.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, March 7, 2017

Baca Alkitab Setiap Hari Yok....!!!

Akhir tahun lalu, dua orang teman menawarkan aku untuk komit baca Alkitab bareng selama​ setahun di grup wa, jadi aku dimasukkan dalam grup di mana semua anggotanya punya komitmen yang sama, di sana setiap hari anggotanya 'ngabsen' kalo udah baca Alkitab dan share rhema yang didapat. Hampir mirip kedua grup ini, harus share rhema yang didapat,  trus dapat reminder juga kalau sehari gak share, ga boleh gak share seharipun kecuali dengan alasan yang bisa diterima, 3x reminder dalam sebulan out dah, pokoknya yang beda cuma bacaan doang. Awalnya aku mikir, bisa ga ya, sehari aku jadi harus baca 4-5 pasal kan ya, tapi aku mau coba. Sempat mikir kalo baca firman kok coba-coba,  apaan sih..   Mending gak usah aja kali, hehehehe.  Tapiiiii...ini kan salah ya,  mosok jadi baca firmanNya yang gak jadi. Jadi ya sudah,  aku putuskan coba aja. Aku rindu bisa kayak dulu yang haus banget sama Firman Tuhan,sehari bisa baca 10 pasal. Sekarang baca 2 pasal aja perjuangan banget,hahaha. Parahhh....! Aku sadar kalau aku perlu rekan bertumbuh yang mau menegurku dengan kasih,aku ngerasakan kok 'longgarnya' aku sewaktu gak ada teman-teman yang jaga apiku tetap menyala.

Nah... Awal-awal berat banget (sekarang masih berat juga sih, lol). Aku pernah kena reminder di dua grup itu, emang  gak pernah sih bersamaan harinya,  salah satu biasanya. Ya iya lah, gimana coba bagi waktunya kalo dipikir. Nah..  Yang bikin aku termotivasi untuk  terus lanjut awalnya cuma karena gak mau dapat reminder dan karena gak enak sama leader grupnya, lah mosok dia berjuang buat jaga dan perhatikan anggota grupnya untuk punya komitmen, tapi akunya malah seenaknya.Trus baru nyadar dong  kalau orang-orang yang berjuang baca firman Tuhan ini bukannya orang-orang yang gak ada kerjaan, mereka sama sibuknya, bahkan lebih sibuk.  Tapi mereka tetap berkomitmen lo. Jadi alasan sibuk coret dari daftar,  hellloowww Meg... Emangnya kamu doang yang sibuk.

Awalnya aku berpikir kalau berhalangan baca ato posting rhema ga papa lah ya telat toh blum sampe r-3, hahaha. Tuhan toh tahu kalau bebanku berat, 4--5 pasal bo. Tapiiiiii.... setelah dipikir lagi kan ini komitmenku,  ngapain aku membandingkan diri dengan orang lain, komitmenku urusanku sama Tuhan, orang lain gak perlu tahu atau memaklumin kalau aku kena reminder sampe 3 kali karena mesti baca 5 pasal sehari. Pokoknya aku harus terus coba. Lagi pula, memaksa diri baca 5 pasal ini membuat aku mau gak mau tiap ada kesempatan jadi baca Firman Tuhan dan nulis rhema, jadi berkurang deh waktu buat melakukan hal yang gak penting, hahaha. Kalau kerjaan kantor gak banyak tuh aku senang karena bisa baca Alkitab dan share rhema, gkgkgkgk.

Nah,  suatu hari aku baca share teman juga kalau ada yang ditegur karena gak baca Alkitab beberapa hari karena terbaring sakit, bukannya dielus-elus dan dimaklumin eh malahan dibilang gini lo: "Sesakit apa sih kamu sampai gak bisa baca firman, baca firman itu ngasih kamu kekuatan."
Nah lo...!!! Ngeri kan? Awalnya aku rada gimanaaaa... Gitu! Rada gak terima kok kejam banget kayaknya. Tapi lalu aku belajar untuk jadikan ini prioritas,  apa sih kondisiku yang membuat aku gak bisa baca firman,  pasti ada solusinya,  pasti bisa. Makin termotivasilah aku. Wong sakit aja kita mesti baca Firman Tuhan kok supaya dapat kekuatan. Lagian tiap ada wa masuk ada teman share rhemanya kan jadi reminder kalau aku belum baca. Alasan lupa udah gak bisa dipakai, lol.

Sampai sekarang, puji Tuhan, aku blum dikick dari 2 grup yang aku ikuti, semua karena kebaikan Tuhan aja, kalo liat ke belakang aku bingung juga kok bisa, hehehe.  Nah,  selama 2 bulan ini aku belajar:
1.aku harus memprioritaskan waktuku untuk baca firman Tuhan
Ada waktu khusus yang sudah aku tetapkan bukan dari waktu luangku, bukan dari sisa waktuku, tapi memang aku HARUS MENYEDIAKAN WAKTU.
2.aku pakai waktu luangku untuk baca firman Tuhan juga
Aku gak tahu kapan Sara tiba-tiba nangis,  atau tahu-tahu ada Saudara atau teman yang main ke rumah,  atau suami minta tolong melakukan hal-hal lain di luar rutinitas kami,  jadi selagi ada waktu aku membaca firman Tuhan.

O,iya...di perjalanannya aku takut lo kalo aku cuma jadi pembaca dan perenung firman dan bukan pelaku kalau cuma baca Alkitab melulu, lah wong aku gak selalu ingat apa yang aku baca, tapi aku salah. Firman Tuhan tu hidup,  saat kita isi diri dengan firman Tuhan,  maka Roh Kudus akan ingatkan apa yang kita baca saat kita perlu. Lebih banyak yang aku lupa daripada yang aku ingat dari yang aku baca,  tapi tiap hari aku merasakan ada teguran, nasehat, berkat yang kuterima. Pilihan di aku sekarang, mau taat atau nggak. Tapi firman Tuhan yang kubaca, aku yakini gak akan sia-sia.

Sekarang aku merasakan waktu buat baca dan merenungkan Firman Tuhan terlalu sedikit,  masih banyak rasanya yang aku bingung,  masih banyak yang mau aku tanyakan sama Tuhan,  aku makin haus. Kalo dulu awalnya aku baca karena keharusan,  sekarang aku rindu. Pengen dengar Tuhan lagi,  pengen kenal Dia lebih lagi,  pengen tau isi hatiNya. Makanya makin berat sekarang, karena kok waktu rasanya kurang, hahahaha.

Aku diberkati banget baca share di dua grup yang aku ikuti. Luar biasa firman Tuhan tu,  bisa ya kita dapat rhema ayat yang sama tapi Tuhan kasih sudut pandang yang beda-beda. Aku mendorong teman-teman kalau ada teman-teman yg mau,yok buat grup seperti itu. Golnya bukan sekedar baca Alkitab setahun selesai,tapi supaya kita punya kerinduan lagi sama firmanNya.

Aku share ini bukan berarti aku dah ga berjuang untuk mendisiplin diri,  MASIH KOKKKK... 😘 Hahahaha.  Tulisan ini untuk mengingatkanku dan menyemangati untuk terus berjuang. Semoga semakin banyak teman yang juga memperjuangkan hal yang sama. Amin

Kasongan, 7 Maret 2017
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs