.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, February 11, 2011

Selamat Datang di Universitas Kehidupan

Selamat datang di Universitas Kehidupan!!!
Tempat kita belajar dan melewati ujian, supaya bisa lulus suatu hari nanti, diwisuda oleh BAPA Sorgawi yang bilang, “Congrats nak! Baik benar hasil ujianmu selama ini, kamu dah terbukti baik dan setia. Ayo kita rayakan dan berpesta di Sorga. Come in.....” Hahahaha, ngarang banget aku ni ya...??!!

Tapi akhir-akhir ini aku bnar-bnar merasa kehidupanku di dunia ini seperti kehidupan di kampus UPN dulu, huahahahaha, promosi UPN nih. Tiap hari, ada aja mata kuliah yang diberikan TUHAN buatku, hmm.... mata kuliahnya kadang menyenangkan kadang ngga, kadang susah kadang gampang. Dosennya pun ada yang payah ngajarnya, ada yang enak ngajarnya. Tapi ujianNya gak pernah gampang. Susahe polllll....... Gimana gak susah, standar kelulusan dari TUHAN tinggi buanget L

Dosen yang mengajar kita adalah orang-orang di sekeliling kita, yang dari mereka kita belajar. Terserah kita, mau belajar gak dari mereka. Dan pelajaran apa yang mau kita ambil dari mereka juga terserah kita. Dari si A yang sabar kita bisa belajar tentang kesabaran, dari si B yang tidak sabar kita bisa belajar juga untuk tidak seperti dia, dan menjadi sabar. Pendeknya, semua orang yang kita kenal mampu mengajarkan banyak hal bagi kita, tinggal tergantung kita mau belajar dari dia apa gak.

O,iya ada juga dosen luar biasa yang namanya Roh Kudus, Dia ma udah profesor. Semua tentang kehidupan Dia ahlinya, Dia tau apa yang harus kita lakukan untuk melewati ujian-ujian kehidupan. Bahkan, untuk setiap ujian, kalo kita mau bertanya padaNya, Dia akan berikan clue alias kunci jawaban bagi kita. Dosen yang aneh ya??? Hahahahaha, itulah Dosenku tersayang. Dia gak Cuma mengajar, tapi juga mendidik, menegur, menghibur pula. Dosen yang gaul banget pokoknya, bisa jadi teman yang luar biasa juga..... TOP deh... ^^

Kalo dii kampus, kita bisa memilih, mata kuliah mana yang mau kita ambil semester ini, jadi kita tau di akhir semester ini ujian apa yang akan kita tempuh. Tapi di Universitas Kehidupan, TUHAN yang pilihkan buat kita, mana ujian yang kita hadapi semester ini, mana yang semester depan. Apakah semester ini kita perlu diuji dalam Mata Kuliah Kesabaran atau Mata Kuliah Bersukacita, atau Mata Kuliah Bersyukur, hanya Dia yang tau.

Terkadang Dia berikan ujian yang sama untukku dan beberapa orang pada saat yang sama, sehingga kami bisa belajar bareng. Dia izinkan aku dan beberapa teman ujian Mata Kuliah Mengampuni pada saat yang sama, sehingga kami bisa berdiskusi dan sharing (kak Imel banget...!!!hobi sharing,hahahaha) dan saat ujian, kami bisa lulus, itu harapan TUHAN. Karena gimanapun, menyenangkan punya teman seperjuangan, yang memperjuangkan hal yang sama, huahahahahaha, bisa saling ngerti dan paham apa yang dirasakan, bisa sama-sama menyemangati, belajar bareng lah..... Dan NYONTEK! Hahahaha, kalo di kampus dulu gak boleh nyontek kan? Tapi kali ini sah-sah aja kok, gkgkkgkgkgk. Gak salah ngelakukan yang sama dengan yang dilakukan temanku kalo itu membuatku lulus ujian dari Tuhan ni, kalo dia bisa kenapa aku ngga kan? ^^V

Tak jarang, ada teman-temanku yang sudah lebih dulu diuji dalam ujian yang aku dapatkan sekarang, ada yang lulus, ada yang ngga. Dan apapun hasil yang mereka capai, aku bisa melihat dan belajar dari mereka. Apa aja yang mereka lakukan supaya bisa lulus. Kalo aku dah tau trik dan cara belajar mereka, aku tiru yang lulus, jangan tiru yang gak lulus, ntar harus ngambil ulang mata kuliah ini, mau? ^^’ Bukan kebetulan juga kok, kalo aku diuji mata kuliah tertentu lebih dahulu dari orang lain. TUHAN mau aku lulus dan nantinya bisa menolong orang lain melewati ujian itu juga ^^V Jadi, kalo aku ngerasa dah lulus mata kuliah tertentu, penting banget mengingat caraku belajar dulu gimana, yang membuatku lulus. Sapa tau, someday, aku bisa turunkan ilmu itu ke orang lain. Tuhan gak mau kita lulus sendiri lo, kerinduan-Nya semua mahasiswaNya lulus dengan nilai terbaik. Jadi, kita harus saling tolong-menolong dengan teman lain. Jangan pelit dengan ilmu yang udah kita dapat, okeh? Kapan perlu, kita catat pelajaran yang kita dapat dan cara kita buat lulus, sapa tau berguna bagi orang lain, hehehehehe.

O, iya ujiannya Tuhan ujian praktek mulu lo, gak ada ujian tertulis, hehehe. UjianNya ujian kasus gitu sih. Biarpun mata kuliah kita sama, tapi tiap kita dihadapkan pada kasus yang berbeda-beda, dan tinggal kita, mau melakukan apa jika dihadapkan pada kasus tersebut. Dia yang akan menilai hati, sikap dan tindakan kita dalam ujian nanti. Layak ga buat dinyatakan lulus. Kalo lulus, Dia bakal kasih mata kuliah lanjutan, kalo ngga..selamat mengulang deh!!! Hahahaha, gak enak banget ya ngulang :(

Iya, sama kayak dulu di kampus kan? Kalo gak lulus mesti ngulang, fiuhhh....Bner-bner males yang namanya ngulang. Spend duit, waktu, pikiran, dan gak jarang perasaan, hiksss..... Mana ujian Tuhan ni standar lulusnya tinggi banget euyyyyy....!! Fiuhhh..... Mungkin kita puas lulus dengan nilai C ato B, tapi Tuhan maunya A lo... Makanya gak jarang, waktu aku kira aku dah lulus mata kuliah tertentu, eh tiba-tiba tahun depan Tuhan kasi lagi ujian mata kuliah itu. Cape dechhhhh.... Tapi itulah Tuhan kita, Dia mau kita dapat nilai perfect, jangan nanggung-nanggung, kudu A, gak perduli berapa banyak pikiran, hati, perasaan dan materi yang kita habiskan. Kalo kita ngalamin ujian yang sama berulang kali, bisa jadi itu karena kita blom lulus ato kita blom nyampe nilai yang Tuhan mau. Jadi, coba konsultasi deh dengan Profesor Roh Kudus, Dia ni yang paling tau apa yang kurang dalam ujian kita. Ditanggung dah, kalo kita mau nurutin saranNya, kita pasti lulus dengan nilai PERFECTO.

O, iya...banyak buku tentang kehidupan yang bisa menolong kita untuk lulus, tapi kalo aku boleh rekomendasikan 1 buku aja, aku rekomendasikan yang namanya Bible alias Alkitab. Tapi, aku kasih tau aja sekarang, membaca dan menghapal isinya gak akan membuat kita lulus sih, hanya jika kita melakukan isinya maka kita bisa lulus. Perlu latihan tiap hari tuh. Supaya waktu ujian diberikan, kita dah siap. Ingat, ujiannya ujian praktek lo. Jadi latihannya ya harus prakyek dong, hehehehe.

Oke deh, sekian tentang Universitas Kehidupan, hmmm....Semoga kita semua lulus dan bisa berjumpa waktu wisuda ntar. Selamat belajar!^^ God bless us.

Kasongan, 8 Februari 2011
-Mega Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs