Friday, March 18, 2011

This is NOT FAIR

Adik cewek semata wayangku, Ruri, tau-tau SMS gini kmaren:
Astaga, kecewa bnar aku mba. Udah betul-betul belajar, hasilnya malah jelek. Temanku yang selengean dan gak ada belajar nilainya malah tinggi, dasar gila benar ni. Tmanku Cuma asal jawab malah bisa tuntas, ajaib benar lo?

Beberapa hari ni emang di sekolahnya ada ujian dan aku tau dia belajar sungguh-sungguh buat ujiaannya, sampai dia rela libur baca komik. Fiuhhh.....aku ngerti banget kekecewaannya, aku Cuma bisa bilang ke Ruri yah mungkin ini supaya dia belajar lebih sungguh untuk ujian nasional yang sesungguhnya, daripada sekarang ujian sekolah nilainya bagus, lalu ntar pas ujian nasional jeblok kan?

Hmmm....yang kukatakan masuk akal kan? Kayaknya dia terima aja nasehatku gitu, tapi yang dia masi gak terima, KOK BISA YAAAA.....temannya yang setaunya gak blajar nilainya malah tinggi. That’s not fair, ya kan?
Iya juga sihhhhh......pikirku.
But, this’s life dear.....
Banyak hal yang nampaknya gak adil kalo dilihat
Hmm.....
Dalam hidupku banyak juga pertanyaan:
KENAPA BEGINI?
KENAPA BEGITU?
KOK BISA YA.....?

Dulu sering buanget aku juga ngiri sama orang lain, akan apa yang sudah dicapainya, padahal sepertinya he do nothing gitu loh, kenapa aku yang sudah melakukan ini itu gak bisa mencapai apa yang dicapainya. Kenapa setelah semua yang kulakukan, usaha yang kulakukan , then GOD doesn’t  give rewards for me, upah yang sesuai dengan apa yang dah aku kerjakan.

Iya sih, bayangkan aja, gimana aku gak nanya ‘WHY’ juga sama TUHAN kalo ngeliat sikonku waktu itu,
bgitu lulus, papahku sakit dan harus dirawat intensif (papahku maunya kutemanin melulu, gimana bisa aku kerja),
1,5 tahun stelah aku lulus papahku meninggal, mamahku gak kerja, dan aku blom kerja, sementara....
1 adekku masih kuliah di jogja dan yang 1 mau masuk SMA
Gimana gak pusing nih kepalaku, ada banyak kekuatiran, ketakutan, tangisan juga....
TUHAN lah yang paling tau waktu-waktu aku mencurahkan air mataku, orang lain boleh melihatku sebagai wanita yang kuat dan tegar, tapi sungguh gak terhitung dah deraian tangis yang kutumpahkan di hadapan BAPAku.

Berulang kali nanya:
Kenapa sih gini TUHAN? Kenapa harus aku? Kenapa hidupnya .... (nama temanku) baek-baek aja? Apa sih salahku? Apa kurang yang kulakukan selama ini? MauMu apa?
Aku iri abis sama kehidupan temanku yang bisa dengan enaknya melenggang kangkung dan gak punya masalah, knapa harus aku yang mengalami ini, kenapa bukan dia?
Jahat banget ya aku, tapi emang aku pernah berucap gitu kok ^^’

Berusaha mengingat dan meyakinkan diri dengan FirTu, berulang kali memperkatakan FirTu kepada diri sendiri (ini nih untungnya baca FirTu, pas perlu, Roh Kudus kluarin semua di kepalaku, di dalam hati-bukannya telinga, terngiang-ngiang) :

Jangan kuatir Meg, serahkan kekuatiranMu kepada Yesus, sebab Dia yang memelihara kamu....
Masa depan sungguh ada dan harapanmu gak akan hilang Meg...

Jangan kuatir akan apapun juga, nyatakan kkuatiranmu kpada Allah Meg, damai sjahtra Allah yang mlampaui sgala akal akan mmelihara hati dan pikiranmu....

SEGALA PERKARA dapat kamu tanggung di dalam Yesus, yang sudah bri kkuatan kepadamu....

Pencobaan yang kamu alami ni, pencobaan biasa kok, Allah setia dan akan brikan kamu jalan kluar....

Rancangan ALLAH bukanlah rancanganmu Meg, percayalah rancanganNYA jauh lebih baik....

TUHAN gak pernah tidur Meg, penjagaMu gak pernah terlelap, kamu dan keluargamu aman dalam penjagaanNya Meg....

ALLAH turut bekerja kok dalam segala yang terjadi ini untuk mendatangkan kebaikan...

ALLAH mengasihimu dan keluargamu dengan kasih yang kekal....

Jangan kuatir akan hidupmu ato apapun yang kamu perlukan, ALLAH adalah TUHAN yang menyediakan....

DIA adalah gembalamu, kamu dan keluarga gak akan kekurangan kok....

TUHAN menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan kamu sangat dikasihi-Nya Meg

Dan.... banyak kali pun aku memperkatakan FirTu yang laen ke diriku sendiri, demi menguatkan hati, gak jarang aku juga mengatakan itu ke mamah, dan kami menangis bersama, huaaaa....:’(
TAPI....
Tetap ada pertanyaan ‘WHY ME GOD’ yang kadang muncul  ^^’

Dan pencerahan muncul suatu hari dari seorang sahabatku Patar.

Waktu itu kami masih sama-sama nganggur, dia curhat dan bilang, aku lupa persisnya, tapi intinya gini, dia bingung dan protes sama TUHAN, kok TUHAN bgitu keras ke kami (aku dan Patar), banyak teman kami dulu yang lari dari pelayanan di kampus dan hidupnya baek-baek aja kok, malah cepat dapat kerjaan, gak ada masalah dan enak-enak aja tuh hidupnya, sedangkan kami yang udah jungkir balik lompat koprol kok malah menderita gini (lebaaayyyyyy......^^).  Tapi tiap dia protes gitu, ada suara hatinnya Patar yang bilang: YESUS sudah mati buat kamu Tar...

Huaaa....terdiam deh dia, aku juga sempat diam pas dia sharing gitu. PLAK. Ketampar....
Kalo GOD dah bilang gitu, then aku bisa ngomong apa lagi? Yang dilakukannya bagiku dah terlalu besar, trus aku masi minta rewards sama seseorang yang dah brikan nyawanya buatku? FOOL ME. Aku tobat... ^^’

Memang hidup gak akan pernah terlihat adil bagi seorang manusia, dalam buku Cat&Dog Theology ada kata-kata yang aku ingat banget: Kehidupan tidak dirancang untuk adil, kehidupan adalah serangkaian kesempatan untuk memuliakan Allah.

Dalam segala yang terjadi, kalo kita melihat orang lain, timbullah perasaan kenapa gak adil, tapi ya sudahlah, yang penting bukan adil ato tidak adil, tapi bagaimana dalam segala kesempatan, bahkan dalam ketidakadilan ini, kita tetap memuliakan Allah.

Sesungguhnya, mana yang menjadi kesaksian yang luar biasa, mana yang lebih memberkatimu,
orang yang  memuliakan ALLAH saat hidupnya baik-baik saja, ato orang yang dimampukan memuliakan ALLAH even keadaannya demikian terpuruk?

Saat hati kita melimpah dengan ucapan syukur kepada ALLAH di tengah ketidakadilan/masalah/penderitaan yang kita alami,
saat kita lebih memilih bersyukur di tengah keadaan yang buruk,
saat kita memilih mempercayai ALLAH di tengah situasi yang menyedihkan
saat kita tetap bertahan dan bilang ‘TUHAN YESUS BAIK, smua yang terjadi ini baik’
PERCAYALAH,
Itu akan menjadi pengalaman yang luar biasa
Itu akan jadi pelajaran yang hebat
Dan.... itu membuat ALLAH tersenyum loooo.... ^^
^^V

Kasongan, 18 Maret 2011
-Mega Menulis-

4 comments:

Stephanie Gunawan said...

wah keren banget yang cat and dog theology!! baru denger!! like this!!

Mega said...

Bagus banget Step Cat&Dog tu Step, ada versi komiknya juga....
Recommended banget dah.Gak nyesal baca itu, tapi emang agak susah nyari bukunya, aku ikutan seminarnya dan beli pas disitu ^^'

Mega said...

Bagus banget Step Cat&Dog tu Step, ada versi komiknya juga....
Recommended banget dah.Gak nyesal baca itu, tapi emang agak susah nyari bukunya, aku ikutan seminarnya dan beli pas disitu ^^'

Stephanie 'Takapipi' Gunawan said...

wah keren banget yang cat and dog theology!! baru denger!! like this!!