.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, June 13, 2014

Komitmen 300 Kata



Akhir2 ini males banget nulis #sigh. Saat ada yang mau ditulis pun menimbang2 banyak hal, akhirnya gak jadi nulis. Bu Meicky Shoreamanis Dan Merryll pernah menyarankan begini, lupa kalimat persisnya, tapi inti ne kalo mo nulis kudu komitmen dan beritahu ke banyak orang supaya kamu diawasi dan diingatkan mereka saat kamu gak menulis. Dan hari ini aku berkomitmen mo menulis minimal 300 kata per hari.
Toloooongggg...Ingatin aq ya teman-teman ^^ Makasih.


Demikian bunyi update statusku kemaren, dan banyak pun yang dah mengingatkan aku menulis hari itu juga. Terima kasih ya teman-teman ^^ Tapi plis ya teman-teman, ingatinnya jangan Cuma pas sehari ato dua hari setelah itu komitmen diikrarkan karena ini di awal emang masih semangat 45, lah seminggu ato sebulan lagi? Hahahaha. Tolong ingatkan aku ya. Jadi kalo sehari ato dua hari aku gak posting tulisan, nah….segeralah ingatkan aku, biar aku malu karena dah bikin pengumuman terbuka gitu tapi lalai menepatinya.

Kenapa membuat komitmen gitu Meg?
Karena selama ini aku merasa males banget nulis, beneran aja. Terkadang karena ada film yang ditonton, ada buku yang dibaca, ato males ngidupin laptop. Alamakkkk, ngidupin laptop aja males ya, ckckckck, paraahhh… Terkadang ada ide untuk menulis sesuatu tapi akrena banyak mikir jadinya gak tertulis. Nah, pandai banget kan aku mencari alasan, hahaha. Memang bener kata Bobby, kalo hati ingin dia akan menemukan 1001 cara, tapi kalau hati tak ingin maka dia akan menemukan 1001 alasan. Terus beberapa minggu yang lalu Bu Meicky menyarankan aku untuk berkomitmen menulis 300 kata sehari, dan baru kemarin aku punya keberanian mengumumkan hal itu. Secara, kebayang gak kalau aku beneran diingatin tiap hari buat nulis sama orang-orang. Lagi banyak kerjaaan , lagi bete, lagi gak mood nulis tiba-tiba “dipaksa” nulis 300 kata, hadehhh… Pusing gak tuh? LOL.

Mungkin ada yang berpikir, emang ngapain menulis setiap hari gitu, apa mau jadi penulis Meg. Wah, malahan gak pernah aku bercita-cita menjadi penulis, atau punya keinginan menggebu untuk menerbitkan buku. Waktu kecil aku malahan paling benci kalo disuruh mengarang, mending  aku disuruh ngerjain matematika deh :p Sekarang aku memaksa diri menulis sih lebih untuk melawan kemalasan dengan melakukan sesuatu yang aku anggap produktif. Bisa kelihatan lah hasilnya. Lagi pula menulis adalah hobi yang bermanfaat gak Cuma buat diri sendiri, tapi bisa jadi bermanfaat buat orang lain kan? Siapa yang tahu berapa banyak orang yang akan menerima manfaat dari apa yang kita tuliskan?

Loh kalo hobi kok harus dipaksa sih Meg? Bukannya hobi tuh sesuatu yang kita senangi? Terus kalau bermanfaat, ngapain sih “dipaksa” dulu baru menulis?
Oke, fyi itu adalah pertanyaan –pertanyaan yang aku ajukan ke diriku ^^
Biasanya seseorang punya hobi lebih dari satu, begitu juga aku.Aku menikmati membaca buku yang menarik, aku suka menonton film yang bagus, aku suka menyanyi di kamar mandi, aku suka menulis saat ada sesuatu yang kurasa perlu aku tuliskan, dan masih banyak lagi. Banyak hal yang aku senangi dan membuat aku rileks, tapiii….karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya, tentunya aku gak bisa melakukan semua hal. Aku harus memilih. Dan berdasarkan aturan 80-20 Paretto, menulis merupakan pilihanku. O, iya ini sedikit penjelasan tentang prinsip Pareto 

Jawaban untuk pertanyaan kenapa harus “dipaksa”, maka aku akan menanyakan beberapa hal. Apakah kita semua tahu kalau olahraga adalah hal yang baik untuk dilakukan?
Oh, tentu saja kita tahu.
Apakah olahraga bermanfaat?
Ya iya lah, anak kecil aja tahu.
Apakah semua orang berolah raga secara rutin?
Tentu saja tidak. Bener kan?
Terkadang, kita harus dipaksa untuk melakukan hal yang baik.
“Dipaksa” memang bukan kata yang enak didengar, dan “dipaksa” bener-bener bukan hal yang enak. Tapi itu kenyataan. Kita perlu dipaksa karena sering kali kita lebih peduli dengan teguran dan pandangan orang lain dibanding diri sendiri, apa gak malu tuh dah komitmen seantero fb tapi gak dikerjain. Sad but true, tapi itu yang terjadi, paling gak dalam kasusku. Sangat mudah untuk membuat (dan memaklumi) alasan-alasan yang aku buat  sendiri untuk gak melakukan sesuatu hal yang aku janjikan, oleh sebab itu aku harus dipaksa untuk gak mencari alasan. Aku harus mendisiplinkan diriku. Eh, kayaknya pake kata “didisiplinkan” asyik ya dibanding “dipaksa”, hahahaha. Sesuatu yang kita lakukan terus-menerus akan menjadi kebiasaan, kebiasaan akan menjadi gaya hidup. Apa salahnya aku mendisiplinkan diri untuk menulis supaya menulis menjadi gaya hidupku nantinya (cieee…).

Kenapa 300 kata Meg?
Awalnya Cuma mo membuat target supaya semangat aja. Eh bu Meicky juga pernah menyarankan target 300 kata kayaknya (atau 200 kata ya?), aku lupa, hehehe. Pas udah bikin pengumuman di fb kemaren aku baru mikir, alamak…300 kata, bisa gak ya, tiap hari looo. Parah ya, ngasal banget aku. Selama ini aku nulis mana pernah liat berapa kata yang aku tulis, Cuma kemaren logikaku gini, sehari kan cewek bisa ngomong beribu-ribu kata menurut penelitian, berarti kan tinggal dipotong tuh jatah ngoceh 300 katanya dan dituliskan.LOL.
Kemarin, waktu aku menulis dengan target segitu tiap berapa kalimat aku ngecek di sudut kiri bawah layar laptop, dah berapa kata nih, wakakakak. Terus, pas dah dapat satu alinea juga masih ngeliatin dah nyampe blom, hahaha. Alinea kedua, aku masih melakukannya. Konyol juga kalo dipikir.Tapi lama-lama dah terlupakan. Baru pas tulisan dah selesai aku ngecek, woooo….800an kata. Ternyata aku emang tukang ngoceh :p Pas aku cek dan ricek, 300 kata tu ternyata “Cuma” sepanjang 1 halaman A4 penuh tulisan. Ah, aku optimis jadinya. Bisa laaahhh… \(“,)/

Bersama kita bisa!!!
#loh

Kasongan, 12 Juni 2014
-Mega Menulis-

2 comments:

Asyiknya Menulis said...

semoga bisa yaa meg :)
biarlah kita saling mengingatkan tuk tetap mau menulis hehehe

Mega said...

Sipppp. Ingatkan aku ya Li ^^

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs