Monday, September 2, 2019

1 Samuel 1-2

1 Samuel 1

Scripture       
1 Samuel 1:13-14 (TB)  dan karena Hana berkata-kata dalam hatinya dan hanya bibirnya saja bergerak-gerak, tetapi suaranya tidak kedengaran, maka Eli menyangka perempuan itu mabuk.
Lalu kata Eli kepadanya: "Berapa lama lagi engkau berlaku sebagai orang mabuk? Lepaskanlah dirimu dari pada mabukmu."

Observation 
Eli berasumsi Hana mabuk dan menegur dengan kasar. Padahal, Eli belum bertanya dan memastikan kondisi Hana. Bahkan Imam seperti Eli pun menghakimi seseorang melalui pikiran dan perkataannya. Aku juga kadang melihat keadaan seseorang lalu menghakimi dia dengan pikiranku, padahal aku gak dekat dan mengenalnya benar.

Aplication
✔ Aku gak boleh mengikuti jejak Imam Eli. Lebih baik aku bertanya dan memastikan kondisi seseorang sebelum sembarang berkata-kata. Daripada perkataanku

Prayer
Tuhan, Tuhan tahu kadang aku memikirkan hak buruk tentang seseorang padahal aku gak tahu  sebenarnya dia bagaimana. Ampuni aku karena berasumsi sembarangan. Mampukan aku memikirkan yang baik tentang dia ya Tuhan. Amin.

1 Samuel 2

Scripture       
1 Samuel 2:12 (TB)  Adapun anak-anak lelaki Eli adalah orang-orang dursila; mereka tidak mengindahkan TUHAN, 

Observation 
Ironis sekali. Eli yang seorang Imam dan tentunya standar hidupnya tinggi, anaknya malah gak taat sama Tuhan. Duh, berat sekali tugas orang tua. Aku diingatkan untuk memperhatikan anak-anakku. Jangan sampai aku asyik dengan pekerjaanku dan melayani Tuhan tapi anakku tumbuh tanpa mengenal Tuhan yang aku layani.

Aplication
✔ Bawa anak-anak dalam pengenalan akan Tuhan adalah tugasku dan suami. Kami gak boleh mengabaikan ini.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak mengulangi kesalahan Imam Eli. Jangan biarkan anakku terbilang. Amin.

Palangka Raya, 1 September 2019
-Mega Menulis-

No comments: