.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, June 3, 2011

Boleh Gak Sihhhh????


Pernah gak dengar pertanyaan-pertanyaan model gini dari tman seiman kita (ato dari diri kita sendiri timbul pertanyaan kayak gini):

Dosa gak sih marah tu? Boleh gak marah tu?
Di Alkitab gak dilarang kan merokok, boleh dong berarti?
Berjudi gak ada tuh ayatnya di Alkitab, ga papa kan?
Boleh kan pacaran ciuman?
Boleh ga pacaran dengan yang gak seiman?
Boleh gak kita bercerai dari suami/istri?
Boleh gak pakai rok mini?

Nah looo....BOLEH GAK SIHHH??
Untuk menjawab pertanyaan gitu, yang harus dilakukan adalah tanyakan:

  1. Sesuai FirTu gak sih hal ini?
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.
2 Timotius 3:16-17

Nah, untuk make sure sebenarnya apa yang kita lakukan boleh ato ga, pastinya...cek dengan FirTu dong, karena disitu TUHAN dah kasih kita penjelasan apa yang Dia ingin untuk kita lakukan dan yang gak.

Dan yang lebih penting, Alkitab menolong kita mengenal pribadi Allah, bagaimana perasaan-Nya, apa yang ada di hati-Nya saat kita melakukan suatu hal. Through The Bible, He make Him known oleh kita. Sedikit banyak kita akan mengerti bagaimana perasaan-Nya akan banyak hal. Kita memilih melakukan atau tidak melakukan sesuatu BUKAN SEKEDAR karena takut akibatnya, tapi karena kita peduli perasaan ALLAH akan hal itu, dan kita tidak mau mendukakan-Nya.

Lalu, gimana dengan hal-hal yang gak tercantum di Alkitab boleh atau gak?
Let’s check next point.....

  1. Berguna ato membangun gak hal ini?
"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
1 Korintus 10:23

Di FirTu ada gak dibicarakan tentang mie instant, operasi plastik, dsb? Gak ada kan? Ya iya lah, zaman dulu gitu lohhhh, hahahhaha. Tapi FirTu bilang dengan jelasnya tentang hal-hal yang gak tercantum itu. Jadi, boleh tuh makan mie instant, tiap hari 3x sehari, 24 jam selama 7 hari, TAPIIII....... ingat, itu berguna gak buat tubuh kita, itu membangun kesehatan kita gak? (Contoh yang aneh yeeee? Maklum penggemar mie instant nih aku, jadi mengingatkan diri sendiri juga, hahahahaha)

Mau operasi plastik? Hmm....Jangan langsung geleng-geleng kepala bilang gak boleh *padahal awalnya juga aku mau bilang gak boleh, gkgkgkgkgk*, trus teringat kalo operasi plastik tu sebenarnya gak Cuma untuk kecantikan doang looo...Cuma imagenya dah buat kecantikan doang. Operasi plastik kan awalnya sekedar untuk memperbaiki fungsi bagian tubuh, manusia aja yang terlalu kreatif dari hari ke hari, fungsinya dah nambah buat kecantikan, fiuuhhhh.... ^^’ (btw, aku ngomongin operasi plastik gara-gara ingat berita di infotainment tentang artis yang operasi plastik, gkgkgkgkgk).

  1. Apakah hal ini membuatku ketagihan? Atau merupakan candu?
Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.
1 Korintus 6:12

Aku pernah membaca tentang seorang wanita yang operasi plastik sampe 51 kali ‘hanya’ demi tampil semakin cantik, haduhhhh...... Gila gak sih? Ketagihan dioperasi kali ya ni orang. Trus, kebiasaan merokok yang dianut beberapa orang keluargaku, katanya ada yang kurang kalo habis makan gak ngerokok, mulut terasa masam, dll dah. Ada juga anggota kelurgaku yang maniak minum kopi, haduuhhhhh..... ^^’

Nah, apa aja hal-hal dalam hidup kita yang udah gak bisa dilepasin? Kebiasaan apa yang sampe sekarang mengikat kita? Bisa jadi itu dah jadi candu yang gak bisa kita tinggalkan. Masa sih kita diperbudak hal-hal yang gak penting dan ga bernilai kekekalan (cieee...).

  1. Hal ini jadi batu sandungan gak buat orang lain?
Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah. 1 Korintus 8:9

Paulus ngasih teladan yang jelas dalam hal ‘tidak menjadi sandungan’ bagi orang lain ini, dia bilang jangan sampe yang kita lakukan jadi batu sandungan buat orang lain, jangan sampai apa yang kita lakukan (walopun gak salah) tapi menghalangi orang lain datang kepada Kristus. Nah, tinggal mikir lagi, yang akan kita lakukan ini, apakah membawa orang rindu mengenal Kristus yang kita sembah, ato malah membuat mereka anti mendengarkan kebaikan Kristus. Berhikmatlah dalam bertindak ! ^^

Kupikir 4 poin itu perlu kita lakukan n pertimbangkan waktu timbul pertanyaan “BOLEH GAK” tadi. Semoga berguna.....!!! ^^/

Kapuas, 3 Juni 2011
-Mega Menulis-


11 comments:

Louisa Veronica said...

Muegaaaaaa ^o^ hahahaha....baru pertama kali nih mampir di blogmu :)

he'eh sekarang nih banyak loh pertanyaan2 ala "boleh gak boleh gak" gitu...bahkan datang dari anak2 Tuhan sendiri!! Thx banget 4 sharing this :) mudah2an bener2 bisa jadi panduan buat kite semuanye yeaaah hehehe....

Eh lu tu tinggal di Kapuas? itu Kalimantan bagian mana yah?

Mega said...

Iya, sering aku juga nanya gitu kok ^^'

Sebenarnya, di kapuas ni aku sedang maen ke tempat sepupuku.

Aku kerja di Kasongan, tapi rumah ortuku di Palangka Raya, tiap Jumat pulang kantor aku pulang ke Palangka Raya, trus Senin pagi balik lagi ke Kasongan.

Semua tempat yang aku bilang tadi tu di Kalimantan Tengah ^^ maen yok kesiniii...^^

Nonik said...

wah pingin banget ke Kalimantan Meg. masa selama ene gue cuma puter2 di Jawa-Bali doank. bener2 memalukan!! indonesia itu kan luas banget yaak....

ntar kalo aku mau ke Kalimantan aku kontak yah, mudah2an sih bisa kesampean....

Mega said...

iyeee...kalo ke kalimantan tengah, hubungi saia ya...!! aku malah pengen banget maen ke papua, kata temanku yang pnah kesana alamnya kereeennn banget *mikir* kapan ya?

liat foto2 liburannya ka Shinta jadi mupeng, keren banget ya bisa jadi backpacker gitu.

Theresia Hutapea said...

ini teeeh benar pisan hahahah...smuanya balik ke firman Tuhan ya sbgai standar kita :) nice post ;)

Mega said...

echa: iyo Cha... habis mau nanya ma sapa lagi kalo gak FirTu patokannya, thx 4 read this post ^^

Mega said...

echa: iyo Cha... habis mau nanya ma sapa lagi kalo gak FirTu patokannya, thx 4 read this post ^^

Theresia Hutapea said...

ini teeeh benar pisan hahahah...smuanya balik ke firman Tuhan ya sbgai standar kita :) nice post ;)

Yosua Tambunan said...

Heeeehehehehe..... hayo,, boleh apa gak? :D

Yosua Tambunan said...

Hayooooooo,,, boleh gag? Yuk,, tulis menulis,,,,, heeehe.....:D

Mega said...

Semangat aman komen Cok? Sampai 2x gitu, hahahhaha

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs