Wednesday, January 3, 2018

Amsal 29, 1 Yohanes 4

1 Yohanes 4:19 (TB)  Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

Kita dapat mengasihi karena dikasihi terlebih dahulu oleh Allah.
Aku teringat seseorang yang kukenal yang sulit sekali mengasihi, bawaannya selalu ingin mencari masalah dengan orang lain, sukar sekali disenangkan, selalu saja menyalahkan orang lain atau keadaan untuk setiap situasinya. Aku malas berurusan dengannya. Tapi, baca ayat ini aku jadi berpikir, mungkinkah dia belum menerima kasih Kristus? Sehingga dia sulit mengasihi orang lain.

👉 Hari ini aku khusus mendoakan dia supaya dia menyadari kalau Allah mengasihi dia.

Amsal 29:15 (TB)  Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya.

Beberapa hari yang lalu salah seorang sepupuku merasa malu dan mengeluh karena anaknya diceritakan tahu-tahu memukul salah seorang tante kami. Sepupuku itu sempat berkata, untunglah dia tidak ada di tempat kejadian, kalau nggak dia akan malu sekali. Sudah banyak yang menceritakan kelakuan keponakanku itu, tapi baru kemarin aku melihatnya langsung. Speechless sih. Kami bingung kok bisa seperti itu, padahal papa mamanya kalem banget.

Aku tidak tahu apakah itu karena dibiarkan atau tidak tapi saat aku berdiskusi dengan papa Sara, kami sepakat kalau Sara berbuat salah, kami tidak akan pernah berkata, "Maklumlah, namanya juga anak-anak". Kami akan menegurnya, perkara dia mengerti atau nggak, kami berkomitmen akan terus menegur sampai dia mengerti apa yang dilakukannya salah, kami percaya setiap anak itu mengerti pada waktunya sendiri. Tugas kami adalah terus menegur dengan kasih.

Palangka Raya, 29 Desember 2017
-Mega Menulia-

No comments: