Wednesday, April 17, 2019

Amsal 16,Mazmur 106

Mazmur 106

Scripture      
Mazmur 106:1 (TB)  Haleluya! Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Observation
Tuhan itu baik. Ya, aku tahu. Bahkan kasih setia-Nya benar-benar aku alami tanpa henti. Tapi apakah aku menyadari kebaikanNya, itu masalah yang lain. Kalau aku gak bersyukur kepada TUHAN bisa jadi karena aku:
- gak menyadari kebaikanNya
- menganggap sepi kemurahanNya
Aku suka waktu Ci Lia dalam rhemanya beberapa hari lalu bilang hidupnya adalah bukti kemurahan Tuhan. Jadi, bukan pemberianNya, aku hidup setiap hari pun bukan hal yang biasa, tapi bukti kebaikanNya. Apakah aku ingat bersyukur setiap hari untuk nafas yang aku hembuskan?

Aplication
✔️ Aku mau bersyukur kepada TUHAN atas segala yang Tuhan perbuat dalam hidupku. Hidupku adalah bukti kemurahanNya.

Prayer   
Tuhan, terima kasih untuk kasih setia TUHAN yang gak pernah berhenti. Aku bersyukur buat hidupku, segala yang terjadi, segala pemberian Tuhan sungguh baik. Terima kasih karena Tuhan gak pernah berhenti berbuat baik untukku. Amin.

Amsal 16

Scripture      
Amsal 16:24 (TB)  Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.

Observation
Sedang ngetren makan madu langsung dari sarangnya,  entah apa bedanya dengan madu biasa, aku pun gak tahu. Belum pernah coba  Mungkin sama manisnya ya dengan madu yang sudah dalam kemasan. Tapi yang jelas,  aku lebih yakin kalau madu yang ada di sarang itu asli, madu murni yang bukan dicampur dengan gula (emang ada ya orang mau repot campur madu dengan gula lalu taruh lagi di sarangnya buat dijual, hahaha).  Madu murni tentunya lebih sehat dibandingkan campuran. Apakah perkataanku seperti sarang madu? Manis dan memberikan kesehatan bagi yang mendengar? Atau jangan-jangan ada hati yang tersakiti. Kemarin di grup WA kawan SMA banyak yang curhat pernah dibully dan perkataan itu diingat bahkan setelah puluhan tahun. Betapa mengerikannya kekuatan kata-kata! Reminder buatku untuk berhati-hati dalam berkata-kata.

Aplication
✔️ Bagaimana aku seharusnya berkata-kata?
 Jangan menyakiti perasaan orang lain.
 Kalau gak berguna atau menolong, mending diam.
 Mengatakan kebenaran dengan jujur, kalau pun gak menyenangkan tapi menyembuhkan.

Prayer   
Tuhan, pakailah perkataanku untuk menyembuhkan hati mereka yang mendengarnya, biar mereka yang mendengarnya beroleh kasih karunia. Amin.

Palangka Raya, 16 April 2019
-Mega Menulis-

No comments: