.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, February 10, 2017

Kejadian 25-26, Yohanes 20, Amsal 20

Kejadian 25-26

Kejadian 25:16 (TB)  Itulah anak-anak Ismael, dan itulah nama-nama mereka, menurut kampung mereka dan menurut perkemahan mereka, dua belas orang raja, masing-masing dengan sukunya.

Allah benar-benar memenuhi janjiNya pada Hagar! Dia pernah berkata akan membuat Ismael menjadi bangsa yang besar. Allah benar-benar setia pada janjiNya. Puji Tuhan.
Aku gak perlu kuatir dalam menjalani hidup ini, aku gak boleh lupa kalau Allah selalu memegang janjiNya.
Kejadian 25:28 (TB)  Ishak sayang kepada Esau, sebab ia suka makan daging buruan, tetapi Ribka kasih kepada Yakub.
Walah!Jadi orang tua kok pilih kasih ya??
Di ayat-ayat berikutnya akan jelas kelihatan pilih kasihnya kedua orang tua ini kepada anak-anaknya. Akibatnya sangat buruk, Ribka demi kasihnya pada Yakub mau dan berinisiatif menipu suaminya sendiri, benar-benar menjadi contoh yang ga baik bagi anak-anaknya. Nantinya Yakub pun be melakukan yang sama pada anak-anaknya, dia lebih mengasihi Yusuf dan Benyamin dibandingkan anak-anaknya yang berakibat kecemburuan anaknya.

Apa yang dilakukan orang tua akan berpengaruh pada generasi-generasi selanjutnya! Sadar gak sadar. Sebagai orang tua benar-benar harus berhati-hati supaya teladan yang diberikan bagi anak-anaknya adalah yang baik. Ini jadi peringatan buatku sebagai orang tua, ngeri-ngeri sedap jadinya.

Tuhan, terima kasih karena Kau benar-benar bicara buatku lewat ayat ini untuk kasih teladan yang baik buat Sara (dan adek-adeknya) nanti. Tolong aku Tuhan, supaya sebagai orang tua, aku dan suamiku tahu bagaimana harus bersikap dan berkata-kata. Mampukan kami menjadi orang tua yang mendidik anak kami dalam kebenaran. Amin

Kejadian 25:33 (TB)  Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.

Ibrani 12:16 (TB)  Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.

- Esau gak menghargai hak kesulungan miliknya sehingga dengan mudah dia menukarnya hanya dengan sepiring makanan. Menyedihkan sekali T-T Esau gak tahu nilai dari apa yang dimilikinya.
Aku mau menghargai apa yang telah Tuhan berikan. Aku gak mau menukar apa yang gak bisa dibeli dengan sesuatu yang gak berharga. Dari cerita ini aku belajar bahwa ada hal-hal berharga dari Tuhan yang gak terbeli yang harus kita jaga baik-baik, jangan sampai menukarnya dengan sesuatu yang gak berharga. Contohnya: iman percaya kita. Banyak orang yang menukar imannya hanya demi jabatan, uang, dll. Ada juga orang yang mempertaruhkan rumah tangganya hanya demi kenikmatan sesaat. Kita harus menjaga hal-hal berharga pemberian Tuhan dan gak menukarnya dengan sesuatu yang gak berharga.

- Di satu sisi, Yakub tahu  bahwa hak kesulungan adalah hal yang berharga tapi caranya mendapatkannya sangat licik, cerita ini juga membuatku bingung, hubungan persaudaraan bagaimana yang dimiliki Yakub dan Esau sampai-sampai Yakub tega melakukan itu pada kakaknya. Kenapa dia gak bermurah hati memberikan masakannya untuk kakaknya. Mungkin gak sih mereka seperti ini karena kedua orang tuanya yang pilih kasih? Benar-benar gak ada hubungan mesra saudara.
Aku jadi benar-benar ditegur untuk bersikap adil saat menjadi orang tua.

Kejadian 26:7 (TB)  Ketika orang-orang di tempat itu bertanya tentang isterinya, berkatalah ia: "Dia saudaraku," sebab ia takut mengatakan: "Ia isteriku," karena pikirnya: "Jangan-jangan aku dibunuh oleh penduduk tempat ini karena Ribka, sebab elok parasnya."

Kejadian 26:28 (TB)  Jawab mereka: "Kami telah melihat sendiri, bahwa TUHAN menyertai engkau; sebab itu kami berkata: baiklah kita mengadakan sumpah setia, antara kami dan engkau; dan baiklah kami mengikat perjanjian dengan engkau,

Kejadian 26:12 (TB)  Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN.

Alamak...100 kali lipat bo! Artinya kalo Ishak punya usaha dengan modal sejuta di awal tahun maka tahun itu juga dia dah dapat hasil seratus juta. Ini kalo di zaman sekarang dah dipanggil-panggil dia dimana-mana jadi motivator pengusaha untuk membagikan rahasia suksesnya. LOL. Dan Ishak akan bilang kalo rahasianya adalah dia DIBERKATI Tuhan.

Tapi penyertaan dan berkat Tuhan begitu nyata dalam hidup Ishak sehingga orang-orang di sekelilingnya gak penasaran dan bertanya-tanya rahasianya. Mereka melihat dan berkata langsung padanya kalau Tuhan yang menyertai dia. Huaaa..  Segitunya! Ishak gak perlu banyak omong, orang lain sudah tahu kalau Tuhan yang buat dia berhasil.

Tuhan, aku mau dong diberkati Tuhan seperti Tuhan memberkati Ishak gitu. Aku mau penyertaanMu begitu nyata dan hebat sampai-sampai orang sudah tahu kalau Tuhan yang melakukannya :)

AMSAL 20
Amsal 20:9 (TB)  Siapakah dapat berkata: "Aku telah membersihkan hatiku, aku tahir dari pada dosaku?"

Gak ada orang yang gak berdosa. Hanya Allah yang dapat menyucikan kita dari segala dosa. Kalau kita mau berhenti melakukan pelanggaran/ dosa pertama-tama dimulai dengan meminta Allah tinggal di dalam hati kita,biar hati kita jadi rumahNya. Dia akan membersihkan hati kita, hanya Dia yang bisa.
Dari hati timbul segala sesuatu yang jahat karenanya aku benar-benar harus mempersilakan Allah menguasai hatiku.

Tuhan, aku serahkan hatiku padaMu, tinggallah di dalamku ya Tuhan. Bersihkan aku dari segala pelanggaranku dan tahirkan aku dari dosaku. Karena cuma Tuhan yang sanggup. Amin

YOHANES 20

Yohanes 20:27 (TB)  Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."

Berbahagialah mereka yang percaya walaupun gak melihat,Yesus berkata demikian. Tapi aku terharu baca ayat ini. Menakjubkan sekali!Yesus menerima kita sebesar apapun iman Dan kepercayaan kita. Iman Thomas yang hanya percaya setelah melihat pun Ia terima,  Yesus gak marah malahan mengundang Thomas untuk membuktikan keberadaanNya. Iman seorang perempuan yang percaya sembuh hanya dengan memegang jubahNya Ia terima. Iman seorang perwira yang berkata,"Tolonglah aku yang tidak percaya ini" pun Dia terima.
 
Yesus menerima kita sebesar apapun iman kita, Dia mengundang kita untuk mendekat dan mengenalNya. Kita yang jujur mengakui gak percaya pun Dia mau tolong. Iman adalah sesuatu yang gak kelihatan, gak ada yang tahu kesungguhan iman seseorang selain Yesus. Tapi yakin aja, saat kita mendekat padaNya, Dia akan mendekat pada kita.

Aku mau belajar percaya sekalipun belum melihat, tapi aku juga mau jujur dengan apa yang aku rasakan sama Tuhan. Aku gak mau pura-pura percaya padahal nggak.

Tuhan, aku mengaku kalau aku sering meragukan Engkau. Terima kasih Tuhan karena Engkau tetap menerimaku saat aku ragu. Terima kasih karena pertolonganMu bahkan kasihMu gak bergantung padaMu percaya apa ngga. Terima kasih Tuhan. Amin.

Kasongan, 20 Januari 2017
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs