Friday, June 2, 2017

Amsal 1-3, Lukas 2

Lukas 2:52 (TB)  Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Jadi ingat quote "tua itu pasti tetapi dewasa itu pilihan".
Aku bisa bertambah tua tetapi bersikap masih seperti anak-anak.
Aku bisa saja memiliki banyak pengetahuan tapi gak memiliki hikmat.
Aku bisa saja punya hikmat dan menulis tentang hikmat tapi menentang Tuhan.
Allah ingin Yesus menjadi yang sulung bagi kita,Allah kita ingin serupa dengan Kristus. Jadi seharusnya kita:
Makin bertambah besar 👉 Makin bertambah hikmatNya 👉 Makin dikasihi Allah dan manusia.

Bagaimana memiliki hikmat?
Minta sama Tuhan, takut akan Tuhan, cari hikmat dengan buka mata dan telinga lebar-lebar supaya mendapatkan hikmat. Tuhan bilang kalau cari kita akan mendapat kan?
Allah memgasihi itu pasti, tapi di sini dikatakan Yesus juga semakin besar semakin dikasihi manusia.
Bagaimana supaya dikasihi manusia?
Mengasihi seperti Tuhan mengasihi tentu saja. Karena kasih gak pernah gagal,yang terjadi adalah kita yang sering gagal mengasihi.

Tuhan,  aku ingin menjadi serupa dengan Yesus. Tolonglah aku supaya dalam kesempatan yang Tuhan berikan, aku melakukan apa yang Yesus lakukan dalam tempat istimewaku. Amin

Amsal 1:22 (TB)  "Berapa lama lagi, hai orang yang tak berpengalaman, kamu masih cinta kepada keadaanmu itu, pencemooh masih gemar kepada cemooh, dan orang bebal benci kepada pengetahuan?

Jangan tinggal dalam keadaan lama!
Tinggalkan manusia lama!
Baca ayat ini aku diingatkan kalau aku adalah ciptaan baru dalam Kristus, seharusnya aku gak melakukan lagi dosa dan kesalahan lama yang aku lakukan. Mengikuti Kristus berarti harus ada perubahan hidup, karena hidup yang aku hidupi sekarang​ adalah milik Kristus.

Aku mau perubahan dalam hidupku sebelum dan sesudah mengikuti Yesus sunguh nyata, aku gak mau mengulang-ulang kesalahanku yang lalu. Aku mau belajar menyukai dan melakukan apa yang Kristus lakukan.

Amsal 2:20 (TB)  Sebab itu tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar.

Sebenarnya apakah definisi orang baik?
Apakah definisi orang benar?
Aku pernah mendengar kalimat seperti ini, yang baik belum tentu benar tetapi yang benar pasti baik. Terkadang yang aku anggap baik untuk seseorang belum tentu baik karena baik ngga tuh relatif, tergantung sudut pandang, tergantung banyak hal, sedangkan kebenaran itu mutlak makanya lebih susah menjadi orang benar.
Bagaimana menjadi orang benar?
Lakukan yang benar dong Meg!
Bagaimana melakukan yang benar?
Yesus pernah berkata bahwa Dia lah jalan dan kebenaran dan hidup. Bagi orang percaya, Kristus adalah kebenarannya.

Sekali lagi hari ini aku mendapat rhema untuk melakukan yang Yesus lakukan.
What Would Jesus Do?
Apakah yang akan Yesus lakukan jika Dia berada di tempat istimewaku,lakukanlah itu.

Tuhan, berikan aku hikmat untuk mengetahui apa yang Yesus lakukan kalau berada di tempat istimewaku. Dan berikam aku ketaatan untuk melakukannya.Amin

Amsal 3:3-4 (TB)  Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,
maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia.

Lukas 2:52 (TB)  Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Ternyata rahasia Yesus makin dikasihi dan manusia ada di Amsal 3 ini,  Yesus tidak pernah meninggalkan kasih dan kesetiaan.
Apakah selama ini aku memiliki kasih dan kesetiaan?
Kasih seperti yang di 1 Korintus 13:
Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi ia bersukacita karena kebenaran.
Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
Yesus melakukan kasih yang di sini dengan setia lo, makanya semakin besar Dia dikasihi Allah dan manusia.

Tuhan, ajari aku untuk mengasihi dengan setia seperti Yesus. Amin

Palangka Raya,  2 Juni 2017
-Mega Menulis-

No comments: