Monday, March 2, 2020

1 Yohanes 3

1 Yohanes 3

Scripture       
1 Yohanes 3:15 (TB)  Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

Observation & Aplication 
Tadi malam bertemu seseorang yang ngeselin banget. Suamiku juga kesal sih, dia bilang sama aku setelah itu sudah, dia tidak mau membahas orang itu dan gak mau berurusan lagi dengan orang itu. Ya sudah. Nah, masalahku adalah, aku sedemikian kesalnya sampai-sampai ingin membicarakannya dengan suamiku berulang-ulang. Khas cewek banget kan? Aku sadar kalau aku melakukannya aku berdosa dengan lidahku tapi kalau aku memikirkan orang itu, yang ada di pikiran juga misah-misuh. Well, emang orang itu toxic banget. Bahkan, suamiku mengakuinya. Tapi suamiku memilih menjaga jarak dengan orang tersebut dan berhenti membicarakannya. 

Aku baru sadar kalau aku menyimpan kebencian saat melihat perilaku orang tersebut dan muncullah kenangan akan perbuatannya yang lalu. Rupanya hatiku masih belum beres. Aku harus stop memikirkan orang itu terus-menerus karena hanya akan membuatku makin membencinya. Biarkan dia menanggung segala perbuatannya dan aku gak perlu menjadi seorang pembunuh dengan membencinya. Segala kegeraman dan amarah harus aku buang. Aku harus belajar mengampuni dia. 

Aku bergumul sih untuk pemberesan dengan orang ini dan membicarakan langsung kepadanya bagaimana perasanku dan bagaimana dia menyakitiku tapi suamiku sudah terlanjur malas berurusan dengannya. Mau bicarakan lagi dengan suami ean tanyakan pendapatnya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya berhenti membenci orang ini dan bisa membicarakan yang mengganjal di hatiku. Amin.
Gratitude Journal 
28 Februari 2020 

1. Bersyukur sewa rumahku di Kasongan untuk bulan Februari sudah dibayar. 
2. Bersyukur bisa ajak bocah-bocah main di pasar malam dan ke fun city. 
3. Bersyukur di Palangka Raya sudah ada Mr. DIY, jadi bisa beli mainan aktivitas untuk Sara. 
4. Bersyukur pas main di fun city dapat banyak tiket dan beberapa koin tambahan. 
5. Bersyukur bisa senam di kantor walaupun hujan.
6. Bersyukur sop ceker yang kubeli disukai bocah-bocah.

Palangka Raya, 28 Februari 2020
-Mega Menulis-

No comments: