Tuesday, September 10, 2019

1 Samuel 15-16

1 Samuel 16

Scripture       
1 Samuel 16:14 (TB)  Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh roh jahat yang dari pada TUHAN. 

Observation 
Saat jauh dari Tuhan, maka roh jahat mengganggu Saul. Hidup Saul menjadi gak tenang dan jauh dari damai sejahtera. Begitu juga saat aku jauh dari Tuhan, maka aku gak akan pernah hidup dalam ketenangan. Sedikit saja gangguan, aku akan mudah marah, frustrasi, kecewa, gak puas, dll. Mungkin bukan roh jahat yang menggangguku, tapi aku cenderung melakukan yang jahat.

Aplication
✔ Aku harus terus hidup dekat Tuhan. Benar-benar tinggal di dalam Tuhan, gak hidup di luar kehendak Tuhan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk hanya melakukan kehendakMu hari ini. Amin.


1 Samuel 15

Scripture       
1 Samuel 15:24 (TB)  Berkatalah Saul kepada Samuel: "Aku telah berdosa, sebab telah kulangkahi titah TUHAN dan perkataanmu; tetapi aku takut kepada rakyat, karena itu aku mengabulkan permintaan mereka. 

Observation 
Saul ini banyak ngelesnya. Sudah nyata dia gak taat sama Tuhan, bukannya mengakui kesalahan dan bertobat tapi malahan mencari alasan untuk ketidaktaatannya. Apa Saul lupa kalau dia gak bisa menyembunyikan apa-apa dari Tuhan.

Saat Tuhan menyatakan kesalahanku, entah melalui firmanNya atau orang lain. Aku gak boleh ngeles seperti Saul

Aplication
✔ Saat ditegur, aku harus mengakui kesalahan, jangan mencari alasan, segera bertobat!

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk selalu taat sama Tuhan dan gak mencari alasan untuk ketidaktaatanku. Tolong aku untuk mengakui kesalahan segera mungkin dan berbalik kepada Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 8 September 2019
-Mega Menulis-

No comments: