.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, June 21, 2011

Manajemen Waktu

“Ya ampun, gak kerasa dah jam segini, waktu cepat banget berlalu”.
“Sepertinya aku gak punya waktu buat mengerjakan ini semua, aaarrggghhhhh...!!!”
“Kenapa sih sehari Cuma 24 jam?” *konyol*



Aku pernah berpikiran seperti itu lho....hahahahaha
Tapi sejak jadi pegawai yang terjadi adalah aku berpikir:
“Kenapa ya waktu berjalan luaaammmmbbbaaaatttt buanget??”

Gubraakkkkk!!!
Padahal dari dulu ampe sekarang ma sama aja, sehari tu terdiri dari 24 jam kan?
Something wrong with me dunk ^^’
Jadi ingat, zaman kuliah dulu, habis dapat pelajaran Penatalayanan Atas Waktu pas di KAMBIUM, aku langsung praktekin buat jadwalku selama seminggu, dari bangun ampe tidur aku punya jadwal, tu jadwal lengkap dari bangun tidur, sate, bersih-bersih, kuliah, pelayanan, berenang, jalan-jalan, ngerjain tugas, belajar, di rumah doang (iye, bner-bner spending time just with my brother n my eyang, hehehehehe), gak lupa disitu ada juga waktu-waktu ‘kosong’ dalam sehari dimana aku bisa ngerjain hal-hal di luar kegiatan rutinku.




Trussss.....tiap malam aku buat list hal-hal yang WAJIB aku lakuin(di luar jadwal mingguanku di atas) buat besoknya, jadi besok kalo dah aku lakuin aku centang. Misal, besok aku musti:
-          - Belanja bulanan
-         - Ambil foto copy buku (maklum mahasiswa, mikir-mikir beli buku)
-          - Hubungin pemusik dan singer buat persekutuan
-          - Ke warnet cari bahan buat buletin El Shaddai
Nah, ‘list’ ini aku kerjakan di ‘waktu-waktu kosong’ dalam jadwal rutinku hari itu.

Supaya gak lupa, jadwal ini aku bawa kemana-mana di tas, trus aku tempel di gabus yang kupasang di dinding kamar, jadi orang rumah (eyang dan adekku tau kegiatanku hari itu).

Mungkin ada yang heran yo, kok aku segitunya, ato mengerutkan dahi, mau-maunya aku serepot itu dan diatur jadwal gitu, hahahahaha.... ^^’
Yeaaahhh, I love to make a plan...!!

Bahkan, aku punya daftar hal-hal yang pengen aku kerjakan kalo lagi ‘kosong’ ato BT, ga ada kerjaan, dsb. This is my list:
-          - Nonton film yang blom kutonton (tentunya udah aku copy tuh film-film) ke komputer
-         -  Buat kristik
-         -  Baca ulang koleksi bukuku
-         -  Menata ulang kamarku
-          -Buat kartu ato pembatas Alkitab (tentu saja bahannya udah ada, jadi aku tinggal buat)
-          - Dll

Segitunya ya aku masalah pengaturan waktu!! Hahahaha, makanya aku gak heran kalo ada karakter kayak Monica di serial Friends yang perfeksionis habis dan bener-bener A Planner dah, aku gak ‘segila’ Monica sih, hehehehe...tapi seneng aja sih merencanakan sesuatu dengan detil. Gak masalah kalo ntar gak berjalan sesuai rencana, aku juga suka kejutan ato hal-hal yang spontan kok, tapi at least aku punya pegangan awal. O,iya aku gak gila kebersihan kayak Monica kok, aku berantakan kok ^^’ (tobat Meggggg!!!).

Tau gak sih, sewaktu skripsi dulu, aku beli kalender gede yang cuma buat sebulan tapi kosong, trus aku tulis tanggal-tanggal dalam bulan itu dan aku nulis targetku bulan itu (misal ACC bab 1-3 dari dosen 1) di tanggalnya. O, iya tu kalender bisa ditulisin dan dihapus kayak whiteboard lo..... ^^’ Kalo aku bimbingan pagi ma dosen trus dikasi saran ato disuruh ngubah sesuatu, aku gak pulang ke rumah, mending nongkrong di tempat teman ato ke rental ngerjain tu skripsi, jadi tar siang usahain ktemu tu dosen. I don’t want to wasting time!!

Gak sembarang Cuma ngikut jadwal kok aku, waktu ‘kosong’ ku juga gak lalu aku buang sembarangan. Belajar dengar-dengaran dan peka ma suara TUHAN juga, asking HIM di ‘waktu’ ini TUHAN mau aku ngapain, dan itu pengalaman yang menyenangkan looooo.... Pernah suatu kali aku pulang dari kuliah (seharian dah gak ada kuliah lagi), trus di jalan I asking GOD, “TUHAN, habis ni ngapain ya enaknya?”. O, iya....kampus ma rumah Eyangku juga lumayan jauh, jadi aku suka talking-talking with God gitu, hehehehe. Udah ngebayangin nyantai di rumah aja, entah nonton, entah dengar musik, ato baca buku, pokoke nyuantaaiiiii, cape tau seharian kuliah. Dan tau-tau ada perasaan aku harus mengunjungi seorang temanku. Sempat mikir juga sih,”Haduh, ngapaen juga kesana, aku lagi males ngobrol, maunya nyantai di rumah aja”.  Tapi yo wes lah, aku mampir bentar, iya juga kalo orangnya ada, sapa tau dia kuliah, kan aku bisa langsung pulang, lagian rumahnya sejalur kok sama jalanku pulang. Dan, taukah kamu? Ternyata eh ternyata, temanku tu lagi perlu teman ngobrol, dia sedang ada masalah, dan she say thanks to me karena datang paad waktu yang tepat. BAHHH!!! Salah alamat teman, u must say thanks to GOD ^^’ GOD is awesome......

Pokoknya, sejak dapat pelajaran Penatalayanan Atas Waktu tuh aku bertekad ga bakal buang waktuku percuma. Kalo aku gak bertanggung jawab ma waktu yang dah diberikan Tuhan kan maluuuuu.....Aku rindu banget someday, GOD will say to me:
“Baik sekali perbuatanmu itu hai hambaku Mega yang baik dan setia, engkau telah setia dalam perkara yang Kuberikan, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaanKU”.
bdk Matius 25:21

Huaaaa.....ngebayangkannya aja aku dah sueeeneeenggggg buanget...!!! \(“,)/

Sejak lulus, aku gak pernah buat jadwal kayak dulu, paling aku buat daftar yang mau aku kerjain hari berikutnya aja, hmm....kayaknya perlu nih diterapkan lagi. Belajar berdisiplin lagi ahhhh.....^^V

Eniwei, just want to share bahwa penting banget lo mengatur waktu kita sebaik-baiknya, coz kita adalah penatalayan atas waktu yang diberikan TUHAN. Jangan sembarangan menggunakan waktu yang diberikan Tuhan, karena waktu adalah harta yang sangat berharga, kalo hilang dah gak bisa kembali lo.....!!! Ntar deh, aku postingkan tulisan ringkasan Penatalayanan Atas Waktu dari Buku Bertumbuh dalam Kristus Kambium ^^

Karena itu perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Efesus 5:15-16




Kasongan, 21 Juni 2011
-Mega Menulis-


ps: believe it or not, saking ngga mau ngabisin waktu dengan percuma, kemana-mana aku bawa buku lo, buat dibaca kalo harus nunggu sesuatu, hahahahaha.

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs