Tuesday, August 11, 2020

Mazmur 4

Mazmur 4:1-8

Scripture
Mazmur 4:4 (TB)  (4-5) Biarlah kamu marah, tetapi jangan berbuat dosa; berkata-katalah dalam hatimu di tempat tidurmu, tetapi tetaplah diam. Sela 

Observation
Yang jangan dilakukan sewaktu marah menurut ayat ini adalah :
BERBUAT DOSA. Bahkan dengan jelas dikatakan untuk berkata-kata dalam hati di tempat tidur dan tetap diam. Tuhan tahu betapa susahnya mulut untuk tidak berbuat dosa saat marah. Mulut gatal mengeluarkan perkataan kotor yang ada di pikiran kepada orang yang membuat kita marah. Untuk apa? Mengungkapkan kemarahan kita, membalas perkataan kotor, berkata jelek ke orang lain, dll. 

Ayat ini mengajak untuk berbicara dalam hati saat marah, lah... Kalau bicara dalam hati, siapa yang dengar?
1. Tuhan
Tuhan mau kita mengungkapkan semua kemarahan kita supaya digantinya dengan ketenangan dan Dia bisa mengajar kita. Tuhan pendengar yang baik. 
2. Diri sendiri
Beberapa kali aku dapati, waktu aku berkata-kata dalam hati saat marah, aku bisa berefleksi lebih banyak. Bisa sedikit lebih memahami orang lain dan tahu apa yang seharusnya aku lakukan.

Aplication
Perbanyak bicara dalam hati saat marah ketimbang bicara ke orang lain.

Prayer
Tuhan, tolong aku mengendalikan diriku saat marah dan ga banyak bicara ke orang lain tapi bicara dalam hati saja. Amin.
Gratitude Journal
7 Agustus 2020

1. Bersyukur bisa makan di KFC pakai voucher.
2. Bersyukur bisa main ke rumah sepupuku dan Sara Sofia senang sekali ketemu sepupunya.
3. Bersyukur bisa blessing teman kerjaku.
4. Bersyukur sambal teri buatanku laku lagi.
5. Bersyukur istirahat siang bisa pulang dan nyuapin anak-anak.
6. Bersyukur buat tangkapan di Berantas, 1/2 kilogram bo. 
7. Bersyukur gak jadi tes inpassing perencana karena persiapan memang belum matang.
8. Bersyukur walaupun kesal dengan suami tapi aku bisa menahan diri dan diam.

Palangka Raya, 7 Agustus 2020
-Mega Menulis-

No comments: