Thursday, January 21, 2021

Lukas 6, Amsal 4

Lukas 6

Scripture
Lukas 6:45 (TB)  Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."

Observation & Aplication 
Isi mulut seseorang adalah cerminan isi hatinya. Terkadang aku ngeles saat sedang berkata buruk : Aku sedang emosi, biasanya aku gak gini. Alih-alih melakukan pembelaan atas perkataanku, harusnya aku minta ampun sama Tuhan karena telah berdosa dengan mulutku dan bertobat. Cek dan ricek, sesungguhnya apa yang ada di hatiku sehingga keluar demikian dari mulutku. Segera dibereskan.

Saat berkata buruk, aku harus jujur dengan diriku sendiri, apa yang sedang aku rasakan, mengapa aku begini. Koreksi diri dengan firman Tuhan. Seperti beberapa hari ini aku mengatakan hal buruk tentang seseorang, aku ternyata menyimpan amarah. Walaupun marah tapi aku gak boleh berbuat dosa. Jadi bagaimana? Lakukan pemberesan dengan orang itu, ampuni. Mengatai orang tersebut gak menyelesaikan amarah.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya bisa menyelesaikan perkara yang ada di hatiku sebelum berkata-kata. Jangan biarkan aku berdosa dengan mulutku. Amin.

Amsal 4

Scripture
Amsal 4:27 (TB)  Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan. 

Observation
Kemarin baru mendengarkan materi tentang manajemen waktu dan tertampar pada bagian melakukan segala sesuatu dengan mindful. Seringkali aku berpikir kelebihan wanita adalah multitasking, tapi sesungguhnya aku perlu belajar fokus dan mindful saat mengerjakan sesuatu. Mencoba mengerjakan ini dan itu dalam waktu bersamaan sebenarnya malah akan menghabiskan banyak waktu.

Aplication
Aku mau fokus dan mindful dalam segala sesuatu yang aku kerjakan. Main sama anak gak usah pegang HP. Kerjakan satu pekerjaan sampai selesai dan jangan ditinggal, baru memulai pekerjaan lain.

Prayer
Tuhan, tolong aku melakukan segala sesuatu sepenuh hati dan fokus. Amin.
Gratitude Journal
20 Januari 2021

1. Bersyukur di rapat hari ini bisa mindful.
2. Bersyukur keadaan mama mertuaku membaik dan sudah jelas diagnosa dokter.
3. Bersyukur siang bisa pulang dan nyuapin bocah-bocah.
4. Bersyukur di saat harus lembur dan gak bisa ngajak anak jalan sore, ada sepupuku yang ke rumah dan ngajak mereka jalan.
5. Bersyukur sewaktu minta maaf ke Sara karena gak memenuhi janjiku, dia  senyum-senyum dan memaafkan. Aku memang merasa bersalah karena harus lembur dan gak memenuhi janjiku.
6. Bersyukur ada mama dan adekku yang menjaga Sara dan Sofia.

Palangka Raya, 20 Januari 2021
-Mega Menulis-

No comments: