.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, July 16, 2013

22 Hal yang Aku Lakukan di Kala Senggang



Kalo udah punya waktu luang, biasanya yang aku lakukan adalah tidur, yeaahhh...I’m sleeping beuty yang menanti pangeran datang dan menciumku dari tidur panjang (kebanyakan baca dongeng nih :p). Eniwei, bertahun-tahun lalu aku ternyata membuat daftar kegiatan apa saja yang bisa aku lakukan di waktu luangku, jadi sebenarnya kalo merujuk pada daftar itu, harusnya au gak punya waktu luang, hahahaha, serem amat ya :p Sebenernya gak segitunya juga, Cuma supaya lebih produktif dan gak kebosananlah yang mendorong timbulnya daftar ini, cekidot:


1.       Membaca
Selalu ada buku yang belum aku baca di rumah, serius. Kalo nampaknya buku-buku yang belum dibaca mulai menipis, mulailah hunting, biar selalu punya bacaan baru. Jarang banget aku mengulang membaca buku lamaku, kecuali aku pengen mencari iinformasi apa gitu.
2.       Menulis/Mengetik
Yeahhh...untuk diposting di blog nih kalo dah nulis. Nulis apa aja dah pokoknya. Seringnya kalo ada kejadian lucu/menginspirasi yanga ku pengen tulis dan aku temuin sehari-hari, aku ketik di HP. Nah, begitu pengen nulis, mulai deh membuka HP dan melihat bahan-bahan yang ada.
3.       Ngenet
Entah buat buka fesbuk, twitter, blog walking, ato sekedar baca berita onlen.
4.       Merubah dekorasi kamar
Ini biasanya diiring bersih-bersih besar, jungkir balik dah barang-barang di kamar, ngubah posisi barang-barang ato pun benda-benda yang ada di kamar. Jarang banget sih ini, hahahhaha *pengakuan* Biasanya dilakukan kalo bener-bener bosan dengan suasana kamar dan SEDANG GAK MALES :p
5.       Belajar resep baru
Setiap hari di rumah aku memasak kok buat makan sendiri, tapi kalo lagi niat belajar resep baru, nahhhh...biasanya ini dimulai dengan hunting resep dari internet, trus cari bahan-bahan yang diperlukan, baru dah masak-masak. Beda dengan yang masak buat sehari-hari doang, ini ma ngeliat dulu bahan yang ada di rumah, baru dah nyari resep di internet yang bisa mengakomodir bahan yang nganggur tadi, jadi karena pastinya bakal ada bahan yang gak ada, jadi modifikasi dah. Misal, suatu hari pengen bikin sushi, tapi karena gak punya beras jepang, akal berbicara, daku masak nasi dicampur agar-agar gitu biar lengket, it works lo....*bangga*. Ya gitu deh..Inti ne, belajr resep baru tuh bener-bener niat, dan yang masak sehari-hari adalah memasak supaya bisa makan dipadu dengan kreativitas :p
6.       Menulis surat
Aku suka menulis dengan tangan, menulis yang bukan buat diposting yaaa...tapi beneran menulis surat buat seseorang. Mungkin pada ketawa ya, hari gini zaman email dan sms ngapain ngirim surat segala, nyampenya lama pulak kan! Toh nelepon juga murah. Tapi buatku, still different banget tuh menerima tulisan tangan seseorang dan sekedar menerima sms/email/telepon. Aneh ya aku? Hahahahhaa.
7.       Ke Toko Buku
Idealnya sih buat hunting buku ya, tapi buatku sih ke toko buku gak Cuma buat beli buku lo, karena aku gak selalu punya anggaran buat beli buku (well, walopun seringnya, ujung-ujungnya paling gak beli 1 buku *kontrol Meg!*).  Di sini aku bisa baca buku gratis, tentunya sebelumnya nyari spot yang aman dari penjaganya, biar gak dilirik or dipelototin :p Ato aku sekedar,baca cepat buku yang dah dibuka sampulnya, kemudian menyimpan di hape jika ada kutipan yang menarik dan menginspirasi.
8.       Buat kristik
Yep...! Feminin sekali ya daku, hohoho, bisa gak ngebayangin aku bikin tusuk silang gambar pemandangan di sebuah kain. Susah ya ngebayanginnya? Banyak yang bilang, gak nyangka kalau aku bisa melakukan ini, soale dikira orang, ini mirip dengan menyulam atau merajut. Padahal beda banget. Ini jauh lebih mudah, udah ada polanya, dan kita tingga mengikuti pola yang ada. Gak susah sama sekali.
9.       Menonton
Nonton apa aja, entah ke bioskop, nonton TV , ato nonton film dari laptop. Selalu ada film yang belum aku tonton tersimpan di laptop, jadi ya kalo pengen nonton sendirian, tinggal buka laptop deh. Aku suka semua genre, drama, komedi, action, apa aja boleh deh.
10.   Merapikan lemari pakaian
Aku nih ya, kalo udah masalah pakaian, kadang gak telaten ngurusnya. Padahal sebenarnya suka banget tuh kalo pakaian tuh dah ditaruh dan dikumpulkan berdasarkan jenisnya, mana yang batik, mana yang buat jalan-jalan, mana yang buat di rumah, mana yang buat ke gereja, dll. Cuma ya kalo dah make sering gak konsisten naruhnya, nyampur dah. Paraaahhhh ^^’ Mungkin karena pada dasarnya, aku baru suka belanja pakaian pas dah kerja ya, dari kecil kebiasaan diurus mamah *ini kelakuan jelek, jangan ditiru*
11.   Maen ke rumah teman/saudara
Gak ada kerjaan banget ya, emanggg...tapi seneng juga sih kalo sempet dan punya waktu menjumpai teman/saudara yang dah lama gak dikunjungi, bersilaturahmi, ngobrol-ngobrol doang, ketawa, berbagi hidup. Terkadang dapat banyak banget pelajaran saat melakukan ini, dan gak jarang pula dapet apa gitu buat dibawa pulang, hahahhaha. Misal ke rumah teman yang lagi panen sukun, pulangnya bawa sukun buat digoreng. #modusbanget
12.   Belanja
Jalan-jalan gak karuan ke swalayan ato ke mana gitu, bawa dana khusus buat belanja tuh menyenangkan looo...Cuci mata tentunya, sambil bawa daftar belanjaan dan tak lupa pula uang SECUKUPNYA, soalnya kalo berlebih membahayakan keuangan ntar :p
13.   Dengar musik
Iyeeee...Cuma hidupin MP3 berisikan lagu-lagu favorit sebagai pengantar bobo, hohohoho.
14.   Main games di laptop
Sekarang si berkurang games yang ada di laptop, karena emang jarang maen games, tapi ya ada lah masih, hahahhaha. Monopoli sama Farm Frenzy doang sih, nggak banget kan? Tapi aku suka kok, hohoho ^^V
15.   Ngisi TTS/maen Sudoku
Hare gini looo...masi ada yang suka ngisi TTS, ckckckck, tapi I love it kok. Apalagi sudoku, asik banget tuh...Aku sampe beli buku khusus TTS sama sudoku lo, emang si ada yang dari HP, tapi gak enak ah ngisinya, sakit mata, enakan langsung di bukunya. Percaya gak, kalo dah ngisi sudoku nih aku pake timer dari HP, trus dicatet waktunya. Paraaahhhh....Sampe-sampe aku pernah ikut lomba sudoku yang diadain di sebuah toko buku, dan aku menang *niaatttt*
16.   Belajar software
Ini masuk dalam daftarku, tapi paling jarang aku lakukan *nakal* Maklumlah, ngerasa gak wajib dan gak diperlukan sehari-harinya, jadi kurang motivasi dah :p
17.   Ngurus tanaman
Aku punya kebun, punya tanaman, tapi aku gak telaten ngurusnya, kalo lagi pengen aja jadi yang bener-bener ngurusin. Secara, tanaman yang aku tanam bukan yang perlu perawatan intens *sengaja* Jadi ya gak yang tiap hari menggemburkan tanah, ngasi pupuk dsb-nya. Aku memang memilih tanaman yang gak terlalu merepotkan.
18.   Menyortir barang-barang
Ini bisa berupa petalatan dapur, pakaian, atau kotak yang lama gak dibuka dan aku lupa isinya apa. Supaya barang yang penting gak terbuang, biasanya aku taruh dalam satu tempat, jadi begitu ada waktu, baru dah dilakukan penyortiran, mana yang masih dipakai, dan mana yang mau dibuang.
19.   Wisata kuliner
Hohohoho, nyobain tempat makan nih kegiatan yang menyenangkan lo ^^V
20.   Merapikan file di komputer
Ini berarti memasukkan file-file yang berhamburan kesana-kemari berdasarkan foldernya, kapan perlu membuat folder baru untuk memudahkan pencarian file.
21.   Mengedit foto
Yah...Bukan ngedit yang gimana-gimana ya, maklum kemampuan terbatas, paling-paling menggabungkan foto, ngasi efek sederhana ke foto pake program simple kayak PhotoScape.
22.   Berenang
Mungkin gak dipercaya, tapi aku bisa berenang :p Yeah, paling ngga gaya DADAH , ini nyemplung trus tinggal tangan doang yang nampak berdadah ria, gkgkgkgk...Kidding, aku bisa berenang kok dikit,lumayanlah beberapa meter :p

Inilah opsi kegiatan yang aku lakukan di kala punya waktu luang. Gimana dengan kamu?

Kasongan, 16 Juli 2013
-Mega Menulis-

2 comments:

Asyiknya Menulis said...

kalau aku lebih sering membaca tumpukan buku yg udah lama nganggur belum dibaca dan terus menulis deh :)

Mega said...

Samaaaaa...di rumahku juga selalu ada buku nganggur yang belum dibaca ^^ Kalo nulis si sesuai mood ajah ^^'

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs