.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, July 1, 2015

Kurikulum Homeschooling



#NulisRandom2015
Hari ke-30

Sejak mengenal Ci Lia, Grace dan Ci Shinta, jadi penasaran tentang homeschooling, jam istirahat iseng ngetik di searchnya google : ‘kurikulum homeschooling di Indonesia’, eh nyampe deh di situs Rumah Inspirasi yang lumayan menjawab pertanyaanku pribadi tentang gimana kurikulum untuk homeschooling. Pemilik situs ini menuliskan pengalamannya homeschooling anak-anaknya. Lumayan dah buat referensi bagi yang punya rencana pengen homeschooling anak ngubrek-ngubrek situs ini.

Di situ dibilang sih terserah keluarga mau mengacu ke kurikulum apa, mau nasional atau internasional, terserah. Bagian ini aku ambil dari postingan rumah inspirasi yang ini 
Keluarga bisa memilih homeschooling yang mengacu pada kurikulum nasional atau kurikulum lain, semisal kurikulum Cambridge IGCSE yang digunakan oleh sekolah-sekolah internasional di Indonesia.
Jika kurikulum nasional yang diacu, maka hanya ada satu jenis kurikulum yang dibuat oleh Depdiknas, yaitu kurikulum yang digunakan di sekolah-sekolah. Kurikulum inilah yang perlu diacu oleh keluarga HS/HE. Kurikulum sekolah ini dapat diperoleh di situs Pusat Kurikulum Depdiknas (Puskur). Ada juga materi kurikulum itu yang dijual di toko buku. Cara paling gampang dan praktis untuk mengetahui kurikulum nasional adalah dengan melihat buku-buku pelajaran yang digunakan anak sekolah.

Udah aku buka tuh PUSKUR , asli kagak ngerti :p Ntar deh dipelajari lebih dalam. Trus Iseng dong buka sana, buka sini, lupa dapat link dari mana, eh…nyampe ke sini:

Di situs ini aku bisa download buku pelajaran gratis, ASLI SERIUS BENERAN, aku dah coba download buku matematika kurikulum 2013 untuk kelas 7 :p *iseng amat yah* , Kenapa Matematika? Karena aku suka Matematika. Kenapa kelas 7? Karena entah kenapa, di buku SD gak ada buku Matematika *sigh*. Belum nyoba download dan explore ni situs, tapi alangkah asyiknya ya kalau punya anak ntar gak usah beli buku pelajaran, hahaha. Tinggal download, trus print, la…la…laaa….hemat kan? Kan? *emakpelit*

Di situs ini kita bisa MEMBELI buku-buku dengan kurikulum Cambridge IGCSE yang bisa dibeli untuk home schooling looo….

Ngemeng-ngemeng, ngapain kamu cari informasi tentang homeschooling? Pengen homeschooling-in anak-anakmu ya?
Hahahaha. Sedang belajar doang sih, baca-baca dulu, cari informasi. Walaupun kalau dipikir gentar juga mau HS, di Indonesia kan jarang banget HS. Kasihan pulak rasanya ya, anak laen pergi sekolah kok anakku malahan sekolah di rumah, apa dia gak ngiri dan bingung ya liat anak laen sekolah. Trus, takutnya jarang ketemu orang, ntar anak jadi kurang sosialisasi sama orang. Lagipula, aku kan kerja, kapan pulak mau HS-nya? Belum lagi, aku berasa gak bakat banget jadi guru, haiyaaaa…gimana mau ngajar ya ntar *sigh* Jadi salut betul sama guru-guru di sekolah. DANNNN…ini yang paling penting, punya anak aja belon, hahaha. Belum diskusi pula sama bapaknya anak-anak, setuju gak dia kalau anak-anak kami ntar HS. Yuhuuuu…beriman nih punya anak lebih dari satu, hohohoho ^^V Ya gitu deh, pokoknya lagi cari informasi aja dulu, kan gak ada salahnya ya belajar, terlepas ntar jadi apa ngga, ya to?

Kasongan, 30 Juni 2015
-Mega Menulis-








No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs