.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, February 12, 2017

Keluaran 39-40, Kisah Para Rasul 12, Amsal 12

KELUARAN 39-40

[Keluaran 39:32 (TB)  Demikianlah diselesaikan segala pekerjaan melengkapi Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan itu. Orang Israel telah melakukannya tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah mereka melakukannya.

Orang Israel telah melakukan TEPAT SEPERTI yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.
Wuihhh...Membaca bagian ini aku rasanya pengen bertepuk tangan. Soalnya kan APA yang diminta Tuhan super njelimet, apalagi ini membuat sesuatu yang sebelumnya gak pernah dibuat. Orang Israel gak punya contoh, gak punya gambar, ato prototype segala yang Tuhan ingin mereka buat tapi mereka melakukan segalanya tepat seperti yang Tuhan mau.

Ini jadi perenunganku, apakah aku sudah melakukan Firman Tuhan TEPAT SEPERTI YANG TUHAN MAU?
Belummmmm...T-T
Kadang taat, kadang (eh seringnya) ngga
Kadang tawar menawar dengan Tuhan
Kadang ngasal gak sepenuh hati
Kadang sengaja gak melakukan karena merasa sulit
Kadang menunda-nunda

Tuhan, ampuni aku karena belum melakukan apa yang Tuhan mau. Aku sering mencari alasan untuk ketidaktaatanku, ampuni aku Tuhan. Aku mau taat Tuhan, berikan aku Roh ketaatan, ajar aku untuk taat berapa pun harganya. Amin

Keluaran 40:7 (TB)  Kautaruhlah bejana pembasuhan di antara Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu kautaruhlah air ke dalamnya.

Bejana pembasuhan disediakan bagi imam untuk membersihkan dirinya sebelum bertemu Tuhan. Ini mengingatkanku untuk mengucap syukur karena darah Kristus sudah membasuhku dari dosa sehingga aku yang sebenarnya gak layak menghadap Tuhan sekarang bisa menghadap Tuhan melalui perantaraan Kristus.

Keluaran 40:13 (TB)  Kaukenakanlah pakaian yang kudus kepada Harun, kauurapi dan kaukuduskanlah dia supaya ia memegang jabatan imam bagi-Ku.

Harun dan anak-anaknya dikuduskan untuk memegang jabatan imam. Mereka dipisahkan dari umat yang lain untuk khusus melayani Tuhan. Dipisahkan di sini maksudnya juga mereka harus menjaga hidup mereka sedemikian rupa dalam kekudusan karena mereka melayani Tuhan dan memimpin umat dalam menyembah Tuhan. Tuhan yang disembahnya kudus dan ingin mereka hidup dalam kekudusan.

Saat seseorang dipilihNya maka orang tersebut harus memisahkan dirinya dari dosa. Setiap orang yang dipilih Tuhan berusaha sedemikian rupa untuk berkenan di hadapan Tuhan dengan hidup kudus. Kalau saat ini Tuhan telah memilihku sebagai anakNya, aku pun harus hidup dalam kekudusan.

Tuhan, tolong aku untuk hidup dalam kekudusan supaya aku gak mendukakan Tuhan dengan hidup sembarangan. Aku mengaku kalau aku sering jatuh, tolong aku untuk bangkit lagi ya Tuhan. Amin

Keluaran 40:34 (TB)  Lalu awan itu menutupi Kemah Pertemuan, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci,

Kalau baca pasal-pasal sebelumnya yang Tuhan murka lalu sekarang kemuliaanNya malah ada di tengah-tengah orang Israel, jadi terheran-heran, betapa Tuhan tu sebenarnya penuh pengampunan. Gak selamanya Tuhan murka, malahan kasih setiaNya gak pernah berhenti.

Jadi berpikir, gila banget ya sampai-sampai mengecewakan Tuhan yang sebaik-baik ini, berulang kali kan bangsa Israel membuat Tuhan marah, tapi Dia tetap mengasihi mereka.

Aku gak boleh seperti itu! Mentang-mentang Tuhan selalu mengampuni lalu berlaku seenaknya dan mengulangi kesalahan yang sama terus-menerus. Aku gak boleh sesat! Karena Tuhan gak akan biarkan diriNya dipermainkan. Setiap hari aku harus berusaha melawan dosa dan gak tinggal tetap dalam dosa.

KISAH PARA RASUL 12

Kisah Para Rasul 12:5 (TB)  Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah.

Membaca ini aku diingatkan untuk tekun bersyafaat untuk orang-orang yang full timer melayani Tuhan. Mereka butuh dukungan orang-orang yang berdoa bagi mereka. Hal-hal yang aku perlu doakan bagi mereka:
-Hubungan pribadi dengan Tuhan
Pasti ada masanya hubungan seseorang dengan Tuhan terasa kering, aku perlu berdoa supaya Tuhan perbaharui hati mereka tiap hari supaya selalu disegarkan oleh Tuhan dan tetap berapi-api melayani Tuhan. Terkadang pelayanan membuat orang melupakan kalau yang gak kelihatan yang terpenting. Aku perlu berdoa supaya mereka gak melepaskan yang terbaik hanya untuk mendapatkan yang baik.
-Pasangan hidup dan keluarganya.
Iblis sering mengganggu kehidupan pernikahan dan keluarga para pelayanan Tuhan, karena iblis tahu ini bisa mengalihkan fokus pelayanan seseorang. Aku perlu berdoa supaya kasih Tuhan nyata atas kehidupan pernikahan dan keluarga para pelayannya, biar dukungan pasangan dan keluarga nyata.
-Kebutuhan hidupnya
Gak jarang para pelayan Tuhan harus memikirkan juga kebutuhan hidupnya do samping pelayanan. Kita perlu berdoa supaya Tuhan berikan hikmat bagi mereka untuk mengatur apa yang mereka miliki Dan hati yang selalu bersyukur. Gak lupa pula berdoa supaya Tuhan kirimkan orang-orang yang tergerak hatinya melalui pendanaan, supaya hamba Tuhan sungguh fokus dalam pelayanannya.

Hari ini aku membuat daftar orang-orang yang aku kenal full timer pelayanan dan mendoakan mereka.

AMSAL 12

Amsal 12:25 (TB)  Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.

Hal apa saja yang sering aku KUATIRKAN?
Biasanya hal yang aku kuatirkan adalah HAL YANG BELUM TERJADI.
Bagaimana nanti kalau suamiku gak dapat pekerjaan tetap? Bagaimana kalau rencana usaha kami gak juga jalan? Bagaimana kalau modal gak terkubur? Bagaimana kalau pertumbuhan Sara gak seperti anak pada umumnya? Bagaimana kalau kami gak bisa nabung untuk biaya pendidikan anak? Bagaimana kalau miomku membuatku nanti susah punya anak lagi? Miomku belum juga diangkat sehingga saat sedang haid dan berhubungan suami isteri aku merasa sakit,bagaimana kalau miomku ini semakin parah? DLL.

Memikirkan hal-hal seperti itu membuatku down, makin kuatir, menangis gak jelas.
Hari ini aku diingatkan untuk memperkatakan yang baik!
Perkataan yang menggembirakan.
Perkataan iman.
Perkataan yang menguatkan.

Aku mau belajar berkata:
Rencana usaha suamiku akan segera berjalan.
Modal usaha yang kami perlukan akan tersedia.
Miomku disembuhkan.
Tuhan akan berikan kami adik-adik buat Sara.
Sara tumbuh sehat dan kuat di dalam Tuhan.
Tuhan menyediakan SEGALA keperluan kami.

Kekuatiran adalah alarm buatku berdoa.Untuk memperkatakan perkataan yang baik.Mengingatkanku kalau ada Allah yang berkuasa melebihi segala persoalanku. Bahwa aku harus belajar mempercayakan SELURUH hidup kami ke dalam tangan Tuhan.

Tuhan, ampuni aku kalau aku sering kuatir. Ampuni aku karena lebih fokus pada masalahku dibandingkan fokus sama Tuhan.Tuhan lebih besar dari segala sesuatu yang aku kuatirkan. Aku mau PERCAYA pada kesanggupanMu ya Tuhan. Tolonglah aku yang gak percaya ini ya Tuhan.Amin

Kasongan, 12 Februari 2017
-Mega Menulis-

2 comments:

Uli Kerenzia said...

Belajar memperkatakan yang baik itu memang perlu meg.apalagi dengan suara lantang biar telinga juga dengar. Semalam dapat rhema di ibadah ttg doa yabes,"Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan akhirnya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.
Endingnya itu lho meg " Allah mengabulkan permintaan doa Yabes"
dari situ aku beljar untuk mau meminta pada Tuhan, gak perlu kuatir.
Bdw pearl gak nulis lagi ya?

Mega said...

Iya Uli :) Bener banget kamu...Harus diperkatakan dan didengar telinga ya karena iman timbul dari pendengaran.Pearl gak nulis lagi maksudnya gimana Li? Sekarang Majalah Pearl artikel barunya di blog. Trus kalo di Pearl dah dibagi jadwal nulis, karena aku kemaren cuti pas lahiran emang gak ngambil jadwal nulis banyak, takut keteteran ^^'

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs