Tuesday, July 2, 2019

Mazmur 149-150 dan Amsal 30-31

Mazmur 149

Scripture       
Mazmur 149:4 (TB)  Sebab TUHAN berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan. 

Observation 
Akhir-akhir ini aku merasa gak rendah hati. Aku malahan merasa 'lebih' dibandingkan orang lain. Dan aku sadar ini bahaya, kesombongan akan membuat aku lupa kalau hanya Tuhan saja yang memampukanku melakukan ini dan itu. 

Aplication
✔ Harus selalu mengingatkan diri kalau aku sombong maka:
-Berarti aku gak dewasa
-Aku akan hancur

Prayer    
Tuhan, tolong aku untuk gak jatuh dalam dosa kesombongan. Ampuni aku Tuhan. Di luar Tuhan aku gak bisa berbuat apa-apa, sungguh cuma Tuhan yang memampukanku. Amin.

Mazmur 150

Scripture       
Mazmur 150:6 (TB)  Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya! 

Observation 
Di pasal ini pemazmur mengingatkan:
✔semua yang bernafas untuk memuji TUHAN.
✔SELALU ada alasan untuk memuji Tuhan
✔ada banyak cara memuji TUHAN

Aku ingat sebuah lagu berjudul Pujian Sejati, liriknya ada yang berkata 'melakukan firmanMu itulah pujian sejati'.

Aplication
Kalau aku mau selalu memuji Tuhan, aku harus hidup SELALU dalam Firman Tuhan.

Amsal 30

Scripture       
Amsal 30:32 (TB)  Bila engkau menyombongkan diri tanpa atau dengan berpikir, tekapkanlah tangan pada mulut! 

Observation 
Aku memang gak menyombongkan diri dengan mulut, tapi aku tau hatiku. Dan Tuhan juga pasti tahu. Ada saat-saat dimana aku merasa lebih baik dibandingkan orang lain dan aku tahu ini gak benar di hadapan Tuhan. Tuhan benci kesombongan.

Aplication
✔ Segera minta ampun sama Tuhan saat sadar sedang sombong dalam hati.

Prayer   
Tuhan, selidiki selalu hatiku dan tegurlah aku waktu aku sombong ya Tuhan. Jangan biarkan aku tinggal tetap dalam kesombonganku. Amin.

Amsal 31

Scripture       
Amsal 31:26 (TB)  Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya. 

Observation 
Ingin sekali mengajar anak dengan hikmat dan lemah lembut tapi seringkali aku gagal. Aku lupa kalau permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN.

Aplication
✔ Aku harus hidup selaras dengan firman Tuhan, barulah aku bisa mengajar anak dengan kebenaran. Kalau hidupku aja gak benar, bagaimana aku bisa mengajar anak dengan benar.

Prayer   
O Tuhan, tolonglah aku untuk hidup dalam takut akan Engkau. Amin.

Palangka Raya, 30 Juni 2019
-Mega Menulis-

No comments: