Sunday, February 3, 2019

Mazmur 34, Amsal 3

Mazmur 34

Scripture      
Mazmur 34:8 (TB)  (34-9) Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!

Observation
Mengecap adalah pengalaman indera yang luar biasa. Aneh kalau dipikir-pikir gimana Tuhan membuat lidah kita merasakan sesuatu dengan berbeda antara seseorang dengan orang yang lain. Ibaratnya, aku dan suami sama-sama makan nasi goreng yang sama, tapi bagi dia enak dan bagiku nggak, atau bagi dia kurang asin dan bagiku keasinan. Sama, aku dan suami bisa sama-sama dimarahi atasan tapi bisa jadi aku melihat kebaikan Tuhan, tetapi dia nggak. Luar biasa sekali! Pengalaman yang sama tapi yang dirasakan dan dilihat beda. Daud mengajak kita melihat dan mengecap sendiri kebaikan Tuhan. Kita bisa saja mengalami hal yang sama dengan orang lain, tapi bagi kita yang berlindung pada Tuhan, kita senantiasa dimampukan melihat dan merasakan kebaikan Tuhan.

Aplication
✔️ Apapun yang terjadi dalam hidupku, aku mau berusaha melihat dan merasakan sendiri kebaikan Tuhan.

Prayer
Tuhan, hari ini dan seterusnya aku mau mengecap dan melihat kebaikan Tuhan dalam segala yang terjadi di hidupku. Amin.

Amsal 3

Scripture      
Amsal 3:7 (TB)  Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;

Observation
Saat berkonflik dengan orang lain, terutama dengan suami,  aku sering kali merasa menjadi yang paling benar. Gak boleh gitu!2
Harus lebih takut akan Tuhan dan menjauhi kejahatan dibandingkan merasa paling bijak dan benar. Karena kalau aku merasa aku sendiri yang benar maka akan susah bagiku untuk takut sama Tuhan,pasti egoku yang kumenangkan. Padahal ada kalanya Tuhan ingin aku mengalah dan berdebat sekali pun benar. Tuhan ingin aku gak berbuat jahat walaupun benar. Kalau pun aku benar, tapi lalu aku mengejek yang salah, itu jahat di mata Tuhan.

Application
✔️ Aku mau hidup takut akan Tuhan dan taat dibandingkan merasa benar tapi salah di mata Tuhan.

Prayer
Tuhan, hanya Engkaulah yang benar. Apa yang aku anggap benar belum tentu benar di mata Tuhan. Tolonglah aku untuk gak hanya merasa bijak, tapi benar-benar bertindak bijak. Amin.

Palangka Raya, 3 Februari 2018
-Mega Menulis-

No comments: