.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, April 18, 2017

1 Samuel 15-17, Matius 11, Amsal 11

1 Samuel 15-17

1 Samuel 15:13 (TB)  Ketika Samuel sampai kepada Saul, berkatalah Saul kepadanya: "Diberkatilah kiranya engkau oleh TUHAN; aku telah melaksanakan firman TUHAN."

WHATTTT????
Kok bisa ya Saul bilang dia telah melaksanakan firman Tuhan padahal jelas-jelas dia sudah melakukan yang bertentangan dengan firman Tuhan?
Kok bisa ya Saul bohong gitu?
Apa dia mengira bisa membohongi Samuel makanya dengan enaknya aja dia bohong.
Saul gak menganggap serius perintah Tuhan. Saul gak menganggap serius Tuhan.

Baca ini aku diingatkan, kalau aku menentang firman Tuhan berarti aku sama seperti Saul yang gak menganggap serius firman Tuhan. Aku gak menghormati Tuhan.

Tuhan, aku mau menghormati Engkau dengan taat sama perintah Tuhan. Mampukan aku untuk taat dan gak takut sama manusia. Amin

1 Samuel 16:6-7 (TB)  Ketika mereka itu masuk dan Samuel melihat Eliab, lalu pikirnya: "Sungguh, di hadapan TUHAN sekarang berdiri yang diurapi-Nya."
Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."

Seringkali aku sama seperti Samuel, hanya melihat rupa.Pikiran Tuhan beda dengan pikiran manusia, jadi supaya gak salah mengambil keputusan, aku harus sering konsultasi sama Tuhan. Gak boleh mengandalkan pemikiranku sendiri. Belajar melihat yang gak terlihat. Mendengar yang gak terkatakan.

Matius 11

Matius 11:15 (TB)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

👂Semua orang bertelinga, tapi apakah semua orang mendengar dengan baik? Belum tentu!!
Bagaimana ciri orang yang benar-benar mendengar perkataan Tuhan?
-Memberikan perhatian penuh pada apa yang dikatakan Tuhan
-Berespon dengan tepat pada ajaran Tuhan
-Melakukan firman Tuhan tepat tanpa menyimpang

Selama ini aku bertelinga tapi gak benar-benar mendengar, perhatianku sering teralihkan waktu mendengar Tuhan, aku gak fokus. Akibatnya aku gak melaksanakan firman Tuhan seperti yang Tuhan mau. Aku perlu fokus sewaktu mendengar Tuhan lewat firmanNya.  Gak terpecah pikiranku memikirkan yang lain. Waktu buat Tuhan adalah hanya untuk Tuhan, gak terbagi-bagi dengan yang lain.

Tuhan, aku mau fokus sewaktu baca firman Tuhan, tolong aku supaya sungguh-sungguh memberi waktuku buat Tuhan, gak disambi mengerjakan yang lain. Tolong aku Tuhan. Amin

Amsal 11

Amsal 11:25 (TB)  Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.

MEMBERI!!!
Bukan hal yang mudah sewaktu aku merasa diri kekurangan.
Tapi, kalo mau jujur. Kapan sih aku kekurangan? Gak pernah! Tuhan selalu mencukupkan keperluan kami sekeluarga.
Kenapa aku susah memberi? Karena aku merasa apa yang aku punya ini adalah milikku, padahal semua yang ada padaku adalah miliknya Tuhan.
Tuhan adalah Sang Pemilik,  aku adalah penatalayan atas hartaNya Tuhan.

Tuhan, tolong aku supaya gak terikat dengan harta yang sudah Tuhan percayakan buatku. Ajari aku untuk gak memegang dengan erat apa yang Tuhan percayakan tapi aku mau pegang dengan tangan terbuka dan mempersilakan Tuhan mau pakai untuk siapa.

Kasongan, 11 April 2017
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs