Monday, July 22, 2024

Syarat di Lowongan Pekerjaan


Ribet, banyak amat syarat di lowongan pekerjaan sekarang.
Kenapa harus pakai syarat segala macam?

Demikian komentar dari pencaker yang sering kita lihat di kolom komentar saat ada lowongan pekerjaan. Nah, coba bayangkan setiap lowongan kerja tidak mensyaratkan apapun, semua orang bisa melamar, menyenangkan bukan? NGGAKLAH! Persyaratan dibuat dengan tujuan. Buat apa sih? Simak ya!

1. Supaya pekerja dan pekerjaan yang akan diberikan sesuai
Beberapa pekerjaan mensyaratkan jenis kelamin, keahlian, umur, penampilan, agama, status pernikahan, dll. Pencaker jangan berpikir kalau owner cuma iseng. Pasti ada alasannya pekerjaan tertentu memiliki syarat tertentu. Pahami itu.

Misal untuk driver diminta memiliki SIM A. Ngerti dong kenapa? Kalau ntar disuruh bawa mobil tapi gak punya SIM kan berbahaya ke depannya. Bisa kena tilang. Ujung-ujungnya yang repot owner deh.

Contoh lain, ada owner yang mensyaratkan agama. Nah, bisa jadi ini berkaitan dengan usahanya. Dicari helper masak di rumah makan yang menjual masakan non halal tentunya akan mensyaratkan pegawai non Muslim. Gak perlu mikir kalau owner SARA. Ini berarti owner memikirkan kenyamanan bekerja pekerjanya.

2. Memudahkan pencaker dan owner
Sebenarnya persyaratan dibuat supaya memudahkan pencaker dan owner. Pencaker dapat memilih sewaktu melamar pekerjaan mana saja yang kira-kira sesuai dengannya. Sementara owner dapat menyeleksi sesuai dengan yang dibutuhkannya. Bayangkan kalau ada lowongan pekerjaan tanya syarat, alih-alih memudahkan, pencaker malah tambah bingung lo. Semakin banyak pertanyaan dan ujung-ujungnya malah bisa jadi gak jadi ngelamar.

3. Tidak Membuang Waktu Owner dan Pengusaha
Bayangkan berapa waktu yang terbuang bagi para pencaker untuk melamar pekerjaan apabila semua lowongan tidak mencantumkan persyaratan? Semua lowongan dihubungi dan dikirim lamaran. Beh. Pusing sendiri nantinya. Sementara owner juga pasti kewalahan menyeleksi banyak sekali lamaran yang masuk. Waktu terbuang sia-sia menyeleksi para pencari kerja yang tidak sesuai spesifikasinya.

4. Saat Sudah Diterima Gak Gampang Berhenti
Jika owner memiliki banyak persyaratan, itu karena dia sangat mengerti spesifikasi apa yang memang diperlukan dalam satu pekerjaan. Ini karena owner pengen punya pekerja yang awet,bukan gonta-ganti pekerja, baru masuk sudah minta keluar karena gak sesuai. Nah lo kalau sudah begini akan merepotkan owner lo.

Ada seseorang mensyaratkan status janda dan usia untuk menjadi baby sitter. Bingung? Terlihat konyol kan? Tapi itu ada alasannya. Nah, baby sitter akan mengurus bayi atau balita. Jika semua umur diterima, apakah yakin bisa mengurus bayi? Taruhlah bukan janda, usia sudah berumur tapi belum pernah menikah dan punya anak, apakah pernah mengurus bayi? Persyaratan menyukai anak-anak tidak lagi cukup. Suka tapi kalau tidak bisa mengurus anak-anak, buat apa? Paham kan ya? Kelihatan banget menyukai anak tapi pas diterima gak bisa mengurus anak. Waduh!


Bagaimana kalau pencari kerja melihat lowongan kerja dengan persyaratan tidak masuk akal? Panjang banget seperti kereta untuk pekerjaan yang sepertinya sederhana? Nah, bisa jadi pekerjaannya tidak sesederhana yang dipikirkan ATAUUUU...bisa jadi ownernya emang ribet dan banyak maunya. Ya gak papa, dia berhak membuat syarat macam-macam kok. Dan ingat, pencaker juga bebas memilih untuk tidak melamar 😉

Semoga gak ada lagi yang mengeluhkan persyaratan lagi ya. Dan semoga pencaker yang baik dipertemukan dengan bos yang baik.

Palangka Raya, 22 Juli 2024
-Mega Menulis-

No comments:

Gak Bisa Membaca?

Pasti bisa. Tapi yang mengherankan di grup lowongan pekerjaan sering terjadi hal-hal di luar nurul. Bebeapa hari lalu ada lowongan tertulis...