Sunday, September 2, 2018

Yesaya 2,Mazmur 62

Yesaya 2

Scripture
Yesaya 2:11 (TB)  Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu.

Observation
Ayat di atas disebutkan dua kali dalam perikop di atas, dengan kalimat yang sama persis. Menunjukkan pentingnya hal ini. Dua poin yang kudapat :
- Kesombongan  dan keangkuhan akan mendapatkan ganjaran, yakni akan direndahkan dan ditundukkan.
Biasanya orang sombong dan angkuh meninggikan dirinya sendiri di hadapan orang lain dengan berbagai tujuan: ingin dihormati, ingin dianggap lebih hebat dan lebih baik daripada orang lain,ingin menguasai orang lain.
-  Pada akhirnya hanya Tuhan saja yang ditinggikan.
Gak ada yang perlu disombongkan karena sebenarnya hanya Tuhan saja yang layak ditinggikan. Aku gak punya alasan untuk merasa lebih tinggi daripada orang lain atau lebih baik dari orang lain karena toh kami sama-sama manusia. Lagipula,  gak ada yang aku miliki dan yang bisa aku lakukan yang bukan karena Tuhan. Jadi, benar-benar hanya Tuhan yang layak dipuji atas segala hal baik yang terjadi dalam hidupku.

Aplication
✔️  Kalau aku mulai berniat sombong membicarakan diri sendiri, aku harus segera tutup mulut.
✔️ Memuji Tuhan saat aku mendapatkan pujian untuk mengingatkan diri sendiri kalau ini adalah karya Tuhan di dalamku dan melalui aku.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur buat segala hal yang terjadi dalam hidupku. Aku menyadari semua hanya karena Tuhan dan gak ada yang bisa kusombongkan. Ampuni kesombonganku ya Tuhan. Amin.

Mazmur 62

Scripture
Mazmur 62:5, 8 (TB)  (62-6) Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku.
(62-9) Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela

Observation
Aku bukan orang yang tenang, seringkali aku panik saat menghadapi situasi yang gak bisa dr aku kendalikan atau gak aku sukai. Tapi firman ini bicara dua hal tentang ketidaktenanganku:
1. Harus senantiasa dekat dengan Tuhan supaya bisa terus berharap sama Tuhan.
2. Aku perlu mempercayai Tuhan di segala waktu dan mencurahkan isi hati padaNya.

Aplication
✔️ Aku mau mencurahkan isi hatiku kepada Tuhan di segala waktu, supaya Tuhan bisa mencurahkan damai sejahteraNya, penghiburan, kekuatan dan segala sesuatu yang keperlukan.

Prayer
Tuhan, aku mau mencurahkan seluruh isi hatiku di hadapan Tuhan. Aku mau dekat pada Tuhan dan merasakan ketenangan yang dari Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 2 September 2018
-Mega Menulis-

No comments: