Thursday, July 16, 2020

Kejadian 24

Kejadian 24:1-27

Scripture
Kejadian 24:17-18 (TB)  Kemudian berlarilah hamba itu mendapatkannya serta berkata: "Tolong beri aku minum air sedikit dari buyungmu itu."
Jawabnya: "Minumlah, tuan," maka segeralah diturunkannya buyungnya itu ke tangannya, serta diberinya dia minum. 

Observation
Hari itu seperti hari biasa bagi Ribka, mengambil air dan melakukan tugasnya. Tapi yang berbeda, tiba-tiba ada seorang pria yang meminta minum. Ribka memberikannya. Lalu entah kenapa tiba-tiba Ribka menawarkan untuk memberi minum bagi unta-unta orang itu sampai puas minum. Astagaaa...! Hari ini aku searching dan menemukan kalau seekor unta bisa minum 40 galon atau sampai 200 liter sekali minum. Dan di cerita ini, untanya lebih dari satu. Anggaplah 2 aja. Berapa banyak air coba yang harus ditimba Ribka saat itu untuk unta-unta itu? Dan Alkitab bersaksi kalau unta-unta itu puas minum. Wow!!! 

Ribka tidak cuma cantik dan ramah terhadap orang asing, tapi juga murah hati, tulus, kuat dan pekerja keras. Kalau dipikir-pikir, Ribka gak perlu lo memberikan minum unta itu. Ini tanpa diminta, dia menawarkan diri. Ribka mana tahu kalau apa yang dilakukannya adalah jawaban doa seseorang, tapi nyatanya dia melakukan apa yang ditawarkannya sepenuh hati. Dia bahkan mungkin tidak sempat berpikir, dari mana kekuatannya menimba bergalon-galon air untu memberi minum unta (Unta!!!! 😂). Siapa sangka kemurahan hatinya kepada unta membawanya pada jodohnya dan menjadi jawaban bagi doa orang lain. What a story. 

Aplication
Aku mau jadi Ribka zaman now. Yang gak cuma cantik dan ramah, tapi juga murah hati, tulus, kuat dan pekerja keras. Siapa yang tahu kapan aku menjadi jawaban doa bagi orang lain saat aku meneladani Ribka? Tentu saja bukan jawaban doa jodoh seseorang, tapi jawaban doa atas kebutuhan orang lain akan kasih dan kemurahan Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku, beri aku kekuatan seperti Ribka untuk menyatakan kasih dan kemurahanMu setiap hari kepada mereka yang memerlukan. Amin.
Gratitude Journal 
15 Juli 2020 

1. Bersyukur rapat hari ini berjalan dengan lancar walaupun kesal dengan kebijakan pimpinan tapi ya sudahlah. 
2. Bersyukur hari ini mendengar pujian dari atasanku kalau aku bertanggung jawan pada pekerjaanku. Saat ini aku pegang 2 kerjaan dan lumayan keteteran, tapi I try my best lah pokoknya, gak ada kepikiran untuk melalaikan pekerjaan.
3. Sejak pegang beberapa kerjaan, aku pulang paling cepat jam 5 sore, bersyukur buat pengertian suami. 
4. Bersyukur hari ni anak-anak manis semua dan gak bikin drama. Sara yang biasanya susah untuk potong kuku pun mau 🤣

Palangka Raya, 15 Juli 2020
-Mega Menulis-

No comments: