Saturday, February 25, 2017

Imamat 17-19, Kisah Para Rasul 18, Amsal 18

IMAMAT 17-19

Imamat 19:2 (TB)  "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus. 

Setiap memberi perintahNya, aku perhatikan kalau berulang kali Tuhan bilang: AKULAH TUHAN!
Bingung. Apa maksudnya ya?
Lalu pas baca ayat di ataa aku dapat pengertian begini, kalau Tuhan memerintahkan ini dan itu, kalau Dia melarang ini dan itu kepada bangsa Israel itu karena siapa Dia. TUHAN, Allahnya orang Israel, kudus makanya Dia ingin umat pilihanNya juga hidup dalam kekudusan. Dengan mengingat karakter Tuhan maka kita dapat taat pada segala perintah dan laranganNya karena apa yang diminta Tuhan untuk kita lakukan atau jangan lakukan menunjukkan karakter Tuhan.

Jangan mencuri! Tuhan Allahmu kudus, Dia  bukan pencuri makanya kamu juga gak boleh mencuri,kamu harus kudus karena Dia kudus.
Berbaiklah pada orang miskin orang asing! Tuhan Allahmu kudus, Dia  bermurah hati pada semua orang makanya kamu juga bermurah hatilah.
Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tuhan mengasihi manusia, makanya Dia ingin kita mengasihi manusia.
DLL.

Setiap perintahNya menunjukkan karakter Tuhan. Luar biasa ya Cara Tuhan menyatakan diriNya dan membuatNya dikenal.

Tuhan, aku bersyukur semakin kenal Tuhan lewat segala perintah dan larangan Tuhan ke bangsa Israel. Aku ingin makin kenal Tuhan lewat komitmen baca Alkitab ini Tuhan, sekalipun baca Imamat ini aku banyak bingungnya tapi aku mau tetap setia Tuhan. Tolong aku ya Tuhan. Amin

Kisah Para Rasul  18

Kisah Para Rasul 18:9 (TB)  Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!

Kenapa biasanya kita TAKUT memberitakan Firman?
-takut gak bisa memulai pembicaraan
-takut dibenci orang lain
-takut salah bicara
-takut suasana jadi canggung
-takut dianggap sok suci
-takut gak bisa melakukan
-dll
Tapi Firman Tuhan ke Paulus hari ini berlaku juga buatku! Jangan takut Meg! Teruslah memberitakan Firman dan jangan diam. Apapun resikonya, tetap beritakan Firman. Tirulah keberanian Paulus! Kamu gak pernah sampai mengalami yang dialami Paulus kan?

Tuhan, berikan aku keberanian untuk tetap memberitakan FirmanMu apapun resikonya. Tolong aku yang sering takut ini ya Tuhan. Amin

Amsal 18

Amsal 18:14 (TB) Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?

Bagaimana caranya supaya tetap semangat?
Punya pengharapan sama Tuhan.
Pengharapan di dalam Tuhan yang membuat kita dapat menanggung apapun.
Janji-janjiNya yang membuat aku tetap hidup.

Tuhan, aku mau menaruh pengharapanku di dalam Tuhan karena aku tahu aku gak akan dikecewakan. Ajar aku berharap hanya kepadaMu saja Tuhan.Amin

Kasongan,  18 Februari  2017
-Mega Menulis-

No comments: