Tuesday, September 10, 2019

1 Samuel 11-12

1 Samuel 11

Scripture       
1 Samuel 11:12-13 (TB)  Lalu berkatalah bangsa itu kepada Samuel: "Siapakah yang telah berkata: Masakan Saul menjadi raja atas kita? Serahkanlah orang-orang itu, supaya kami membunuhnya."
Tetapi kata Saul: "Pada hari ini seorang pun tidak boleh dibunuh, sebab pada hari ini TUHAN telah mewujudkan keselamatan kepada Israel." 

Observation 
Saul gak mendendam kepada orang-orang yang meremehkan dan merendahkan dia. Sikap orang lain gak memengaruhi bagaimana dia memandang dirinya. Menurutku orang-orang yang insecure yang selalu memandang dirinya kurang ini itu sehingga berusaha menjadi seperti orang lain. Dia gak nyaman dengan dirinya karena merasa gak diterima saat gak memenuhi standar orang lain.

Aku sedih mendengar curhatan temanku tentang saudaranya yang harus memake over dirinya, jaga bodi gila-gilaan supaya suaminya gak mencari  wanita lain. Dia merasa gak berharga karena suaminya selingkuh, jadi harus terus upgrade diri.

Aplication
✔ Aku bersyukur suamiku gak pernah membandingkan aku dengan orang lain. Bersyukur buat suami yang setia.
✔ Aku mau berusaha jadi diriku yang terbaik, bukan orang jadi orang lain.

Prayer
Tuhan, tolong aku terus mengingat bahwa gambar diriku sudah dipulihkan. Bukan perkataan orang lain yang menentukan siapa aku. Terima kasih Tuhan. Amin.

1 Samuel 12

Scripture       
1 Samuel 12:20 (FAYH)  "Jangan takut, " kata Samuel menentramkan hati mereka. "Memang kamu telah berbuat jahat, tetapi beribadahlah kepada TUHAN dengan segenap hatimu dan jangan sekali-kali kamu meninggalkan Dia, biar bagaimana pun.

Observation 
Saat menyadari berbuat dosa, bangsa Israel menyesal dan minta Samuel mendoakan mereka. Samuel gak menghakimi mereka tapi memberikan semangat kepada mereka untuk beribadah kepada Tuhan dengan segenap hati dan gak meninggalkan Tuhan. Lebih mudah untuk menyalahkan dan menyatakan murka Allah atas dosa, tapi Samuel menyampaikan kemurahan Tuhan yang mau tetap menerima mereka yang berbuat dosa asalkan berubah.

Terkadang aku gak sabar mendengar curhatan teman yang berulang kali jatuh dalam dosa yang sama dan minta didoakan, tapi gak ada perubahan hidup. Gemes kan. Jadi menghakimi deh. Tapi Samuel beri teladan untuk menyampaikan kebenaran dan kasih Tuhan.

Aplication
✔ Mendoakan temanku supaya sungguh-sungguh bertobat dan gak menghakimi.

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk belajar dari Samuel yang mau beri semangat kepada yang jatuh. Jangan biarkan aku menghakimi orang lain. Amin.

Palangka Raya, 6 September 2019
-Mega Menulis-

No comments: