.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, August 31, 2012

Sweet JOY in September ^^



Haaaiii...!!!
Masi ingat proyek menghapal ayat yang aku lakukan bareng Dhieta dan beberapa kawan lain di bulan Agustus kemaren? ^^ Kali ini, aku harus melakukan pengakuan kalo aku gak hapal semua ayat Kasih yang harus dihapalin bulan Agustus ini. Ada yang masih aku ingat dengan persis, ada yang 50-50 (alias separo-separo), ada pula yang perlu ask the audience ^^’ Sempat ngerasa payah, karena gak ingat semuanya, tapi kembali semangat mengingat Firman Tuhan mengerjakan sesuatu dalam diriku. Benar seperti yang dituliskan di sini:



Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 2 Timotius 3:16






Bulan Agustus ini aku diajar habis-habisan masalah kasih, terutama mengasihi orang-orang yang sulit dikasihi (gak boleh sebut nama, ntar yang kusebut baca ini pulak, gkgkgkgk ^^’), banyak kali Tuhan bilang aku salah saat bersikap begini begitu pada orang lain (ternyata aku belum mengasihi mereka), beberapa kali aku nyaris terjatuh dan gak do love (gak sabaran dengan beberapa orang, tapi Tuhan tegur aku, jadi mulai deh berkata dalam hati:sabar Meeegggg....katanya mau mengasihi ^^). Aihhh, tiap hari FirTu menampar-nampar aku.

Aku akan tetap berjuang menghapalkan ayat-ayat FirTu bulan September nanti, walopun bulan Agustus ini aku gak lulus dengan nilai A pada bagian menghapal, aku gak akan berhenti ^^ Karena aku tau, menghapal ayat ini gak akan sia-sia, meskipun aku gak hapal semuanya ^^V

Nah, bulan September ntar, ayat-ayat bertemakan JOY alias sukacita sudah siap untuk dihapalkan (dan dipraktekkan). Barusan aku dan Dhieta menyelesaikan pencarian kami, dan menemukan banyak sukacita, sungguh kita punya alasan untuk bersukacita setiap hari sebenarnya. Tidak ada alasan untuk tidak bersukacita. Bahkan sebelum mulai menghapal pun, Tuhan berikan kami sukacita dalam pencarian ayat tadi. Firman Tuhan bener-bener harta. Menemukan betapa dalam dan berharganya setiap kata yang akan kami hapalkan saja sudah membawa sukacita tersendiri buatku. Tuhan Yesus memang sumber sukacitaku.

Jujur aja, awalnya saat menyadari kalo bulan September harus menghapal ayat-ayat tersebut dan BERSUKACITA, aku mikir, well-Tuhan bner-bner berikan ayat hapalan tepat pada waktunya. Buanyak banget aku mengeluh akhir-akhir ini, memikirkan banyak hal dan jadi susye bersukacita. Emang sih tampak luar, senyum-senyum aja seperti gak ada beban, tapi aku tau hatiku tidak bersukacita. Dan Tuhan juga tahu itu. Bersukacita bukan tentang ketawa-ketiwi or selalu senyum bahagia, tapi ini tentang sikap hati. Dan TUHAN melihat hatiku. Dia tahu hatiku ^^’ Nampaknya bulan September ntar aku gak Cuma ketampar-tampar, tapi juga tertusuk-tusuk (semoga gak sampai berdarah-darah) ^^ Tapi saat aku dan Dhieta menyelesaikan pencarian kami, aku ngerasain enaknya ditampar Tuhan (kayak yang dirasain Ci Nelly), sakit tapi enak ^^

Jadi, ini dia pedang Roh kita di bulan September ^_______^
Di postingannya Dhieta yang ini  juga ada daftar ayat-ayat yang sama seperti di bawah ini (ya iya lahhhh...nyarinya barengan, gkgkgkgk)

MENGAPA SUKACITA PENTING
-        Sukacita adalah esensi kerajaan Allah
1.       Rm 14:17
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

-        Sukacita adalah buah Roh Kudus
2.       Gal 5:22
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

SUKACITA ADALAH CARA HIDUP ORANG BENAR
  1. Mazmur 68:4
Tetapi orang-orang benar bersukacita, mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan bersukacita.

  1. Mazmur 64:11
Orang benar akan bersukacita karena TUHAN dan berlindung pada-Nya; semua orang yang jujur akan bermegah.

SUMBER SUKACITA : TUHAN
5.       1Taw 16:27 Keagungan dan semarak ada di hadapan-Nya, kekuatan dan sukacita ada di tempat-Nya.

6.       Mzm 16:11 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

KAPAN HARUS BERSUKACITA
7.       1 Tesalonika 5:16
Bersukacitalah senantiasa.

8.       Filipi 4:4
Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan ! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

9.       Mazmur 118:24Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

ALASAN UTAMA BERSUKACITA : TUHAN
-        Karena Tuhan
10.   Mazmur 104:34
Biarlah renunganku manis kedengaran kepada-Nya! Aku hendak bersukacita karena TUHAN.

-        Karena namanya
11.   Mazmur 33:21
Ya, karena Dia hati kita bersukacita,sebab kepada nama-Nya yang kudus kita percaya.

12.   Mzm 97:12
Bersukacitalah karena TUHAN, hai orang-orang benar, dan nyanyikanlah syukur bagi nama-Nya yang kudus.

-        Karena PerbuatanNya
13.   Mazmur 126:3
TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.

14.   Mazmur 31:8
Aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karena kasih setia-Mu, sebab Engkau telah menilik sengsaraku, telah memperhatikan kesesakan jiwaku,

ALASAN UTAMA BERSUKACITA : KESELAMATAN
15.   I Petrus 1:8
Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

16.   Luk 10:20
Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga."

EFEK SUKACITA
-        Menghidupkan hati
17.   Mzm 69:32
 Lihatlah, hai orang-orang yang rendah hati, dan bersukacitalah; kamu yang mencari Allah, biarlah hatimu hidup kembali!

-        Memberi perlindungan
18.   Nehemia 8:11
Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu !"

IMPLEMENTASI SUKACITA
-            Sukacita dalam beribadah
19.   Mazmur 100:2Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai !

-        Sukacita dalam meresponi Firman
20.   Mazmur 119:117Sokonglah aku, supaya aku selamat; aku hendak bersukacita dalam ketetapan-ketetapan-Mu senantiasa.


-        Sukacita dalam penderitaan
21.   1Ptr 4:13 Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.

22.   Ibr 10:34 Memang kamu telah turut mengambil bagian dalam penderitaan orang-orang hukuman dan ketika harta kamu dirampas, kamu menerima hal itu dengan sukacita, sebab kamu tahu, bahwa kamu memiliki harta yang lebih baik dan yang lebih menetap sifatnya.

-        Sukacita dalam pengharapan
23.   Rm 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

-        Sukacita dalam persekutuan
24.   Roma 12:15
Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!

25.   Amsal 24:17
Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok,

26.   Flp 1:4
Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita.

-        Sukacita dalam memberi
Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

SUKACITA SEBAGAI POKOK DOA
-        Untuk orang lain
28.   Roma 15:13Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

-        Untuk diri sendiri
29.   Mazmur 90:14 Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami

TUHAN MENJANJIKAN SUKACITA
30.   Ams 10:28
Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia.

Selamat bersukacita di dalam Tuhan yaaa...Harus di dalam Tuhan lo, karena di luar Tuhan kita gak bisa berbuat apa-apa, termasuk bersukacita ini.
Selamat menghapal.Selamat menemukan alasan untuk bersukacita dan bersukacita karenanya!



Sukacita memberikanmu sayap di tengah kesulitan, mungkin masalahmu tetap ada, tapi kamu terbang tinggi di atasnya ^^




Kasongan, 31 Agustus 2012
-Mega Menulis-


2 comments:

Dina said...

Amin :) Sukacita terus akan selalu ada selama kita tetap tinggal di dalam Dia :)

Mega said...

Yes, butullll..butulll

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs