.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, February 2, 2017

Kejadian 16-18, Yohanes 17, Amsal 17

Kejadian 16-18
Kejadian 16:2 (TB)  Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak." 

Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.
Kenapa Sarai memberikan IDE bodoh ini ke Abram?
Mungkinkah Abram gak menceritakan apa yang dikatakan Tuhan ke Sarai, tentang janji-janjiNya? Kenapa?
Apa karena Abram masih belum meyakini akan janji Tuhan sehingga dia gak membaginya dengan istrinya sendiri?
Lalu,kenapa Abram kok manut aja sama perkataan Sarai? Kemungkinan dia lupa janji Tuhan (tapi masa sih ya lupa, wong tiap hari dia liat pasir lalu malam dia liat bintang-bukankah Tuhan bilang keturunannya akan sama banyaknya dengan pasir Dan bintang) atau dia ga yakin (ini lebih mungkin sih) atau karena Sarai memaksanya (perempuan bisa jadi menjengkelkan kalau memaksa-maksa ).
Jawaban kenapa di atas masih kemungkinan-kemungkinan, tapi yang jelas Alkitab mencatat kalau Abram mendengarkan perkataan istrinya akibatnya Hagar hamil-Hagar jadi sombong Dan menghina nyonyanya-Sarai menindas Hagar-Hagar melahirkan.

Oh Tuhan, tolong aku supaya gak memberikan ide bodoh buat suamiku dan membuat kami keluar dari rencana Tuhan dalam hidup kami. Berikan aku hikmat dalam berkata dan berikan suamiku hikmat dalam bertindak. Tapi melampaui semua itu, mampukan kami untuk taat. Amin.

Kejadian 17:19 (TB)  Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.

Wowww...Baru sadar kalau ISHAK itu nama yang diberikan oleh Tuhan sendiri! ;)

Kejadian 18:11 (TB)  Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya dan Sara telah mati haid.

Tuhan memang ahlinya melakukan mukzizat. Dia melakukan kemustahilan dan menunjukkan kalau gak ada firmanNya yang gagal. Aku pernah melihat nenek-nenek berumur 50 tahun lebih hamil sewaktu aku periksa kehamilanku di RS tahun lalu, tapi aku yakin sih tu nenek masih haid. Lah ini??? Sara sudah gak haid lo,bagaimana caranya dia bisa hamil? Gak heran sih kalo Sara tertawa waktu dibilang bakal hamil,tahun depan lagi.

Aku bener-bener diingatkan lagi kali ini kalau Tuhan bener-bener berkuasa. firmanNya ya dan Amin. Semakin mustahil suatu keadaan, semakin besar hormat dan kemuliaan yang diterimaNya sewaktu FirmanNya terjadi. Bukan bagian kita memikirkan caranya saat Dia berfirman,Dia ahlinya.

Tuhan, ampuni aku yang sering kuatir tentang bagaimana caranya janjiMu terpenuhi,bukan bagianku memikirkan bagaimananya, bagianku adalah taat. Mampukan aku buat taat dan sabar menunggu janjiMu dipenuhi ya Tuhan.Amin.


YOHANES 17

Yohanes 17:4 (TB)  Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.
Yesus mempermuliakan BAPA-Nya di bumi saat Dia menyelesaikan pekerjaan yang diberikan BAPA untuk dilakukan. Aku pun juga mempermuliakan Dia saat aku menyelesaikan pekerjaan yang diberikan BAPA untuk ku. Aku perlu mengenali panggilan BAPA buatku apa supaya aku bisa hidup di dalamnya.

Sebagai murid Kristus yang berperan sebagai istri,ibu, anak, pekerja, anggota gereja, teman, dll aku gak boleh lupa kalau aku dipanggil menjadi saksiNya. Segala yang aku lakukan dalam peranku harus memberikan kesaksian siapa Allah yang aku sembah supaya orang lain mengenalNya lebih dalam dan mengasihiNya lebih sungguh. Aku mau kata-kata dan sikapku memberikan kesaksian yang benar tentang Allah.

Tuhan, ampuni aku kalau aku sering melupakan pekerjaan yang Kau berikan dan tidak mempermuliakan Engkau. Terima kasih Tuhan buat teladan dari Yesus, jangan biarkan aku lupa, tapi aku mau mengikut teladanNya. Aku mau menyelesaikan pekerjaan dariMu.Amin

AMSAL 17

Amsal 17:28 (TB)  Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam diri dan disangka berpengertian kalau ia mengatupkan bibirnya.
Waktu baca ayat ini langsung teringat ayat-ayat ini:
-Dalam banyak bicara terdapat pelanggaranku.
-Orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang
Sepertinya Alkitab lumayan banyak bicara tentang "bicara" ini. Sering kali kita berbicara tanpa henti dan tanpa mikir. Ini berbahaya, karena mulut kita yang kecil ini bisa mendatangkan luka yang besar bagi orang lain, bisa membunuh karakter orang lain (dengan gosip), bisa menjatuhkan orang lain.
Lebih baik diam daripada banyak bicara Meg!

Bukan sekedar supaya dikira orang lain bijak dan berpengertian tapi berdiam diri sebelum bicara memberikan waktu untuk:
-Berdoa
-Mendengar lebih banyak
-Berpikir lebih dalam
-Melihat dari dekat
-Menimbang perasaan orang lain
Berdiam gak membuat aku kehilangan apapun, malahan membuatku mendapat lebih banyak.
Tuhan, ajari aku berdiam sebelum berbicara supaya aku tahu apa yang harus aku katakan. Amin

Kasongan, 17 Januari 2017
-Mega Menulis-


No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs