Tuesday, January 12, 2021

Lukas 4, Amsal 3

Lukas 4

Scripture
Lukas 4:43 (TB)  Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus."

Observation
Yesus tahu tujuan hidupNya adalah memberitakan Injil, Dia tidak membiarkan orang lain mengganggu agenda BapaNya. Apakah aku juga seperti Yesus yang mengenali dan menghidupi apa yang dikehendaki Allah bagiku? Seringkali aku keluar dari agenda Allah dan teralihkan hal lain.

Aplication
Bagaimana fokus dengan panggilan hidupku?
- Lakukan yang penting
- Mindful saat bersama anak-anak
- Mulai habit tracker

Prayer
Tuhan, aku lemah. Tolong aku untuk berdisiplin dan memulai kebiasaan baik. Amin.

Amsal 3

Scripture
Amsal 3:27 (TB)  Janganlah menahan kebaikan dari pada  orang-orang yang berhak menerimanya,padahal engkau mampu melakukannya. 

Observation
Kalau aku mampu berbuat baik, jangan ragu, lakukan! Kuncinya, kalau orang itu berhak menerimanya, aku harus lakukan. Berarti ada orang yang gak berhak dong. Siapa? Tadi pagi pas banget baca ciri-ciri orang yang parasit dari Ci Ric Erica dan aku mau catat di sini :
1. Selalu berusaha mengambil keuntungan dari pertemanan.
2. Selalu menjadi beban bagi orang lain.
3.  Merasa baik setiap ia dapat membuat orang lain menjadi buruk.
4. Tidak pernah merasa bersalah telah melakukan sesuatu yang merugikan orang lain.
5. Always take and demanding. Selalu ingin mengambil apa yang bisa ia ambil atau menuntut seseorang untuk memenuhi Egonya.
6. Malas, bodoh dan menggantungkan dirinya kepada orang lain
7. Merasa diri paling benar dan harus diikuti perkataannya.
8. Tidak menghargai waktu orang lain, selalu membuat orang lain menunggu dengan alasan sepele : Lupa, macet, telat bangun, etc
9. Selalu menyalahgunakan kebaikan / kepercayaan orang lain untuk kepentingan pribadinya.
10. Menggampangkan segala sesuatu, termasuk menggampangkan orang lain.
11. Suka membuat kekacauan yang menyeret-nyeret nama orang lain
12. Bermuka dua dan bermulut manis namun menikam dari belakang.
13. Gemar mengkritik dan menjatuhkan mental orang lain.
14. Berkata-kata pedas namun merasa baik-baik saja padahal melukai orang lain.
15. Selalu punya alasan untuk mempersalahkan orang lain atas ketidaknyamanan hidupnya.
16. Play victim.
Selalu ketika bermasalah, ia berlaku sebagai korban, meski jelas-jelas ia yang menyebabkan kerunyaman itu.

Aplication 
Aku harus tahu ada orang yang berhak dan gak berhak menerima kebaikan kita karena akan jadi parasit. Kenali itu tapi juga bermurah hati pada yang berhak menerimanya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk peka pada siapa yang benar-benar berhak menerima kebaikan dan bermurah hati seperti Tuhan sudah bermurah hati padaku. Amin.
Gratitude Journal 
10 Januari 2021 

1. Bersyukur mamahku masak gudeg yang enak banget. Udah lama gak makan gudeg, jadi hepi banget deh. 
2. Bersyukur bisa nonton drakor bareng serumahan, hahahaha. 
3. Bersyukur bisa pulang ke rumah naik Grab Car jadi gak kehujanan. 
4. Bersyukur sudah sampai di rumah sendiri dan gak terlalu banyak yang harus dibersihkan setelah ditinggalkan hampir 2 minggu. 
5. Bersyukur masih sempat goreng kacang mete untuk cemilan suami nonton. 
6. Bersyukur aku semakin kuat dan sehat, hari ini dah bisa bawa motor sendiri.

Palangka Raya, 10 Januari 2021
-Mega Menulis-

No comments: