Tuesday, September 10, 2019

1 Samuel 17-18


1 Samuel 17

Scripture       
1 Samuel 17:15, 37 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Betlehem. 
Pula kata Daud: "TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu." Kata Saul kepada Daud: "Pergilah! TUHAN menyertai engkau." 

Observation 
Daud selalu menggembalakan domba ayahnya setiap hari dengan setia, sebuah pekerjaan yang dianggap remeh oleh orang lain. Padahal dalam pekerjaan itu Daud menghadapi lawan yang berat, singa dan beruang yang ingin memakan dombanya, dan Daud menang!

Sering seseorang menganggap remeh pekerjaan orang lain, padahal dalam pekerjaan tersebut, Tuhan dapat memperlengkapi dan membentuk karakter seseorang.  Siapa yang mengira nantinya Daud akan memimpin suatu bangsa padahal selama ini dia memimpin domba.

Aplication
✔ Kerjakan pekerjaan sekecil apapun dengan kesetiaan yang besar Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaan yang Tuhan berikan. Amin.

1 Samuel 18

Scripture       
1 Samuel 18:8 (TB)  Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: "Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itu pun jatuh kepadanya." 

Observation
Saul marah karena orang lain membandingkannya dengan Daud dan menganggap Daud lebih hebat dari dirinya. Saul iri terhadap Daud.

Aku juga harus berhati-hati supaya rasa iri gak membuatku benci kepada orang lain dan bertindak bodoh. Terkadang aku iri dengan seseorang di kantor, tapi aku perlu belajar untuk lebih  fokus dengan apa yang Tuhan percayakan.

Aplication
✔ Aku gak perlu merasa iri dengan apa yang dimiliki orang lain, kesempatan yang dimiliki orang lain. Jangan mengingini milik orang lain Meg! Kesempatannya, kemampuannya ataupun kesuksesannya.
✔ Fokus dengan berkat yang Tuhan berikan dan apa yang sedang Tuhan kerjakan di dalam ku dan melaluiku.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu yang ada di hatiku. Terkadang aku menginginkan apa yang orang lain miliki. Tolong aku mencukupkan diri dengan apa yang ada padaku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 9 September 2019
-Mega Menulis-

No comments: