Tuesday, September 10, 2019

1 Samuel 9-10

1 Samuel 9

Scripture       
1 Samuel 9:2 (TB)  Orang ini ada anaknya laki-laki, namanya Saul, seorang muda yang elok rupanya; tidak ada seorang pun dari antara orang Israel yang lebih elok dari padanya: dari bahu ke atas ia lebih tinggi dari pada setiap orang sebangsanya. 

Observation 
Kupikir saat Tuhan memilih Saul, Tuhan sudah tahu kalau sebagian besar orang Israel terpesona dengan para dan penampilan Saul makanya Tuhan menunjuk Saul sebagai raja. Tuhan tahu bagaimana Israel akan terpesona dengan rupa Saul. Tuhan mengenal setiap umatnya dan gak pernah terkejut dengan setiap keputusan kita. Bahkan Tuhan memberikan yang kita inginkan sebagai pelajaran kalau lebih baik menginginkan yang Tuhan inginkan.

Aplication
✔ Bersyukur karena Tuhan sangat mengenalku bahkan melebihi diriku sendiri

Prayer
Tuhan, aku mau menginginkan yang Tuhan inginkan. Bukan kehendakku yang jadi, tapi kehendakMu saja ya Tuhan.

1 Samuel 10 

Scripture    
1 Samuel 10:10 (TB)  Ketika mereka sampai di Gibea dari sana, maka bertemulah ia dengan serombongan nabi; Roh Allah berkuasa atasnya dan Saul turut kepenuhan seperti nabi di tengah-tengah mereka.
   
1 Samuel 10:10 (FAYH)  Ketika Saul dan pelayannya tiba di Gibea, di Bukit Allah, mereka bertemu dengan serombongan nabi dan Roh TUHAN datang dengan penuh kuasa ke atas Saul, dan ia juga mulai bernubuat.

Observation & Aplication 
Di versi TB dikatakan saat Roh Tuhan berkuasa atas Saul maka ia kepenuhan seperti nabi, di versi FAYH lebih jelas dikatakan Saul mulai bernubuat. Saat Roh Tuhan menguasai hidup kita, maka kita akan melakukan hal-hal yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya, Roh Allah yang memampukan. Pertanyaannya, apakah aku sudah membiarkan Roh Allah berkuasa atasku atau belum? MembiarkanNya bekerja di dalamku dan melaluiku. Aku sering memilih melakukan apa yang aku mau dibandingkan apa yang Tuhan mau. Saat ini, apakah aku bersedia dikuasai firman Tuhan atau ngga, itu akan jadi pilihanku setiap saat. Dikuasai firman Tuhan berarti melakukan apa kata firman Tuhan bahkan saat aku gak menginginkannya.

Prayer
Tuhan,aku mau melakukan firmanMu setiap saat. Tolong aku yang lemah ini. Amin.

Palangka Raya, 5 September 2019
-Mega Menulis-

No comments: