.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, March 13, 2017

Ulangan 8-10, Hosea 13, Amsal 13

Ulangan 8-10

Ulangan 10:12-13 (TB)  "Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu,
berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu.

Yang diminta Tuhan kepada orang Israel:
-takut akan TUHAN
Dalam takut akan Tuhan ada ketenteraman besar,  ada damai sejahtra.
-hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya
Baca ini aku ingat ayat yang bilang jangan seperti kuda liar yang susah dikendalikan,  Tuhan ingin menunjukkan jalan yang benar dan membawa orang Israel ke tanah perjanjian, negeri yang sangat baik. Tapi karena kedegilan hati mereka,  mereka malah lama berputar-putar di padang gurun.
Aku mau hidup menurut jalan yang ditunjukkan  Tuhan,  aku gak mau ngikut pikiranku sendiri karena aku pasti tersesat
-mengasihi Tuhan
Mengasihi Tuhan sebenarnya mempermudah orang Israel untuk taat. Kalau kita mengasihi seseorang kita pasti akan dengan senang hati melakukan yang menyenangkanNya, begitu juga kita gak akan mau menyakiti hati orang yang kita kasihi. KASIH pada Tuhan sebenarnya yang memampukan seseorang untuk menaati Dia.
-beribadah kepada TUHAN, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu
Tuhan berikan berbagai aturan ibadah, tapi kali ini Tuhan meminta mereka beribadah gak cuma karena KEWAJIBAN atau seperti robot asal melakukan, Tuhan ingin mereka melakukannya dengan sukacita.
-berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN

Aturan dibuat untuk melindungi orang Israel
Semuanya itu supaya BAIK KEADAAN ORANG ISRAEL. Jadi Tuhan meminta memegang perintahNya mereka bukan sekedar untuk menyenangkan Dia,  tapi untuk kebaikan orang Israel.    

Hari ini Tuhan juga mau aku melakukan yang sama, maukah aku??
Aku mau Tuhan....

Hosea 13

Hosea 13:13 (TB)  Sakit beranak mendahului kelahirannya, tetapi ia adalah seorang anak yang tidak bijaksana; sebab tidak pada waktunya ia bergerak, bila waktunya tiba, ia tidak mau keluar dari kandungan ibu.

Aku tertarik sama ayat di atas karena aku jadi mengingat masa-masa hamilku. Walaupun bingung maksud ayat di atas apa, aku tetap baca berulang kali.... Dan tetap bingung dong. LOL.  Akhirnya aku coba baca versi Bahasa Indonesia Masa Kini.

Hosea 13:13 (BIMK)  Israel mempunyai kesempatan untuk hidup, tapi ia begitu bodoh sehingga tidak menggunakan kesempatan itu. Ia seperti bayi yang sesaat lagi akan lahir tapi tidak mau keluar dari rahim ibu.

Israel dikatakan seperti bayi di dalam kandungan 👉 Israel punya kesempatan untuk hidup yang baru di luar 'rahim' tapi Israel gak mau keluar.

-Israel lebih senang menikmati kehidupannya di tempat yang lama,  mereka merasa sudah nyaman di dalam tempat lama mereka sehingga gak mau keluar, mereka hanya tahu kehidupan yang lama. Israel harus didorong dan dipaksa keluar untuk menerima kehidupan yang baru. Kalau bukan Tuhan yang mengeluarkan mereka maka mereka akan terus menikmati kehidupan lamanya.

Seperti Israel Tuhan ingin aku mengalami hidup yang baru,  dari hidup lama yang gak kenal Tuhan menjadi hidup baru di dalam Tuhan,  tetapi aku terkadang sama seperti orang Israel, aku lebih menyukai kehidupan lamaku yang gak kenal Tuhan. Ini berarti aku TIDAK BIJAKSANA alias BODOH!

-Proses persalinan yang menyakitkan harus dialami Israel untuk keluar dari kehidupan lamanya.

Aku harus bersedia mengalami proses yang menyakitkan untuk keluar dari kehidupan lamaku.  Dosa dan kesalahan yang aku lakukan menimbulkan banyak luka menyakitkan, dan ini adalah cara Tuhan supaya aku datang padaNya menerima kesembuhan dan hidup yang baru dari Tuhan. Aku harus melalui proses yang menyakitkan untuk keluar dari kehidupan lamaku karena kebodohanku. Mungkin saat aku 'didorong' oleh Tuhan untuk keluar dan memaksa bertahan dengan kehidupan lamaku maka prosesnya gak akan menyakitkan kalau aku nurut sama Tuhan,  gak memaksa bertahan dengan dosa-dosaku.

Dosa-dosa apa yang masih kulakukan sekarang?
Rakus 👉Aku mau makan secukupnya,  gak mau nurutin nafsu
Gak tunduk sama suami👉Mau berkata iya pada suami selama bukan dosa
Iri dengan orang lain👉Menghitung berkat-berkatku dan bersyukur (bersyukur buat 1 hal secara spesifik setiap hari)

Tuhan,  ampunilah kebodohanku karena merasa hidup dalam dosa itu enak. Aku mau keluar dari hidup lamaku ya Tuhan,  aku mau nurut sama Tuhan. Jangan biarkan aku terlalu nyaman dengan dosa-dosaku. Paksa aku keluar bila perlu ya Tuhan bahkan di saat aku gak mau keluar. Tolong aku ya Tuhan. Aku mau  terima pertolonganMu. Amin

Amsal 13

Amsal 13:13 (TB)  Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Dalam bacaan di Hosea tadi aku diingatkan sama orang Isrel pas banget di grup sebelah bacaannya tentang orang Israel yang keluar dari Mesir. Berkali-kali orang Israel GAK TAAT dan MEMILIH MENENTANG TUHAN. Mereka menerima hukuman dari Tuhan karena ketidaktaatan mereka. BERKALI-KALI. Tuhan selalu bicara kepada Musa setiap kali ingin Israel tahu isi hatinya. Mereka sudah tahu apa yang diinginkan Tuhan tapi mereka gak mau taat,  malahan melakukan yang sebaliknya, mereka jahat. Akhirnya mereka menerima hukuman dari Tuhan.

Aku sudah baca firman Tuhan. Aku tahu firmanNya. Tapi kalau aku gak melakukan berarti aku MEREMEHKAN FIRMAN TUHAN! Ingat Meg, kalau meremehkan firman Tuhan maka ada akibat yang harus aku tanggung, ada balasan setiap aku menentang Tuhan. Sudah tahu kebenaran kok malah tinggal dalam dosa???!

Tuhan,  aku mau meninggalkan dosa-dosaku,  aku mau berhenti meremehkan firmanMu. Amin

Kasongan,  13 Maret 2017
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs