.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, May 29, 2015

Ajakan Menulis Random Setiap Hari



NulisBuku.com
Ajakan Menulis Random Setiap Hari! #NulisRandom2015


Kita semua setuju bahwa perjuangan untuk menulis setiap hari, di setiap pagi itu adalah pergumulan hampir setiap orang di dunia. Mungkin saja rasa yang memberatkan adalah disebabkan tidak adanya teman seperjalanan.
Karena itu, mulai hari Senin, tanggal 1 Juni 2015 ini, kami ingin mencari teman seperjalanan menulis setiap hari. Benar, Siapa saja!

Syaratnya hanya satu: TIDAK ADA SYARAT.

Kamu boleh menulis apapun, sebanyak apapun bahkan jika memang hanya ingin menuliskan satu paragraf saja juga boleh.

Tujuan ajakan ini hanya satu: Kita ingin mengelabui otak kita supaya kebiasaan menulis ini menjadi sebuah kebiasaan rutin yang harus kita lakukan. Seperti menggosok gigi setiap pagi. Serta, aku harap kita bisa bersenang-senang dalam menulis tanpa takut dianggap tidak inspiratif, bodoh, dan lain sebagainya.

Berani?

CARANYA:
Posting tulisanmu di notes Facebook-mu, atau boleh juga di blog pribadi. Kemudian bagikan link postingan tersebut kepada siapa pun yang ingin kamu bagikan. Boleh tag siapa pun. Silakan juga jika ingin memposting paragraf pertama dan link blogmu di grup Nulisbuku Comunity yang ada di Facebook ini.

Ajakan ini akan berlaku mulai Senin, 1 Juni 2015 hingga Selasa, tanggal 30 Juni 2015. Kamu bisa mempersiapkannya dari sekarang. Mulailah banyak membaca buku, artikel atau apa saja sebagai bahan supaya tidak kehabisan bahan bakar di tengah-tengah perjalanan.

Pada hari terakhir nanti, kita akan bagikan pengalaman ini. Aku yakin kita akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang berbeda-beda.

Siap? Mari memulai petualangan ini bersama, kita mulai menulis di hari pertama, Senin, tanggal 1 Juni 2015!

Be Brave!

Oke, mari cari ikat kepala dasi pramuka (yang merah putih ituuuu…), ikatkan di kepala, singsingkan lengan baju, buka laptop, mulailah tarian jemari di keyboard laptop dan ketikkan apa saja.MERDEKA!!! #apaansih. Hehehehe ^^V
Udah baca kan ajakan di atas? Yukkk…kita bareng nulis!!
Saya berkomitmen akan mengikuti ajakan di atas, dari kemarin saya mempersiapkan diri mengikuti ajakan tersebut. Believe it or not, saya menuliskan di selembar kertas, ide-ide random, hal-hal yang ingin saya bagikan selama bulan Juni nanti melalui tulisan saya. Begitu bersemangatnya saya sampai-sampai lebih dari 20 ide saya tuliskan, belum mencapai 30 sih, tapi saya cukup bersemangat membayangkan banyak hal yang bisa saya tuliskan, even Cuma satu paragraph, yang penting nulis kan? :p

Syaratnya hanya satu: TIDAK ADA SYARAT.
Saya menyuka bagian ini.
Saya tidak perlu berpikir keras dan dibatasi tema tertentu.
Saya tidak harus memenuhi  target berapa ratus kata yang harus dituliskan.
Saya tidak perlu membuat hasil tulisan yang bagus atau spektakuler atau luar biasa.
Saya hanya HARUS menulis.

Tujuan ajakan ini hanya satu: Kita ingin mengelabui otak kita supaya kebiasaan menulis ini menjadi sebuah kebiasaan rutin yang harus kita lakukan. Seperti menggosok gigi setiap pagi. Serta, aku harap kita bisa bersenang-senang dalam menulis tanpa takut dianggap tidak inspiratif, bodoh, dan lain sebagainya.

Berapa lama suatu kegiatan dilakukan hingga dapat menjadi sebuah kebiasaan?
Saya pernah membaca artikel yang menyebutkan variasi dari 21-28 hari. Artinya, lakukan hal tersebut terus menerus, tanpa bolong-bolong, tanpa berhenti selama jangka waktu tersebut, maka hal itu otomatis akan menjadi kebiasaan.Kita akan melakukannya tanpa berpikir atau memaksa diri lagi.

Benarkah demikian? Hari ini saya menemukan artikel lain di sini, dalam artikel tersebut ternyata disampaikan hasil penelitian yang menyatakan bahwa dibutuhkan rata-rata waktu yang lebih lama lagi untuk membentuk suatu kebiasaan, 66 hari, huaaaa…..Lama sekali ya :p Ingat, itu rata-rata looo. Bukan harga mutlak. Variasi angka akan bergantung lagi pada kebiasaan apa yang akan dibentuk, tentunya membentuk kebiasaan minum air putih setiap hari sebanyak 2 liter tidak sama dengan membentuk kebiasaan sit up 50 kali. Semua kembali kepada pribadi yang melakukannya. Contoh, bagi saya, sangat gampang membentuk kebiasaan membaca buku satu jam sehari, namun bila saya disuruh jogging setiap hari selama 15 menit, huaaa…tunggu dulu, saya tidak yakin kebiasaan tersebut akan terbentuk dalam waktu singkat seperti halnya membaca.

Hal lain yang menarik dalam artikel tersebut adalah, para peneliti juga mencatat dan menyimpulkan bahwa:
- Tidak melakukannya satu hari atau beberapa hari, tidak menghilangkan peluang dalam membentuk suatu kebiasaan.
- Ada beberapa kelompok orang yang sulit dalam membentuk kebiasaan atau tidak bisa membentuknya sama sekali. (habit-resistant)
- Kebiasaan-kebiasaan lain mungkin memerlukan waktu yang lebih lama lagi.

Apakah setelah 30 hari menulis ini kita otomatis akan terbiasa menulis setiap hari?
Saya tidak tahu.
Tidak ada yang menjamin.
Tapi, mari kita coba bersama. 
Jika waktu 30 hari tidak cukup, mungkin saya perlu menambah hari lagi, hingga akhirnya saya melakukannya tanpa berpikir ^^V
Mari kita menulis!!!

Kasongan, 29 Mei 2015
-Mega Menulis-

5 comments:

MaiaCan said...

I wanna take this challenge. Eventhough, one day has been late :)

Mega said...

Maia : Hayukkkkk nulis, better late than never, hohoho. Share dong link blog ato catatan fesbukmu :) Pengen juga bacanya.

MaiaCan said...

http://bestbestthebest.blogspot.com/ ini blog-ku kak. Silakan mampir. Tadi aku udah link ke blog kakak kok :)

Dian Wulandari said...

Ikuttttt

Dian Wulandari said...

Yuu

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs