Sunday, January 31, 2021

Markus 4, Amsal 5

Markus 4

Scripture 
Markus 4:24 (TB)  Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu.

Observation
Kemarin belajar di kursus online tentang manajemen waktu dan tiba-tiba diingatkan untuk jadi pembelajar mandiri. Selama ini punya ekspektasi supaya anak-anak punya kualitas tersebut, bukan didikte dan dicambuk buat belajar tanpa mengalami sukacita belajar. Nah, pertanyaannya, apakah aku juga sudah menjadi pembelajar mandiri? Atau jangan-jangan aku gak ngasih teladan tapi ujug-ujug pengen anak disulap. CLING! Langsung suka belajar. Gubrak!

Kan ngeri kalau suatu hari anakku tanya kok mamah begini begitu tapi nyuruh aku begono. Bagus kalau, anak masih bisa ngomong gini, masih bisa menegur. Kalau tiba-tiba jadi pemberontak, apa gak pusing sendiri? Mengharap anak punya karakter luhur tapi akunya ngga kan lucu. 

Aplication
Aku harus berubah dan menghadirkan atmosfer yang diperlukan anak untuk bertumbuh. Ukuran yang kupakai bagi mereka, akan dipakaikan ke aku oleh mereka.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk  menjadi versi terbaik diriku dan gak memaksa anakku menjadi apa yang bukan Tuhan maksudkan bagi mereka. Amin.

Amsal 5
Scripture
Amsal 5:1 (TB)  Hai anakku,    perhatikanlah hikmatku, arahkanlah telingamu kepada kepandaian yang kuajarkan, 

Observation
Perhatikanlah. 
Arahkanlah. 
Aku diminta fokus pada hikmat dan kepandaian. Jangan biarkan diriku memikirkan dan melakukan yang bodoh atau gak berguna. Sering banget  kedistract dengan melakukan hal-hal yang gak diperlukan dan gak membuat bertumbuh, bahkan gak produktif. Alasannya butuh refreshing dan sebagainya, padahal aslinya karena malas.

Aplication 
Aku perlu menata ulang prioritas dalam hidupku dan fokus melakukan hal-hal yang produktif dan membangun.

Prayer 
Tuhan, mampukan aku fokus memiliki prioritas untuk melakukan yang membuatku bertumbuh dan bukannya membuang waktuku. Amin.
Gratitude Journal
30 Januari 2021

1. Bersyukur bisa sarapan nasi kuning bertiga bocah di tempat langganan kami.Bersyukur ketemu mamaku dan makan bareng di sana.
2. Bersyukur siang, bocah-bocah diajak eyangnya jalan-naik mobil, mereka senang banget.
3. Bersyukur di Indomaret diskon barang-barang yang diperlukan di rumah.
4. Bersyukur progress mama mertua semakin meningkat, sudah bisa jalan agak jauh.
5. Bersyukur pesanan temanku sudah diambil.
6. Bersyukur bisa ngemil coklat bareng bocah-bocah.
7. Bersyukur pernikahan sahabat adikku berjalan lancar.

Palangka Raya, 30 Januari 2021
-Mega Menulis-

No comments: