.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, March 19, 2017

Ulangan 28-29, Amos 2, Amsal 19

Ulangan 28-29

Ulangan 28:1-2 (TB)  "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.
Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:

Berkat Tuhan luar biasa melimpah bagi mereka yang:

1.MENDENGARKAN TUHAN
Mendengarkan Tuhan berarti MEMILIH memperhatikan perkataan Tuhan dibandingkan perkataan dunia lalu MENAATI  apapun yang Tuhan inginkan untuk dilakukan.

Bagaimana aku mendengarkan Tuhan?
Selalu menyediakan waktu setiap hari untuk duduk diam dan merenungkan firman Tuhan lalu MENGAPLIKASIKANNYA👉Jadi PELAKU FIRMAN.
Bukan mendengarkan Tuhan kalau pada akhirnya aku gak menjadi pelaku firmanNya.

Aku mau menjadi pelaku firman ya Tuhan. Aku mau diberkati Tuhan di manapun aku berada.

2.MELAKUKAN DENGAN SETIA PERINTAH TUHAN

Setia berarti GAK MENYIMPANG HATI,  tetap berpaut pada perintahNya apapu  yang terjadi,  bukannya kadang setia kadang ngga,  kadang taat kadang ngga,  kadang nurut Tuhan kadang berontak. Kesetiaan teruji dengan waktu.

Bagaimana setia dengan perintah Tuhan?
SELALU memilih untuk menaati Tuhan dan berkata ya pada perintahNya,  gak mencari alasan untuk gak taat,  memprioritaskan melakukan kehendak Tuhan dibandingkan keinginan sendiri.

Aku sadar aku masih jauh dari kata SETIA ini,  tapi aku mau berjuang untuk setia. Dimulai dari hal kecil,  aku berkomitmen untuk saat teduh setiap hari supaya aku bisa mendengarkan Tuhan setiap hari. Gimana aku bisa setia​ dengan perintahNya kalau aku gak menyediakan waktu untuk mendengarkan perintahNya.  Aku mau melakukannya setiap hari dan gak beralasan.  Aku mau mencari cara untuk tetap setia dengan komitmenku.

Tuhan,  tolong aku, aku mau mendengarkan Tuhan setiap hari. Mampukan aku untuk memprioritaskan Tuhan. Aku gak mau mendapat yang baik dan kehilangan yang terbaik. Amin

Ulangan 28:15 (TB)  "Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau:

Gak terbayangkan ada seseorang yang dikutuk seperti ini dan diberkati luar biasa pada perikop sebelumnya. Gak ada area abu-abu di dalam Tuhan. Tuhan memberikan kehendak bebas bagi kita,  mau hidup diberkati atau terkutuk.  Setiap kita punya pilihan. Manakah yang kita pilih?

Amos 2

Amos 2:4 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Yehuda, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah menolak hukum TUHAN, dan tidak berpegang pada ketetapan-ketetapan-Nya, tetapi disesatkan oleh dewa-dewa kebohongannya, yang diikuti oleh nenek moyangnya,

Tuhan akan menghukum Yehuda karena menolak hukum Tuhan dan tidak berpegang pada ketetapan-ketetapan-Nya.
Bagaimana di zaman sekarang aku menolak hukum Tuhan??
1.Gak mau melakukan Firman Tuhan.
2.Melakukan apa yang dilarang Tuhan.
Aku belum sepenuhnya melakukan firman Tuhan. Terkadang masih beralasan.
JANGAN MENOLAK HUKUM TUHAN MEG!
Segera cari cara untuk melakukan firman Tuhan yang kamu dengar. Jangan cuma jadi pembaca firman tapi jadi pelaku firman.

Tuhan, aku gak mau lagi menolak firmanMu, aku mau jadi pelaku firmanMu. Amin.

Amsal 19

Amsal 19:24 (TB)  Si pemalas mencelup tangannya ke dalam pinggan, tetapi tidak juga mengembalikannya ke mulut.

Ternyata salah satu ciri orang malas adalah TIDAK MENYELESAIKAN APA YANG DIKERJAKANNYA.

Tadi pagi aku baca Amsal 19 dan belum merenungkannya karena mau ibadah Minggu di gereja.  Pulang​ dari gereja aku masak sambil mencuci pakaian, sementara suamiku menjaga Sara. Masakan selesai,  kami makan sementara cucian belum selesai,  sudah jam makan. Makan selesai,  aku melanjutkan mencuci. Lalu aku lihat ternyata suami tertidur bersama Sara.  Enaknyaaaa...  PIKIRKU. Akhirnya,  aku meninggalkan pakaian yang harus dikeringkan di mesin cuci dong dan ikutan tidur. Padahal tinggal ngeringkan dan jemur  doang dong. Aku bangun dari tidur malah mainan hp,  baca Amsal dan ketampar-tampar baca ayat di atas. Kena banget 😢 Tobaatttt!!!

Mau lanjut ngerjain, eh... Suamiku dah ngelanjutin kerjaanku. Jreng! Makin nyadar, kebalikannya aku,  suamiku kalo dah ngerjakan sesuatu emang dikerjain sampai selesai. Aku sering kayak gitu, menunda-nunda menyelesaikan pekerjaanku. Ini ternyata ciri pemalas. Aku gak mau lagi menunda-nunda pekerjaan.

Kasongan, 19 Maret 2017
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs