Tuesday, September 18, 2018

Mazmur 78, Yesaya 18

Yesaya 18

Scripture
Mazmur 78:18 (TB)  Mereka mencobai Allah dalam hati mereka dengan meminta makanan menuruti nafsu mereka.

Observation
Saat meminta sesuatu kepada Allah untuk menuruti nafsu ternyata itu sedang mencobai Allah. Duh. Betapa sering aku mencobai Tuhan kalau gitu. Bagaimana meminta kepada Tuhan? Apa yang seharusnya kuminta?
👉 yang sesuai kebutuhan
👉 minta sesuatu yang akan memuliakan Tuhan

Aplication
✔️  Aku gak boleh lagi menuruti hawa nafsu saat meminta sesuatu sama Tuhan.
✔️ Berpikir, saat aku meminta sesuatu sama Tuhan, akankah ini mendatangkan kemuliaan bagiNya?

Prayer
Tuhan, selidiki hatiku, apakah yang aku minta benar-benar untuk memenuhi nafsuku atau apa yang aku butuhkan. Apakah untuk kemuliaan Tuhan atau untuk keinginanku saja. Jangan biarkan aku mencobai Tuhan. Amin.

Yesaya 18

Scripture
Yesaya 18:5 (TB)  Sebab sebelum musim buah, apabila waktu berbunga sudah berakhir, dan gugusan putik menjadi buah anggur yang hendak masak, maka TUHAN akan mengerat ranting-rantingnya dengan pisau pemangkas, dan menyisihkan carang-carangnya dengan memancungnya.

Observation
Wow! Sesaat sebelum musim buah, Tuhan akan mengerat ranting-ranting dan menyisihkan carang-carangnya. Tujuannya apa? Supaya pohon tersebut bisa berbuah-buah banyak. Hal-hal yang gak penting dan menghalangi buah yang banyak, akan dibuang oleh Tuhan. Saat pohon menyerap sari-sari makanan dari tanah akan digunakan untuk berbuah, tapi kalau pada pohon terdapat banyak ranting yang tidak berbunga karena menyulitkan maka akan dibersihkan supaya tidak menghabiskan energi.

Aplication
✔️ Tidak membuang waktu untuk merusak diri tapi membiarkan Tuhan mrmbersihkan bagian dariku yang gak diperlukan (contoh:dosa, kebiasaan yang jelek dan merusak, dll).

Prayer
Tuhan, aku mau dibersihkan sama Tuhan supaya berbuah banyak bagi kemuliaan Tuhan. Mampukan aku untuk lepas dari dosa dan kebiasaan yang buruk ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya,  18 September 2018
-Mega Menulis-

No comments: