Saturday, March 3, 2018

Amsal 3, Yohanes 3

Yohanes 3:30 (TB)  Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.

Membaca ayat ini aku ingat sebuah kalimat: To know Him and make Him known. Inilah seharusnya yang menjadi tujuan hidup anak-anak Tuhan setiap harinya, semakin mengenal Tuhan dan mengajak orang lain mengenal Tuhan. Sering yang terjadi sebaliknya, kita fokus pada diri kita sendiri dan membuat orang lain tahu siapa kita tapi gak mengenal Allah yang kita sembah. Ayat di atas mengajak kita mengalihkan fokus hidup kita yang biasanya diri sendiri kepada TUHAN. Selama ini kita bekerja, bernafas, dan hidup sesuai untuk siapa? Sekedar memenuhi keinginan pribadi atau untuk Tuhan. Fokus kita akan mengubah apa dan bagaimana kita mengerjakan segala sesuatu sehari-hari.

👉 Saat mengerjakan sesuatu, mulai hari ini aku harus mulai berpikir, apakah yang aku kerjakan ini membuatku dan membuat orang lain semakin mengenal Tuhan atau nggak.

Amsal 3:13, 15 (TB)  Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian,
Ia lebih berharga dari pada permata; apa pun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya.

Memiliki hikmat dikatakan lebih berharga daripada permata, bahkan apapun yang kita inginkan tidak dapat menyamainya. Kalau kebenaran ini diketahui semua orang harusnya ini mengubah prioritas hidupnya dong. Akhir-akhir ini, seringkali aku teralihkan saat mau baca Alkitab. Gak sadar tahu-tahu malah buka wa duluan, lihat fb, dll. Baru nyadar 😿 Pantas saja di grup habit tracker ada yg habitnya berbunyi "Word before World". Aku awalnya merasa gak perlu melakukan kebiasaan itu, karena kupikir toh aku tetap baca Alkitab juga kok tiap hari. Tapiiii hari ini aku sadar, habit "Word before World" yang ingin dibangun kawan-kawan itu adalah upaya mereka untuk memprioritaskan mendapatkan hikmat dari Tuhan. I know waktu terbaik setiap orang berbeda, tapi buatku pribadi, bahkan saat bangun pagi (yang merupakan waktu terbaikku) ini pun aku malah ceki-ceki wa dulu dan mantengin fb #kacau. Walaupun aku gak cantumin di habit trackerku bulan ini, aku mau berlatih kebiasaan "Word before world". I need it.

Palangka Raya, 3 Maret 2018
-Mega Menulis-

No comments: