.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, February 10, 2017

Keluaran 28-29, Kisah Para Rasul 8, Amsal 8

Keluaran 28-29

Keluaran 28:1 (TB)  "Engkau harus menyuruh abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya datang kepadamu, dari tengah-tengah orang Israel, untuk memegang jabatan imam bagi-Ku — Harun dan anak-anak Harun, yakni Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.

Keluaran 28:43 (TB)  Harun dan anak-anaknya haruslah memakainya, apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan atau apabila mereka datang ke mezbah untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, supaya mereka jangan membawa kesalahan kepada dirinya, lalu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya baginya dan bagi keturunannya."

Allah memilih bangsa Israel karena kasih karunia. Allah memilih jabatan imam bagiNya dari keturunan Harun pun karena kasih karunia. Dan membaca bagian ini aku menyadari juga kalau SATU KELUARGA dipilihNya melayaniNya pun sungguh karena kasih karuniaNya. Bukan karena kekuatan, bukan karena kemampuan, bukan karena kepintaran, tapi sungguh karena kasih karuniaNya.

Oh Tuhan, kalau Tuhan berkenan, biarlah kami sekeluarga boleh melayaniMu. Jangan melihat kemampuan kami ya Tuhan, kami sebenarnya gak layak tapi kami mau melayaniMu dengan apa yang ada pada kami. Dimuliakanlah namaMu di dalam dan melalui keluarga kami Tuhan. Amin.

Keluaran 29

Dari Keluaran 29 aku belajar tentang persembahan yang Tuhan ingin aku berikan, kalau dulu yang Tuhan inginkan adalah seperti yang kita baca, di zaman sekarang Tuhan ingin aku mempersembahkan hidupku yang :

1. TIDAK BERCELA
Keluaran 29:1 (TB)  "Inilah yang harus kaulakukan kepada mereka, untuk menguduskan mereka, supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku: Ambillah seekor lembu jantan muda dan dua ekor domba jantan yang tidak bercela,
TUHAN ingin aku mempersembahkan hidupku yang kudus, Ia ingin aku hidup kudus karena Ia kudus.

2. TERBAIK
Keluaran 29:2 (TB)  roti yang tidak beragi dan roti bundar yang tidak beragi, yang diolah dengan minyak, dan roti tipis yang tidak beragi, yang diolesi dengan minyak; dari tepung gandum yang terbaik haruslah kaubuat semuanya itu.
Tuhan ingin aku memberikan yang terbaik bagiNya. TERBAIK artinya memberikan hasil maksimal dengan cara yang benar sesuai apa yang ada padaku.

3.TOTALITAS (keseluruhan hidupku)
Keluaran 29:14 (TB)  Tetapi daging lembu jantan itu, kulitnya dan kotorannya haruslah kaubakar habis dengan api di luar perkemahan, itulah korban penghapus dosa.
Tuhan ingin aku mengasihi Dia dengan segenap yang ada padaku, segenap hatiku, segenap jiwa, segenap kekuatanku.

4.MENJADI GARAM DAN TERANG
Keluaran 29:18 (TB)  Kemudian haruslah kaubakar seluruh domba jantan itu di atas mezbah; itulah korban bakaran, suatu persembahan yang harum bagi TUHAN, yakni suatu korban api-apian bagi TUHAN. 
Persembahan yang harum bisa dicium oleh banyak orang. Orang lain melihat dan diberkati oleh apa yang kita lakukan bagi Tuhan.

Kisah Para Rasul 8:31 (TB)  Jawabnya: "Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?" Lalu ia meminta Filipus naik dan duduk di sampingnya.

Kita perlu pembimbing rohani!
Ada juga saatnya kita menjadi pembimbing rohani.
Teringat dulu pernah dikasih tau kalau ingin pertumbuhan rohani yang sehat sebaiknya kita memiliki:
1. Kakak rohani
2. Rekan bertumbuh
3. Adik rohani
Bersyukur pada Tuhan aku memiliki ketiganya. Mereka menolongku dan memotivasiku terus bertumbuh dalam Tuhan.

Hari ini aku berdoa untuk mereka yang menjadi pembimbing rohaniku,rekan bertumbuhku dan adik rohaniku supaya mereka juga memiliki rekan yang sedia menegur, memotivasi dan menolong mereka terus bertumbuh.

Amsal 8:35 (TB)  Karena siapa mendapatkan aku, mendapatkan hidup, dan TUHAN berkenan akan dia.

Kenapa orang yang mendapatkan hikmat dikatakan MENDAPATKAN HIDUP???
Ingat Meg!
Permulaan hikmat adalah TAKUT AKAN TUHAN.
Sedangkan Yesus adalah jalan, dan kebenaran dan HIDUP. Kalau kita takut sama Tuhan, kita mendapatkan hidup.Hidup yang bagaimana? Gak sembarang hidup dong, tapi hidup yang bermakna, hidup yang dipenuhi kasih, hidup yang mendatangkan buah, hidup yang memuliakan Tuhan.Pastinya dong Tuhan berkenan akan dengan seseorang yang hidupnya begini.

Tuhan, aku telah menerima Yesus sebagai Juruselamatku, tolong aku untuk hidup takut akan Tuhan supaya Engkau berkenan padaku. Aku mau hidupku berkenan di hadapanMu. Amin

Kasongan, 8 Februari 2017
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs