Sunday, January 24, 2021

Matius 7, Amsal 4

Matius 7

Scripture
Matius 7:3 (TB)  Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?

Observation
Kesalahan orang lain selalu dipermasalahkan, tetapi tidak sadar kalau diri sendiri juga melakukan kesalahan yang sama, bahkan lebih besar lagi. Kenapa itu bisa terjadi?
1. Karena selalu fokus melihat orang lain dibanding melihat ke dalam diri.
2. Karena mengubah diri sendiri itu yang paling sulit.
3. Karena selalu merasa diri sendiri benar.
4. Karena mata ini tertutup kesalahan sendiri sehingga tidak bisa objektif.
5. Karena kebutuhan merasa lebih baik dibandingkan orang lain.

Aplication
1. Aku tidak perlu mempermasalahkan kesalahan orang lain, toh aku tidak bisa nmengubah orang lain. 
2. Daripada mengurusi dosa orang lain, lebih baik aku mengurus dosa-dosaku dan bertobat. 

Prayer 
Tuhan, aku mau bertobat dari dosa dan kesalahanku. Jangan biarkan aku sibuk ingin mengubah orang lain, tapi aku mau mengubah diriku terlebih dahulu. Amin.

Amsal 4

Scripture
Amsal 4:11-12 (TB)  Aku mengajarkan jalan hikmat kepadamu, aku memimpin engkau di jalan yang lurus. 
Bila engkau berjalan langkahmu tidak akan terhambat, bila engkau berlari engkau tidak akan tersandung. 

Observation
Saat seseorang berketetapan untuk memilih melakukan apa kata Tuhan maka tidak banyak pertimbangan saat menjalani hidup. Gak perlu memikirkan apa kata orang, gak perlu memikirkan untung rugi. Fokusnya hanya melakukan firman Tuhan,tidak ada yang bisa menghalangi selain diri sendiri.

Aplication
Aku mau berketetapan melakukan firman Tuhan dan berlatih untuk memilih melakukan keinginan Tuhan saja. 

Prayer 
Tuhan, ampuni aku kalau merasa banyak yang menghalangiku berada di jalan lurus, padahal sebenarnya akulah penghalang diriku sendiri untuk taat sama Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
23 Januari 2021

1. Bersyukur antri gak terlalu lama di RS. Bersyukur hasil kontrol bagus.
2. Bersyukur nyobain beli sate B2 yang enak banget di dekat Pura.
3. Bersyukur bisa main bareng bocah tanpa gadget.
4. Bersyukur sudah beberapa hari ini gak aku kasih gadget dan mereka anteng aja.
5. Bersyukur sore ini jalan kaki bareng bocah-bocah dan makan mie ayam, seru dengar celoteh mereka.
6. Bersyukur melihat tingkah Sofia yang lucu hari ini.
7. Bersyukur malam ini bocah-bocah obey waktu aku bilang makan es krimnya besok saja.
8. Bersyukur sudah pesan sprei untuk sahabat adekku yang menikah minggu depan.
9. Bersyukur hari ini temanku semasa pelayanan dulu ulang tahun.

Palangka Raya, 23 Januari 2021
-Mega Menulis-

No comments: