaksana,berarti aku harus lebih bertekun. Sedangkan kalau faktor lain di luar diri sendiri yang membuatnya gagal,berarti aku harus belajar menerima,kalau ada hal-hal yang gak bisa aku kendalikan. Mesti belajar realistis juga.
Jadi kabar baiknya adalah aku akan tetap membuat resolusi di tahun 2014 ini,hahahaha, yang tentunya akan aku bagikan lagi nanti. Dengan harapan ada yang akan mengingatkanku juga nantinya saat aku mulai melupakan komitmenku :)
Kasongan, 4 Januari 2014
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs